Catatan Perjuangan Seorang Penderita Kanker Payudara

Saya ingin menulis catatan perjuangan adik saya (yang sebut saja bernama Bunga) dalam menghadapi kanker payudara. Menjelang satu tahun berpulangnya beliau, saya ingin menuliskan kembali kronologis satu setengah tahun perjuangannya dari Mei 2015 sampai 15 Oktober 2016. Kisah ini diceritakan untuk menjadi sebuah catatan pengalaman hidup, yang mungkin berguna untuk sesama penderita kanker dan juga bagi kita yang masih sehat untuk bisa memahami perjuangan para penderita kanker.

Awal Mei 2015 – Diagnosa kanker payudara

Seperti pernah saya ceritakan di sini, dokter di Bukittinggi memberikan diagnosa bahwa Bunga menderita kanker payudara. Berita ini sangat mengguncang keluarga kami dan tentu saja Bunga. Dokter menyarankan operasi pengangkatan payudara segera.

18 Juni 2015 – Mencari second opinion ke Jakarta

Berbekal hasil lab dan USG yang sudah ada, kami mencari second opinion ke RS Hermina Jatinegara dan Klinik Kanker Dr. Warsito di Alam Sutera. Disimpulkan bahwa kanker sudah mencapai Stadium 3A.

Setelah Bunga mendapatkan penjelasan dari para dokter, akhirnya Bunga rela dioperasi. Cerita pencarian rumah sakit sudah pernah saya ulas di sini.

25 Juni 2015 – masektomi di RS Ropanasuri Padang

Operasi berjalan lancar. Berdasarkan hasil operasi dokter menyatakan bahwa kanker yang diderita bunga sudah mencapai Stadium 4.

Dokter menyarankan perawatan lanjutan berupa kemoterapi atau suntikan hormon. Bunga masih belum mengerti dengan kedua tindakan ini dan sepertinya tidak ingin melakukan keduanya.

31 Juli 2015 – Control ke Jakarta pasca operasi

Bunga kembali ke Jakarta untuk men-setting ulang alat rompi pengobatan kanker di Klinik Dr. Warsito.

Saat itu Bunga masih bisa berjalan dengan normal. Saya ingat mengajaknya jalan-jalan ke IKEA sepulangnya dari Klinik Dr. Warsito di Alam Sutera.

23 Sept 2015 – Kembali control ke Jakarta

  • Diantar suami ke Jakarta, sudah memerlukan kursi roda
  • Sudah susah berjalan dan merasa kesakitan
  • MRI di Siloam, kanker sudah menyebar ke banyak organ

Desember 2015 – Mei 2016: Perjuangan Kemoterapi

Setelah susah payah dibujuk oleh berbagai pihak, akhirnya Bunga berkenan melakukan kemoterapi.

Pada periode ini Bunga menjalani beberapa siklus kemoterapi di RS Ropanasuri Padang. Pada bulan Mei 2016 kemoterapi memperlihatkan hasil yang baik dimana Bunga kelihatan lebih segar, bahkan bisa berjalan-jalan di sekitar rumah.

Awal Juni 2016 – Kehilangan penglihatannya

Sesuatu yang mengagetkan terjadi di awal Juni dimana Bunga pelan-pelan kehilangan penglihatannya. Hal ini berdampak buruk kepada fisik dan mentalnya.

10 Juni 2016 : dirawat kembali di RS Ropanasuri Padang

Bunga semakin drop setelah kehilangan penglihatannya. Selain fisiknya yang semakin lemah, mentalnya pun semakin rapuh. Dia sering berteriak panik karena tidak bisa melihat apa pun.

Juli – Agustus 2016: dirawat di rumah

Pada periode ini, Bunga dirawat di rumah. Terbaring lemah di tempat tidur. Tidak bisa melihat. Kadang ketika saya sedang menelpon Ibu, saya akan mendengar jeritannya.

25 Agustus 2016 (Kamis) – Mengalami koma

Pagi itu saya mendapat kabar dari Ibu bahwa Bunga dari pagi tidak bereaksi seperti tertidur pulas. Keluarga kami segera membawa ke RS Achmad Muchtar Bukittinggi. Semuanya berkumpul di kampung. Setelah 6 minggu di rawat dalam keadaan koma, akhirnya dokter mempersilakan Bunga dibawa pulang.

15 Oktober 2016 (Jumat) – Meninggal dunia

Selama sekitar seminggu setelah pulang dari rumah sakit, akhirnya Bunga berpulang ke rahmatullah. Mengakhiri penderitaannya yang panjang *hiks*.

Selamat jalan adikku. Kakakmu mohon maaf karena tidak bisa berbuat apa-apa untuk menolongmu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s