Hati-hati Belanja Online

Dear Sahabat,

Saya sudah lebih dari 3 tahun sering belanja online, biasanya belanja di Lazada, Berrybenka/Hijabenka dan Zalora yang layanannya memuaskan. Kadang-kadang saja belanja di Tokopedia atau Bukalapak. Alasan jarang belanja di Tokopedia atau Bukalapak adalah kurangnya perlindungan untuk pembeli di dua portal e-commerce tersebut. Jika kita ketemu toko yang bagus ya tidak ada masalah, namun kalau sampai ketemu toko yang jual barang palsu atau barang cacat, kita akan rugi besar karena mereka biasanya bersikeras tidak mau ganti rugi.

Kali ini saya mengalami pengalaman tidak menyenangkan ketika belanja di Bukalapak.

Saya membeli barang untuk oleh-oleh berupa tas ransel anak-anak. Setelah diterima kualitasnya buruk. Ternyata setelah complaint, si penjual tidak mau tahu karena katanya sudah dituliskan di informasi bahwa mereka tidak melayani retur. Ini infonya:

Screen Shot 2017-12-22 at 7.57.36 AM

Mungkin ini salah saya ya. Tidak berhati-hati pilih penjual. Jadi, jika ada toko yang menulis seperti di atas, jangan pernah beli barang di tokonya. Sangat mengecewakan. Harusnya Bukalapak tidak menerima penjual tanpa jaminan kualitas seperti itu.

Lihat saja tulisan di atas, toko itu gak mau tanggung jawab jika jahitannya rusak. Hanya mau ganti kalau cacat parah. Nah, definisi cacat parah itu apa? Nanti malah dia bisa berkilah cacatnya karena pembeli bukan mereka. Saya rasa toko seperti ini sudah sadar bahwa mereka menjual barang buruk, oleh karena itu dari awal sudah tidak mau kompromi jika ada masalah.

Parahnya lagi, si penjual ini dengan tidak sopan menghubungi lewat WA seakan ingin mengintimidasi agar kita membatalkan komplen. Sangat tidak sopan. Bukalapak juga secara sepihak menutup komplen tanpa bertanya apakah saya sepakat dengan solusi yang diminta si penjual. Sistem yang buruk sekali.

Pengalaman saya dengan Lazada, sebagai pembeli kita tidak pernah berurusan langsung dengan penjual. Jika barang cacat, kita bisa langsung retur ke Lazada. Nanti Lazada yang putuskan, barangnya benar cacat atau tidak. Ongkos kirim untuk retur pun ditangggung Lazada. Jadi kita kerugiannya tinggal rugi waktu dan rugi ongkos harus ke Kantor Pos saja.

Nah, masih  mau ambil resiko belanja di Bukalapak?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s