Tentang Pajak TV dan Radio (Rundfunkbeitrag) di Jerman

Dear Sahabat,

Ada satu kewajiban untuk penduduk Jerman yang terasa agak ‘maksa’, yaitu kewajiban membayar pajak TV dan radio, walaupun kita sendiri misalnya tidak pernah mendengarkan siaran TV atau radio selama di Jerman. Ini mungkin lebih kurang sama dengan pajak TV yang ada di Indonesia sekitar tahun 1980-an 😀

Begitu nama kita sudah terdaftar sebagai residen (penduduk) di Jerman, tidak lama kemudian kita akan dikirimi ‘surat cinta’ oleh “Beitragsservice” von ARD ZDF Deutschlandradio untuk membayar pajak TV dan radio ini. Besarnya adalah 17.5 euro perbulan, untuk satu flat. Jadi, jika Anda tinggal di apartemen studio, Anda harus membayar pajak ini sendiri, namun jika Anda tinggal di apartemen jenis WG seperti saya (dengan 3 kamar), tagihan pajak ini bisa dibagi 3 dengan 2 penyewa lainnya. Jadi satuan pajak ini tidak tergantung jumlah orang yang menghuni suatu flat.

Apakah membayar pajak ini wajib? Kabarnya ya. Jadi daripada mendapatkan kesulitan di kemudian hari di negara yang sangat birokratis dan disiplin seperti Jerman, sebaiknya dibayar saja. Pajak ini bahkan juga diwajibkan kepada mahasiswa penerima beasiswa. Ada sih pengecualiannya, namun untuk kalangan terbatas saja.

Awalnya, saya abaikan saja surat cinta pajak TV dan radio tersebut pada bulan pertama saya di Jerman. Namun pada bulan selanjutnya saya mendapatkan surat cinta lagi yang kali ini berisi warning bahwa ada kemungkinan dikenakan denda. Barulah saya tergerak dan melakukan riset tentang pajak ini, bertanya ke teman-teman dll.

Berikut ini link yang menurut saya bermanfaat dalam menjelaskan tentang pajak ini (in English):

Ternyata dua orang teman satu flat saya juga belum membayar untuk 6 bulan. Mereka selama ini memilih untuk mengabaikan surat cinta tersebut 😀 Setelah berdiskusi dan berhubung kami bertiga takut dideportasi (semuanya non-Jerman), akhirnya kami menunjuk salah satu dari kami bertiga untuk menjawab surat tersebut dan untuk mengkonfirmasi jumlah tagihan yang harus dibayar.

Ternyata pihak “Beitragsservice” ini punya catatan lengkap berapa tunggakan dari flat kami, sehingga dua teman saya yang lain tersebut harus juga membayar pajak untuk bulan-bulan dimana saya belum bergabung dengan mereka. Luar biasa ya catatannya pemerintah Jerman, mereka tahu banget kapan kita mulai jadi penduduk 😀

Bagaimana jika teman satu flat kita sudah membayar, namun kita tetap menerima surat tagihan? Maka kita perlu melapor bahwa kita sudah membayar melalui teman kita dengan menyebutkan nomor pajak TV dan radio teman tersebut.

Bahkan saya mendapatkan informasi dari sini bahwa salah satu hal yang perlu dilakukan ketika akan meninggalkan Jerman adalah melapor ke “Beitragsservice” bahwa kita akan meninggalkan Jerman, agar mereka tidak membuat tagihan yang baru untuk kita. Jika tidak melapor, bisa-bisa mereka menganggap kita menunggak pajak dan kemungkinan akan menagihnya saat kita *siapa tahu* balik lagi jadi residen di Jerman 😀

Demikian, semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s