Cara Ke Hallstatt dari Salzburg

Dear Sahabat,

Tulisan ini adalah bagian dari catatan perjalanan liburan di Jerman, Belanda dan Austria di akhir Maret 2018. Kali ini saya akan bercerita mengenai bagaimana cara mencapai Hallstatt dari kota Salzburg. Kedua tempat ini berada di negara Austria.

Moda Transportasi

Untuk mencapai Hallstatt dari kota Salzburg, kami harus berganti moda transportasi dari bus, kereta, dan ferry. Total waktu yang dibutuhkan sekitar 2.5 jam di luar waktu transit antar moda.

  • Naik bus 150 dari Stasiun Bus Salzburg, yang berada satu komplek dengan Stasiun Kereta Utama Salzburg, namanya Salburg Hauptbahnhof atau disingkat Salzburg Hbf. Bus ini trayeknya Salburg Hbf – Bad Ischl Bahnhof. Waktu tempuh sekitar 1.5 jam.
  • Naik kereta dari Bad Ischl Bahnhof – Hallstatt Bahnhoft, sekitar 20 menit
  • Naik ferry dari Hallstatt Bahnhoft – Desa Hallstatt, sekitar 15 menit

Berarti PP dibutuhkan waktu 5 jam. Nah jika ditambahkan waktu yang dihabiskan di Hallstatt, misalnya minimal 2 jam, maka perjalanan wisata ini akan memakan waktu minimal 7 jam. Jadi sediakan satu hari khusus untuk ke Hallstatt.

Cara Membeli Tiket

Untuk mengunjungi desa wisata Hallstatt, tidak perlu membayar uang masuk. Cukup membeli tiket untuk transportasi saja. Namun, jika kita ingin mencoba beberapa wahana wisata, tentunya perlu membeli tiket lagi.

Untuk tiket transportasi bisa dibeli online di website OBB, di Salzburg Hbf (menggunakan ticket machine atau lewat loket) atau langsung lewat supir (untuk bus) atau stasiun kereta transit (Bad Ischl/Hallstatt).

Saya sendiri menggunakan website OBB untuk melihat jadwal-jaldwal yang bisa dipilih. Seperti tampak di bawah ini.

Screen Shot 2018-03-31 at 12.33.45 AM

Kami memutuskan akan berangkat pada jadwal 8:45, yang menggunakan bus, kemudian disambung dengan kereta. Jadi tiket dengan harga EUR 14.5 ini sudah mencakup tiket bus dan kereta. Untuk tiket ferry nanti dibayar langsung di atas ferry sebesar EUR 2.5.

Pada hari H, jam 8:00 kami sudah sampai di Stasiun Utama Salzburg. Kami membeli tiket berangkat lewat ticket machine. Ketika akan memilih tiket pulang, kami agak bingung memilih jadwalnya sehingga diputuskan membeli lewat loket. Enaknya beli di loket bisa tanya-tanya jadwal mana yang feasible. Petugas loket juga mencetakkan itinerary perjalanan pergi dan pulang, yang tentunya tidak akan didapatkan jika beli tiket lewat mesin.

Total biaya transportasi PP adalah 2 x (14.5 + 2.5) = 2 x 17 = EUR 34

Tips Perjalanan

Ketika naik kereta di Bad Ischl atau Hallstatt, hati-hati jangan salah naik kereta. Kami sempat nyasar karena informasi di stasiun Bad Ischl sangat kurang menurut kami. Bukannya naik kereta ke Hallstatt, kami malah naik kereta ke Ebensee, yang waktu tempuhnya dari Bad Ischl sekitar 20 menit perjalanan kereta. Nah, bayangkan kami kemudian juga harus tunggu kereta selanjutnya dari Ebensee ke arah Hallstatt. Jadilah waktu itu kami buang waktu hampir 2 jam.

Demikian, sedikit tips bagaimana mencapai Hallstatt dari kota Salzburg.

Semoga bermanfaat šŸ™‚

 

Advertisements

One thought on “Cara Ke Hallstatt dari Salzburg

  1. Pingback: Jalan-jalan di Awal Musim Semi 2018 di Jerman, Belanda dan Austria – Cerita untuk Sahabat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s