Tempat Penitipan Koper di Stasiun Kereta Eropa

Dear Sahabat,

Setelah mengunjungi beberapa kota di Eropa dan stasiun keretanya, saya berani menduga bahwa hampir semua stasiun besar (Hauptbahnhof) mempunyai layanan penitipan koper.

Saya akan share info penitipan koper di Berlin, Amsterdam, dan Salzburg.

Stasiun Berlin Südkreuz di Berlin

Saya ke stasiun ini dalam perjalanan Dresden – Berlin naik Flixbus, dengan pemberhentian akhir Stasiun Berlin Sudkreuz ini.

Pada area penitipan lokernya ada 3 ukuran loker, S, M dan L. Kalau tidak salah ingat harga sewa loker untuk 24 jam sebesar 5 euro, dibayar dengan memasukkan koin ke tempat khusus di lokernya. Setelah memasukkan koin, kunci bisa dilepas dan kita bawa.

Amsterdam Central Station

Di sini kami batal menitip koper karena biayanya agak mahal, paling murah sebesar 7 euro. Informasi selengkapnya bisa dibaca di sini.

Solusinya adalah menitip koper di hotel saja seharga 4 euro. Kebetulan hotel kami lokasinya dekat stasiun kereta besar lainnya (Bijmer Arena), jadi tidak terlalu repot antar jemput koper. Kami menitip koper 2 kali di hotel. Pertama ketika baru datang di Amsterdam, kami sampai di hotel sekitar jam 9 pagi, padahal jadwal check-in jam 15:00. Kalau mau early check-in harus bayar 7 euro, itupun hanya bisa setelah ja 12:00 dan tidak dijamin ada kamar yang available. Penitipan kedua pada hari terakhir di Amsterdam. Jadwal check-out jam 10:00, padahal kami ada rencana pergi tour dari jam 7:30 pagi. Ya udah, nitip lagi dan ambil sorenya ketika akan meninggalkan Amsterdam. Sistem loker di hotel ini mirip dengan sistem loker di Stasiun Sudkreuz Berlin, pakai koin dan kunci fisik.

Salzburg Hauptbahnhof

Di sini juga tersedia 3 ukuran loker. Sistem pembayarannya lebih canggih dari pada di Stasiun Berlin Südkreuz, karena bisa bayar pakai kartu kredit dan tidak pakai kunci manual melainkan pakai kartu yang nanti akan kita scan untuk membuka loker. Yang paling penting, harga sewanya lebih murah. Ukuran M hanya 2.5 euro dan yang paling kecil cuma 2 euro.

Salzburg memang juara deh soal harga murah dibanding Jerman, apalagi dibanding Amsterdam yang super mahal.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

One thought on “Tempat Penitipan Koper di Stasiun Kereta Eropa

1. Pingback: Jalan-jalan di Awal Musim Semi 2018 di Jerman, Belanda dan Austria – Cerita untuk Sahabat