Cara Memindahkan Data Chat Whatsapp ke HP Baru

Dear Sahabat,

Punya HP baru jelas menyenangkan. Namun banyak hal yang harus diurus, salah satunya memindahkan data chat Whatsapp, yang meliputi teks pesan, foto-foto atau video. Berikut ini adalah share dari saya tentang bagaimana cara memindahkannya.

Peringatan: jangan login dulu di aplikasi Whatsapp pada HP baru.

Persiapan sebelum melakukan back-up data WA:

  1. Harus punya akun Google, yang sudah diaktifkan di HP Anda. Bagaimana memastikannya? Ini harusnya by default karena untuk menggunakan HP Android biasanya harus buat akun Gmail dulu.
  2. Punya space yang cukup di HP Anda untuk menyimpan data back-up sementara
  3. Punya space yang cukup di akun Google Drive untuk menyimpan data back-up. Setelah data back-up di simpan di HP kita, nanti akan disalin ke Google Drive. Nah, data yang ada di Google Drive inilah yang akan dicopy ke WA di HP baru nanti. Belum pernah menggunakan Google Drive? Tenang saja, selama Anda punya akun Google, berarti Anda punya jatah space di Google Drive. Dan karena Anda tidak pernah menggunakan, artinya space yang Anda punya sangat besar 😉 Lain halnya dengan yang memang sudah sering menggunakan Google Drive, monggo dicek dulu sisa kuota Anda di sana.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

Tahap 1: Backup data WA di HP Lama

  1. Buka aplikasi WA di HP lama. Klik ikon berbentuk 3 titik di pojok kanan atas, lalu pilih menu “Setting”
  2. Pilih menu “Chats” –> Chat backup
  3. Pilih “Backup to Google Drive” –> “Backup”. Proses ini mungkin akan lama sekali tergantung pada jumlah data Anda yang akan di-backup. Pengalaman saya sebaiknya dikerjakan malam hari dan ditinggal tidur 😀 Selain karena pada malam hari tersedia waktu yang panjang, hal ini juga aman dari resiko “hilangnya” pesan karena jarang ada pesan yang masuk di malam hari.

Tahap 2: Restore data WA ke HP baru

  1. Pastikan WA belum terintall di HP baru. Jika sudah, uninstall dulu.
  2. Install WA di HP baru dan login (dengan no HP yang sama dan akun Google yang sama dengan yang di HP lama)
  3. Setelah nomor HP kita berhasil divalidasi, aplikasi hebatnya akan langsung memberi tahu bahwa kita punya data yang bisa di-restore. Ketika aplikasi bertanya apakah akan me-restore data, jawab “Ya”.
  4. Nah, sekarang kita tinggal menunggu aplikasi ini bekerja mengembalikan semua chat, foto, video, dll. Ketika me-restore text pesan, aplikasi WA bisa mengerjakan secara seketika. Namun untuk me-restore media (foto atau video) dibutuhkan waktu lebih lama. Jadi pastikan HP barunya tidak dalam keadaan low batt.
  5. Selesai

Demikian, cukup mudah ya.

Tapi entah mengapa, mungkin salah timing atau bagaimana, saya menemui masalah berikut setelah berhasil memindahkan data WA:

  • Beberapa chat terakhir “hilang”. Pesan yang saya kirim atau terima setelah saya memulai proses back-up sepertinya tidak ikut “pindah”. Dugaan saya backup hanya dilakukan pada pesan sebelum kita memulai perintah back-up. Misal kita perintahkan back-up pukup 21:00, lalu kita menerima atau mengirim pesan setelah jam 21:00, sepertinya pesan2 yang datang belakangan ini tidak ikut di-back up.
  • Beberapa nomor WA tidak ikut “pindah” ke HP baru, sehingga harus diulang lagi men-save-nya.
  • Perlu diperhatikan juga, setelah kita login ke WA di HP baru, aplikasi WA di HP lama otomatis tidak bisa dibuka lagi. Jadi sudah tidak bisa membaca pesan WA di sana, konsekwensinya tidak bisa cek pesan mana sih yang “hilang”. Pastikan sebelum login di WA pada HP baru, kita sudah membaca semua pesan baru di HP lama. Mungkin bisa saja kalau niat kita aktifkan lagi WA di HP lama, namun nanti kalau ada pesan baru lagi, dia masuknya ke HP lama. Terjadilah masalah sinkronisasi 😀 *lapkeringat*

Demikian, semoga bermanfaat. Oh ya, pengalaman ini ditulis setelah mempraktekkan petunjuk dari website Whatsapp.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s