Advertisements
RSS

Umroh: Belanja Oleh-oleh

25 Jan

Dear Sahabat,

Umroh adalah kegiatan ibadah, tapi tetap dong … gak mungkin pulang ke tanah air tanpa membawa oleh-oleh 😉 Belanja secukupnya saja ya Bapak/Ibu, semuat kopernya saja. Jangan sampai kopernya beranak pinak. Bukan apa-apa, kita sendiri yang repot membawanya, atau bahkan kena charge over bagasi?

Untuk keperluan oleh-oleh, sebenarnya bisa disiasati dengan membeli buah tangan sebelum berangkat umroh baik itu sajadah, kopiah, dll dari Tanah Abang atau toko online. Lebih ekonomis dan tidak merepotkan kita membawanya.

Berikut ini adalah saran saya terkait belanja oleh-oleh.

1. Tempat Belanja

Ada beberapa kesempatan dimana kita bisa berbelanja.

  • Madinah,di sekitar hotel banyak toko-toko menjual kurma, sajadah, abaya, dll
  • Makkah. Untuk Anda yang menginap di komplek Abraj Albait (Clock Tower), jangan belanja di mall ya, muahal semua. Pergilah ke lantai -1 (ya minus 1), di sana banyak toko seperti di Tanah Abang. Harganya juga bersahabat hampir sama dengan Madinah.
  • Jeddah. Rombongan saya singgah di Balad, surga belanja bagi orang Indonesia. Namun menurut saya harganya masih lebih bagus di Madinah. Di Balad ini bahkan pelayan tokonya bisa berbahasa Indonesia. Ada toko namanya Abu Murah tapi harganya bukan yang paling murah di area sana. Coba melangkah ke area yang lebih sepi, harga di toko tersebut lebih miring di banding toko di barisan depan.

Selagi mungkin, buatlah daftar rencana belanja dan usahakan penuhi semua di Madinah. Jadi di Makkah tinggal fokus beribadah. Balad? Hmm … saya lebih memilih istirahat di bus. Selain panas di luar, harganya lebih mahal, mungkin karena persinggahan terakhir sebelum pulang, yang belanja sudah kepepet tidak ada pilihan.

2. Kisaran Harga Barang

Kurma Ajwa

Kurma ini paling legendaris, disebut juga kurma nabi (entah mengapa?). Rombongan kami mengunjungi perkebunannya dan di sana harga 1 kg kurma Ajwa adalah SAR 60 (sekitar 220 rb). Mereka meng-klaim kurmanya paling asli. Di toko-toko di sekitar hotel, saya bisa mendapatkan kurma Ajwa ini seharga SAR 40/kg (sekitar 150 rb). Lumayan kan bedanya 😉

Ada banyak kurma jenis lain, harganya mulai dari 10 riyal. Harga kurma paling murah adalah di Madinah, jangan lupa memborong kurma di sana.

Sajadah

Sajadah tipis rata-rata bisa didapatkan dengan harga SAR 10/buah, atau jika Anda membeli banyak akan diberikan diskon.

Saya tadinya tidak tahu di Makkah ada tempat belanja murah di Lantai -1, sehingga terlanjur beli di Albait Supermarket di Lantai P4 8 buah sajadah @ SAR 15, ternyata harganya cuma SAR 10 di bawah *hiks* Demikian juga sebuah sajadah yang harganya SAR 79, ternyata di bawah cuma SAR 55 *hiks kuadrat*

Abaya

Abaya murah meriah bisa didapatkan dengan harga sekitar SAR 40 (sekitar 150 rb). Yang bagusan ada yang SAR 100 (sekitar 370 rb). Ada juga yang nawarin 100 riyal dapat tiga, tapi saya gak tahu kualitasnya seperti apa.

Pashmina

Ibu saya harus menawar habis-habisan untuk mendapatkan pashmina 6 buah seharga SAR 10 (sekitar 37 rb) di Madinah, ternyata di Lantai -1 di Clock Tower ada toko yang dengan mudah melepas pashmina yang sama seharga SAR 10. Pashmina ini made in China.

Hadiah untuk Anak-anak

Di Lantai -1 di Clock Tower, ada toko yang menjual aneka hadiah lucu untuk anak-anak, setiap barang harganya fix SAR 3 (sekitar 10 rb). Ada gelang cantik ala India, gantungan kunci, dll. Barang-barang ini sebagian besar made in China. Recommended untuk dikunjungi.

Coklat

Di Madinah banyak yang menjual coklat kiloan. Harganya sekitar SAR 15/kg. Coklat-coklat ini juga pada umumnya made in China.

3. Penukaran Uang

Saran saya tukarkan saja uang di Madinah. Di Jakarta, saya diberikan rate 3800 untuk mendapatkan riyal dalam nilai kecil (5 – 10), padahal di Madinah bisa ditukar dengan nilai 3667. Ada juga toko yang menerima rupiah seperti kebun kurma, tapi nilai tukar tidak bagus 1 SAR = IDR 4000.

Demikian, sedikit pengalaman tentang belanja. Saya sebenarnya tidak banyak belanja, jadi info ini mungkin kurang lengkap. Intinya secara umum barang-barang di sana mahal. Cukup beli yang khas saja seperti kurma. Kalau sajadah, beli saja di Tanah Abang, banyak yang jual sajadah Turki yang kualitasnya bagus dengan harga lebih murah. Lagipula barang asli produksi Saudi Arabia sepertinya hanya kurma saja. Sajadah pada umumnya made in Turkey. Pashmina, gantungan kunci, dll made in China 😀

Selamat ibadah dan belanja. Jangan sampai belanja mengganggu ibadah 😉

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on January 25, 2017 in seputar umroh

 

Tags: , , , , , , , ,

One response to “Umroh: Belanja Oleh-oleh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: