Mudahnya Minta Refund Barang di Jerman

Dear Sahabat,

Jadi pembeli di Jerman enak banget. Di sini seakan benar-benar berlaku pembeli adalah raja. Jika di Indonesia, sering toko-toko menulis di struk belanja “Barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan”, maka di Jerman kebijakan ‘kejam’ ini sama sekali tidak berlaku. Kita bahkan bisa mengembalikan barang hanya dengan alasan kita tidak menyukainya. Surga banget deh buat ibu-ibu yang suka lapar mata dan kemudian menyesalinya seperti saya *hehe*.

Jadi suatu hari saya membeli sebuah lampu tidur di Media Markt, sebuah toko elektronik besar di Dresden. Setelah dicoba di rumah, ternyata nyalanya sangat redup dan saya tidak menyukainya. Lampunya sih tidak rusak, tapi tidak sesuai harapan saja. Nah, saya kemudian mencari tahu apakah saya bisa mengembalikannya.

Setelah mempelajari website Media Markt, saya menemukan informasi bahwa barang bisa dikembalikan. Saya kemudian mendatangi tokonya dan mengajukan permohonan. Gak pake ribet, petugasnya langsung ACC. Barangnya diambil kembali dan saya diberikan sebuah surat refund.

Saya waktu itu membelinya dengan kartu kredit jadi saya berasumsi uangnya dikembalikan lewat kartu kredit juga. Setelah menunggu dua bulan, uang refund-nya belum masuk juga ke rekening. Akhirnya saya datangi lagi tokonya. Oalaah, ternyata uangnya bisa langsung diminta di kasir, bukan di kirim lewat rekening kartu kredit. Ya, inilah resiko gak bisa berbahasa Jerman, tidak mengerti isi surat yang diberikan dan tidak bisa pula berkomunikasi dengan staf toko. Alhamdulillah saya mendapatkan kembali uang saya utuh 🙂

Bagaimana, enak banget kan belanja di Jerman 😉

Salam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s