Tips Membeli SIM Card untuk Liburan di Eropa

Dear Sahabat,

Tulisan ini merupakan bagian dari catatan perjalanan Euro Trip kami di akhir Maret 2018. 

Kali ini saya akan share pengalaman beli SIM card untuk suami yang hanya akan berada di Eropa sekitar 2 minggu saja untuk liburan.

Tulisan ini akan mengupas perbedaan beli SIM card di Jerman dan Belanda. Summary-nya (jika Anda tidak ingin membaca pengalaman panjang lebar ini), jangan beli SIM card di Jerman, belilah di Belanda atau negara eropa lainnya yang aturan aktivasinya tidak ribet.

Sebelumnya saya pernah bercerita mengenai membeli SIM Card di Dresden. Di sana saya sudah bercerita bahwa diperlukan waktu lama untuk aktifnya kartu SIM card kita.

Saya membagi cerita atas 2 bagian, membeli SIM card di Dresden dan di Amsterdam.

Membeli SIM card di Dresden (Jerman)

Suami ingin segera punya kartu internet, karena gak mau kena charge roaming Telkomsel 😀

Sesampainya di kota Dresden, kami langsung membeli SIM card di supermarket Lidl. Alasan beli di Lidl, karena tersedia paket yang murah sekitar 10 euro saja. Kekurangan beli di Lidl, mereka cuma jual kartu, gak ada layanan untuk membantu aktivasi.

Sebenarnya kami lebih suka beli langsung ke toko operator selular seperti Vodafone dengan harapan mereka bisa membantu aktivasi kartunya (seperti pengalaman saya sebelumnya), namun sayang … mereka tidak jual paket murah untuk turis. Tanya kenapa? Toko Vodafone di Dresden cuma punya paket yang harga paling murahnya 55 euro (seperti yang saya beli sebelumnya) yang bisa dipakai 5 x 4 minggu. Padahal suami cuma butuh untuk 2 minggu saja. Kami sampai mendatangi 2 toko Vodafone, berharap kebijakan mereka berbeda. Ternyata sama semua. Tidak ada kartu untuk jangka pendek.

Nah, kembali ke cerita belanja SIM card di Lidl, di sana ada banyak jenis paket-paket internet. Kami beli yang paling murah saja yang kuotanya 1 GB. Toh di tempat tinggal saya bisa pake Wifi, di hotel-hotel yang kami pilih juga Free Wifi, jadi paket datanya paling terpakai selama jalan-jalan di luar.

Jadilah agenda selanjutnya adalah mempelajari cara mengaktifkan kartu tersebut, yang ternyata tidak mudah dan berujung keputusasaan *hiks*, antara lain:

  • Petunjuk SIM card dalam bahasa Jerman, kami harus mengandalkan Google Translate untuk membaca perintahnya
  • Validasi paspor harus menggunakan video call
  • Setelah berhasil meminta video call dalam bahasa Inggris, petugasnya memeriksa apakah paspor pembeli ada di database mereka. Sayangnya, paspor suami tidak ada di data mereka sehingga di sarankan melakukan aktivasi di kantor pos
  • Setelah mencari-cari kantor pos, ternyata semua kantor pos yang didatangi stafnya tidak bisa berbahasa Inggris. Misipun gagal.
  • Kami bahkan mendatangi supermarket Lidl tempat kami membeli kartu dan bermaksud minta bantuan. Staf Lidl sudah coba membantu mengaktifkan dan ternyata gagal juga.
  • Kami menyerah. Kartu SIM tersebut pun gagal diaktivasi.

Urusan mengaktifkan SIM card Vodafone Jerman ini menyita waktu sampai 2 hari *hiks* Sangat tidak nyaman.

Membeli SIM card di Amsterdam

Sesampainya di Amsterdam, salah satu hal penting yang kami lakukan adalah mencari SIM card untuk suami. Ternyata di stasiun kereta tidak kami temukan orang menjual SIM card. Setelah googling, kami mengetahui bahwa kami bisa membelinya di toko Vodafone di Jalan Rokin 32, tidak jauh dari Madame Tussaud Amsterdam. Ini petanya.

Pengalaman membeli SIM card di sini sungguh berbeda 180 derajat dengan di Dresden (Jerman). Walaupun sama-sama Vodafone, mereka menyediakan paket untuk turis, dengan harga paling murah 10 euro untuk 1 GB, 15 euro untuk 2 GB dst. Oleh karena tidak mau ada masalah, kami langsung minta diaktivasi di toko tersebut, namun karena menurut mereka mudah, mereka minta kami mengerjakan sendiri di toko itu. Aktivasinya ternyata gampang banget kayak di Indonesia 😀 Internet pun langsung aktif dan siap digunakan untuk berlibur.

Oh ya kartu Vodafone ini bisa digunakan di seluruh Eropa. Jadi pas ke Austria, kami tidak perlu ganti kartu lagi.

Demikian sahabat, semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Tips Membeli SIM Card untuk Liburan di Eropa

  1. Pingback: Jalan-jalan di Awal Musim Semi 2018 di Jerman, Belanda dan Austria – Cerita untuk Sahabat

  2. Widodo

    Klo beli di airport paris ada gk ya vodafone…oya 1gb brp.mnggu?..bs ksh saran sim card apa klo di airport paris..?yg gk.mahal2 amat..heee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s