Umroh: Hotel Review

Dear Sahabat,

Pada kesempatan ini saya ingin cerita lebih banyak tentang dua hotel yang kami tempati pada saat umroh, yaitu Hotel Al Haram di Madinah dan Hotel Movenpick di Makkah.

Sebelumnya, saya ceritakan dulu tentang perbedaan lingkungan sekitar Masjid Nabawi di Madinah dan Masjidil Haram di Makkah. Masjid Nabawi di kelilingi oleh hotel-hotel yang pada lantai dasarnya terdapat toko-toko. Setahu saya tidak ada mall besar di dekat hotel. Jadi kesannya cukup sederhana. Tidak diperlukan banyak waktu untuk berjalan dari hotel sekitar masjid ke masjid itu sendiri. Berbeda dengan Masjidil Haram, walaupun tinggal di hotel terdekat pun, kita masih harus melintasi mall, barulah mencapai gerbang masjid.

Berikut ini review dari Hotel Al Haram dan Hotel Movenpick

Hotel Al Haram (Bintang 5)

1.Lokasi

Hotel ini hanya berjarak sekitar 50 m dari Masjid Nabawi, sangat dekat. Kita hanya perlu menyeberangi jalan satu kali, kemudian menyusuri satu blok pertokoan, langsung sampai di gerbang masjid. Saya perhatikan hotel bintang 4 lain pun (misalnya Elaf Taibah, paket Silver Hemat NRA) juga tidak jauh jaraknya dari masjid. Next time ke Madinah, saya akan pertimbangkan memilih hotel bintang 4 saja jika ingin berhemat.

Untuk kaum wanita, hotel ini juga sangat cocok karena sangat dekat dengan gerbang untuk wanita di Masjid Nabawi. Jadi di Masjid Nabawi dibedakan gerbang untuk pria dan wanita. Gerbang wanita ada di pintu paling kiri dan kanan. Seperti terlihat pada gambar di atas, hotel ini terletak di area kanan masjid.

2. Furniture

Memasuki kamar hotel ini, tidak ada kesan bintang 5 ketika melihat furniture, karpet, sprei dll. Saya kira di Indonesia ini setara hotel bintang 3.

3. Kebersihan

Cukup bersih, namun lantai kamar mandi kurang memperhatikan aliran air. Setiap ada yang mandi dan airnya keluar dari bathtub, maka kamar mandi akan digenangi air. Kami harus membersihkan lantai dengan serokan (yang sudah disediakan 🙂 ) untuk menghalau air menuju lubang pembuangannya. Ini yang paling mengganggu.

4. Wifi

Wifi gratis, tapi hanya bisa digunakan di kamar.

5. Restoran

Kami tidak makan di restoran hotel, tapi di restoran lain yang ada di gedung yang sama.

Overall, saya cukup puas. Nilai 3 dari 5.

Hotel Movenpick (Bintang 5)

1.Lokasi

Hotel ini berada di Komplek Abraj Al Bait, komplek yang terdiri dari 7 menara, yang salah satunya adalah Makkah Royal Clock Tower. Hotel Movenpick adalah salah satu dari 7 menara tersebut, di Hajar Tower (lihat Gambar ke-4). Jadi dari segi lokasi, sudah premium. Btw, jika ingin menginap di Makkah Royal Clock Tower, harus pilih Paket Gold 😉

Kelebihan tinggal di komplek ini adalah, jika kesasar kita tinggal mengacu ke Clock Tower sebagai tempat pulang 🙂 Pintu gerbang komplek Abraj Al Bait ini langsung berhadapan dengan gerbang Baitullah. Sangat strategis.

2. Furniture

Ini baru hotel bintang 5, memang bagus furniture, bed sheet dll-nya. Walaupun kamar mandi tidak ada bathtub, tapi desainnya bagus. Tidak perlu mengurusi air yang melimpah di lantai kamar mandi 🙂

3. Kebersihan

Sangat bersih.

4. Wifi

Oke banget, bisa digunakan diseluruh area hotel.

5. Restoran

Kami mendapatkan sarapan di hotel setiap hari. Sarapan adalah saat yang ditunggu dimana kami bisa menikmati santapan ala bintang 5 😉

Intinya saya tidak punya complaint untuk hotel ini.

Demikian, review untuk kedua hotel. Kesimpulannya, jika ingin berhemat, untuk hotel di Madinah bisa cari yang bintang 4 saja, sedangkan untuk hotel di Makkah, Movenpick sudah pas buat saya. Pertimbangan lokasi adalah nomor satu.

Advertisements

One thought on “Umroh: Hotel Review

  1. Pingback: Pengalaman Umroh dengan NRA | Cerita untuk Sahabat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s