Public Transport di Kota Salzburg

Dear Sahabat,

Tulisan ini merupakan bagian dari catatan perjalanan liburan di Jerman, Belanda dan Austria di akhir Maret 2018.

Saya akan bercerita tentang public transport di Salzburg, Austria. Hal yang akan dibahas antara lain:

  • jenis moda transportasi
  • cara membeli tiket bus
  • pilihan tiket
  • cara melihat jadwal bus
  • cara mencapai kota dari bandara Salzburg
  • perbandingan dengan kota lain di Eropa

Jenis moda transportasi

Berdasarkan brosur transportasi kota Salzburg yang saya dapatkan di bandara, ada 3 jenis moda transportasi dalam kota: kereta lokal (S-bahn), Obus dan Autobus. Selama 3 hari 2 malam di sana saya hanya mencoba bus tanpa bisa membedakan antara Obus dan Autobus πŸ˜€

Untuk transportasi ke kota sekitarnya ada kereta jarak jauh, yang bisa dicapai dari Salzburg Hauptbahnhof (Stasiun Kereta Utama Salzburg).

Cara Membeli Tiket Bus Dalam Kota

Ada 2 cara:

  • Membeli langsung ke supir bus. Jika Anda belum punya tiket, naiklah dari pintu depan dan langsung membeli tiket ke supir. Cash tentunya. Saya belum pernah lihat ada yang membeli pake kartu kredit dll.
  • Membeli di mesin tiket. Kelebihan mesin tiket di Austria dibanding di Jerman adalah tersedia pilihan bahasa Inggris. Horee. Harga tiket di mesin tiket lebih murah dibandingkan jika dibeli langsung ke supir bus. Pembayaran juga bisa menggunakan kartu kredit jadi tidak perlu menyiapkan banyak uang cash.

Jadi sebisa mungkin beli tiket bus di mesin tiket saja.

Menurut brosur ada cara ketiga beli tiket yang paling murah, namanya Vorverkauf, tapi saya tidak mengerti caranya bagaimana πŸ˜€

Pilihan tiket

Seperti halnya di Jerman, di Austria juga tersedia pilihan tiket satu jam atau tiket satu hari.

  • Tiket satu jam/single ride (Stundenkarte), harganya 2 euro jika dibeli di mesin tiket, dan 2.6 euro jika dibeli langsung di atas bus
  • Tiket satu hari (24-Stundenkarte), harganya 4 euro jika dibeli di mesin tiket dan 5.7 euro jika dibeli di atas bus

Tersedia harga khusus untuk anak-anak dan orang tua (senior).

Seperti halnya di Jerman, ada pilihan tiket satu minggu (Wochenkarte), satu bulan (Monatskarte) dll. Untuk informasi lebih lengkap bisa dilihat di website Obus.

Cara Melihat Jadwal Bus Dalam Kota

Biasanya saya cukup mengandalkan Google Map untuk mengetahui jadwal public transport di Jerman atau Belanda. Namun untuk Salzburg, jadwal yang ditampilkan kurang reliable. Misalnya saja ketika dari bandara akan ke hotel, Google Map menyarankan naik bus yang halte berhentinya jauh sekali dari hotel sehingga katanya harus berjalan kami 17 menit. Untung kami bertanya ke pusat informasi dan diberikan saran naik bus dengan nomor lain yang nantinya berhenti tepat di depan hotel.

Untuk jadwal bus dalam kota, kemaren kami menggunakan website Salzburg Verkehr.

Bagaimana mencapai kota dari Bandara Salzburg?

Saya ke Salburg menggunakan pesawat dari Rotterdam, Belanda. Dari bandara kita bisa naik bus saja, yang harga tiketnya sama seperti bus biasa. Tidak perlu naik taxi saudara-saudara πŸ™‚ Kita tinggal membeli tiket di mesin tiket di sekitar halte bus bandara (jika mau lebih hemat) atau lewat supir.

Perbandingan sistem public transport Salburg dengan kota lain

Persamaan sistem public transport di Salburg dengan Dresden/Berlin:

  • Tidak perlu melakukan tap-in/tap-out setiap kali naik bus atau masuk/keluar stasiun seperti di Singapura atau Belanda. Yang perlu dilakukan adalah memiliki tiket yang valid. Tiket valid artinya tiket tersebut sesuai dengan masa berlakunya dan sudah divalidasi di mesin validasi yang ada di atas bus/tram pada saat pertama kali digunakan.
  • Jarang ada pemeriksaan tiket hehe. Selama 3 hari di Salzburg saya gak pernah mengalami diperiksa tiket. Di Belanda, khususnya Rotterdam hampir selalu ada petugas yang memeriksa tiket. Di Dresden, selama satu bulan saja mungkin hanya satu atau dua kali saya mengalami pemeriksaan tiket πŸ˜€

Perbedaan sistem ticketing di Salzburg dengan Dresden/Berlin:

  • Ada pilihan bahasa Inggris di mesin tiket πŸ™‚
  • Beli tiket di mesin tiket bisa pake kartu kredit, kalau di Dresden/Berlin harus cash.
  • Lebih murah tiket bus di Salzburg. Kartu satu jam di Dresden harganya 2.3 euro, sedangkan di Salzburg hanya 2 euro saja. Tageskarte (kartu satu hari) di Salzburg hanya 4 euro, sedangkan di Dresden 6 euro, dan di Berlin 7 euro.
  • Di Dresden/Berlin, supir bus/tram tidak melayani penjualan tiket.
  • Di Dresden di tram tersedia mesin tiket, jadi tidak perlu khawatir jika berangkat dari halte yang tidak ada mesin tiketnya. Nah, di Salzburg gak ada mesin tiket dalam bus. Hmm, saya lupa di bus di Dresden ada mesin tiket juga kah? Sepertinya juga tidak ada, hanya ada mesin tiket di atas tram.

 

Demikian, semoga bermanfaat.

Advertisements

One thought on “Public Transport di Kota Salzburg

  1. Pingback: Jalan-jalan di Awal Musim Semi 2018 di Jerman, Belanda dan Austria – Cerita untuk Sahabat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s