Ukuran Bagasi Penerbangan Internasional – Kelas Ekonomi

Dear Sahabat,

Saya ada rencana perjalanan ke Eropa beberapa bulan ke depan, jadi saya membutuhkan informasi tentang ukuran bagasi yang diijinkan oleh maskapai-maskapai tertentu. Berhubung saya berangkat dengan kelas ekonomi, saya cuma rangkum ukuran bagasi untuk kelas ekonomi saja. Ukuran di sini mencakup maksimum berat  dan maksimum dimensi (panjang, lebar dan tinggi) yang diperbolehkan oleh masing-masing maskapai.

Informasi maksimum berat bagasi akan dibutuhkan untuk persiapan packing nanti, sedangkan informasi maksimum dimensi bagasi diperlukan untuk memilih koper yang akan kita gunakan. Terutama jika seandainya kita berencana membeli koper baru untuk perjalanan jarak jauh ini. Jangan sampai Anda membeli koper yang dimensinya lebih besar dari ukuran yang diperbolehkan. Sayang uangnya jika si koper baru tidak jadi dipakai, atau sayang jika harus bayar denda karena memaksakan menggunakan koper yang tidak sesuai aturan maskapai yang kita pilih. Dendanya lumayan loh. Misalnya untuk Lufthansa, dimensi maksimum ditentukan bahwa penjumlahan dimensi tidak lebih dari 158 cm. Nah kalau lebih 1 cm saja akan kena denda EUR 200, sekitar 3.2 juta (asumsi 1 EUR = 16.000). Nggak rela kaan? Saran saya, bersabarlah membelinya setelah Anda memutuskan naik maskapai apa.

Untuk ukuran dimensi bagasi, perlu diperhatikan cara mengukurnya. Ukuran koper termasuk roda, gagang dan juga saku-saku (jika ada). Berhubung ini penerbangan internasional, jangan meremehkan peraturan dan berharap pada nasib baik bahwa bagasi kita akan lolos dari pemeriksaan. Ukurlah koper Anda dengan teliti. Lebih aman jika ukuran kopernya masih jauh dari batas maksimum yang ditentukan.

Baiklah, sekarang kita bahas informasi peraturan maskapai tentang ukuran bagasi maksimum.

Pada penerbangan ada 2 jenis bagasi, check-in baggage dan cabin baggage. Check-in baggage adalah bagasi yang akan kita titipkan ke maskapai saat check-in sedangkan cabin baggage adalah bagasi yang boleh kita tenteng sendiri ke atas pesawat.

Secara umum, maskapai SEA (Garuda dan SQ) atau Timur Tengah (Emirates dan Qatar Airways) paling murah hati soal check-in baggage dibanding maskapai Eropa (KLM dan Lufthansa). Tapi untuk soal cabin-baggage, di antara 6 maskapai yang jadi incaran saya, KLM yang paling murah hati dan Qatar Airways yang paling perhitungan 😉

Berikut ini kutipan peraturan dari beberapa maskapai terkait tambahan barang ke kabin:

KLM : “Permitted accessories: 1 of the following: handbag, briefcase, camera, small laptop or 1 other item of similar or smaller size”.

Lufthansa: ” Also allowed in the cabin: another item of carry-on baggage (max. 30 x 40 x 10 cm, e.g. handbag, laptop bag), one baby basket per child or a car seat or a foldable pushchair (may have to be transported in the cargo hold) and wheelchairs/orthopaedic aids (e.g. mobility aids).”

Qatar Airways: Laptops and laptop bags should fit within your hand baggage allowance”.

Berikut ini summary lengkap ukuran bagasi check-in dan bagasi cabin dari 6 maskapai.

Check-in baggage Cabin baggage
Maskapai Berat (kg) Sum dimension (cm)
Berat (kg) Long (cm) Width (cm) Height (cm)
Emirates 20 – 35 150 7 55 38 20
Garuda Indonesia 30 158 7 56 36 23
Qatar Airways 30 300 7 50 37 25
Singapore Airlines 30 200x75x80 7 sum <= 115
Lufthansa 23 158 8 55 40  23
KLM 23 158 12 55 35 25

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s