Membuat Janji dengan Kedubes Jerman untuk Mengurus Visa

Dear Sahabat,

Saya ada rencana ke Jerman beberapa bulan ke depan. Untuk mengurus visa ke Jerman, selain mempersiapkan persyaratan sesuai tujuan kunjungan kita, kita juga harus memastikan sudah mengamankan sebuah jadwal berkunjung ke Kedubes Jerman. Jadi nggak bisa ya, kita datang kapan saja.

Kali ini saya akan cerita seputar membuat janji dengan Kedubes Jerman.

Untuk membuat visa Jerman, kita terlebih dahulu harus membuat janji di sini. Setelah membuka halaman tersebut, kita harus pilih jenis visanya. Setelah pilih jenis visa, kita akan diminta memasukkan kode captcha. Setelah lolos validasi, website akan menampilkan daftar pilihan hari yang masih tersedia. Setelah itu pilih lagi pilihan jam-nya.

Screen Shot 2017-11-12 at 7.06.44 AM

Setelah memilih salah satu jadwal (termin), kita akan diminta memasukkan informasi nama, alamat email, nomor passpor dan tanggal lahir. Setelah semua input lengkap dan di-submit, sistem akan mengirimkan bukti termin kita ke email yang kita tuliskan tsb.

Perlu juga diketahui bahwa kita tidak boleh mem-booking lebih dari satu termin dengan nomor passport yang sama. Saya pernah coba buat termin cadangan, menggunakan alamat email yang berbeda, hihihi, namun ditolak oleh sistem, bahwa no passport tersebut sudah didaftarkan pada termin yang lain.

Untuk mengurus visa ini, ada beberapa surat yang merupakan persyaratan visa yang bulan lalu masih saya tunggu kedatangannya dari Jerman. Oleh karena belum lengkap waktu itu saya tidak berani membuat termin. Namun belakangan saya ketahui ternyata termin ini bisa dibatalkan. Jadi tidak masalah jika kita pilih dulu jadwal optimis. Kalau dokumen belum sampai juga pada H-1 termin, kita batalkan termin lama dan buat termin baru.

Masalahnya jika sudah dekat masa liburan, Kedubes Jerman dan mungkin kedubes negara Eropa kebanjiran permohonan visa sehingga bisa jadi hanya tersedia termin sebulan yang akan datang. Kadang agak gambling juga gonta ganti termin. Jadi pilih termin yang “aman” atau “optimis”, sama-sama ada resikonya.

Nah, waktu itu saya ambil perkiraan pesimis bahwa surat yang dinanti akan sampai akhir November, sehingga saya book termin pada akhir November 2017. Kemaren ketika akhirnya surat itu datang, dan saya ingin urus visa secepatnya, ternyata pada website Kedubes Jerman, tidak tersedia lagi jadwal sebelum 28 November 2017 *hiks*

Semoga bermanfaat 🙂

UPDATE: Beberapa hari yang lalu, subuh-subuh saya cek ketersediaan termin, ternyata ada yang baru saja cancel untuk Rabu kemaren jam 7:30. Langsung saya batalkan termin lama dan ambil termin ini. Alhamdulillah sekarang saya sudah selesai urus visa. Tinggal menunggu hasilnya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s