Pengalaman Ubah Nama Menjadi Tiga Kata untuk Keperluan Umroh

Dear Sahabat,

Terkait rencana umroh beberapa bulan ke depan, saya pun mempersiapkan persyaratan yang diminta. Salah satunya yang penting adalah nama pada paspor harus terdiri dari minimal tiga kata. Ingat yaa, tiga kata bukan tiga suku kata :). Sebagaimana orang-orang seangkatan saya yang namanya biasanya cuma terdiri dari 2 kata, maka kami harus mengurus perubahan nama ini ke kantor imigrasi.

Saya akan menceritakan pengalaman melakukan perubahan nama di Kantor Imigrasi Kelas II Depok.

Kami rencananya berangkat umroh berempat orang, dua orang dengan domisili Depok dan 2 orang dengan domilisi kota X di Sumatera. Saya diserahi tanggung jawab mengurus perubahan nama ini. Setelah cari informasi di internet saya temukan informasi sebagai berikut:

1. Memilih Kantor Imigrasi

Melakukan perubahan nama bisa dilakukan di kantor imigrasi mana pun, tidak harus sama dengan kantor dimana paspor dibuat. Jadi saya bisa mengurus paspor yang dikeluarkan di Depok dan kota X di Sumatera sekaligus di satu kantor imigrasi yang saya pilih, yaitu Kantor Imigrasi Kelas II Depok.

2. Perubahan Nama Menjadi Seperti Apa?

Ternyata mengubah nama gak bisa suka-suka kita. Misalkan seseorang bernama Bunga Lestari. Nah si Bunga gak bisa ubah nama menjadi 3 kata hanya dengan memenggal kata kedua, sehingga nama keseluruhan menjadi 3 kata: Bunga Les Tari –> ini ga boleh πŸ˜€

Perubahan nama yang diperbolehkan adalah dengan menambah nama ayah atau sekalian nama kakek di belakang nama kita. Misalnya ayahnya Bunga Lestari bernama Kumbang Hutan. Maka perubahan nama yang mungkin untuk si Bunga adalah:

  • Bunga Lestari Kumbang
  • Bunga Lestari Hutan
  • Bunga Lestari Kumbang Hutan

Begitu saudara-saudara aturannya. Boleh gak ubah nama dengan menambahkan nama suami? Kabarnya tidak bisa.

3. Persyaratan yang harus dibawa

Dokumen yang harus disiapkan (ingat bawa yang asli)

  1. Paspor Asli (yang mau diubah namanya)
  2. KTP asli dan foto copy (cukup 1 untuk Kanim Depok)
  3. KK asli dan foto copy (cukup 1 untuk Kanim Depok)
  4. Akte Kelahiran asli dan fotocopy (cukup 1 untuk Kanim Depok)

KK dan akte kelahiran gunanya untuk menunjang perubahan nama yang kita usulkan. Misalkan kita mau ubah nama dengan menambahkan nama ayah kita. Nanti petugas di Kanim akan kroscek apakah benar kata baru yang akan ditambahkan pada nama kita merupakan bagian dari nama ayah kita yang tertera di KK atau akte kelahiran. Jadi gak perlu bawa ijazah ya Sobat, karena di ijazah ga ada nama ayah. Gak perlu juga bahwa surat nikah, karena ga relevan … kan yang mau ditambahkan nama ayah bukan nama suami.

Yang masih menjadi pertanyaan buat saya, bagaimana jika ada kasus seperti ini:

Seseorang bernama Bunga (saja), ayahnya bernama Kumbang (saja) dan kakeknya bernama Pendekar (saja). Perubahan nama satu-satunya yang mungkin untuk Bunga adalah: Bunga Kumbang Pendekar. Nah bagaimana mempersiapkan dokumen pendukung untuk nama kakek si Bunga? Pada akte kelahiran dan KK kan cuma ada nama ayahnya saja, tidak ada nama kakek. Apakah harus menghadirkan juga akte kelahiran ayahnya? Bagaimana kalau ayahnya gak punya akte kelahiran? *pusing*

Ada lagi persyaratan yang harus disiapkan jika membantu menguruskan perubahan nama keluarga kita, yaitu surat kuasa. Waktu itu saya membantu pengurusan untuk suami dan kedua orang tua saya. Untuk suami tidak perlu surat kuasa karena masih satu KK, namun untuk ortu harus ada surat kuasa. Saya sempat bolak balik ke kantor imigrasi karena hal ini. Saya pikir karena nama orang tua jelas tercantum di KK dan akte kelahiran, maka saya tidak perlu membuatkan surat kuasa. Ternyata petugas imigrasi Depok berkeras tidak mau memproses perubahan nama untuk kedua orang tua saya jika tidak ada surat kuasa tersebut.

4. Haruskah Membawa Surat Pengantar dari Biro Travel Umroh?

Jawabannya: tergantung kebijakan kantor imigrasinya. Untuk Kanim II Depok, tidak ada persyaratan tersebut.

5. Prosedur Perubahan Nama di Kanim II Depok

Untuk melakukan perubahan nama (dengan asumsi paspor sudah ada dan masih valid) di Kanim II Depok, prosesnya adalah sbb:

  • Persiapkan semua persyaratan pada point no 3 dan siapkan juga nama baru seperti dijelaskan pada bagian 2 di atas. Ingat untuk semua fotocopy, semua dokumen di fotocopy pada kertas A4 tanpa dipotong.
  • Datang ke Kantor Imigrasi tidak perlu pagi-pagi amat karena kita tidak perlu berburu nomor antrian bahkan tidak akan diberi nomor antrian seperti halnya orang-orang yang melakukan pembuatan paspor. Datang saja setelah jam 9:00 ketika semua orang yang mengurus pembuatan paspor sudah masuk gedung. Pada kesempatan pertama, saya datang pas jam 8:00, akibatnya saya diminta ikutan antri. Nah pada waktu pengambilan paspor saya sengaja datang menjelang jam 9:30, dan benar saya tidak perlu mengantri masuk gedung sama sekali πŸ˜‰
  • Di Kanim Depok, semua tamu akan difoto sebelum masuk komplek Kanim dan ditanya keperluannya apa. Untuk kita yang hanya mengurus perubahan nama tidak diberi nomor antrian dan diminta langsung ke Customer Care.
  • Customer Care adalah bagian yang bertugas menjawab pertanyaan-pertanyaan para pengurus paspor. Mereka kadang melayani cara pengisian formulir. Nah kita cukup mengantri di depan meja Customer Care. Pengalaman saya, tidak banyak yang mengantri di sini.
  • Anda akan diminta mengisi formulir, kemudian staf Customer Care akan langsung memvalidasi data KTP, KK dan akte kelahiran. Mereka terutama memeriksa apakah kata tambahan yang kita usulkan ada di KK atau akte kelahiran. Setelah semuanya tervalidasi, staf Customer Care akan menyimpan paspor asli kita berikut fotocopian KTP, KK dan akte kelahiran serta formulir isian dan akan memberi tanda terima untuk mengambil paspor 3 hari kerja kemudian.
  • Biayanya: GRATIS πŸ™‚

Demikian, sangat mudah bukan? Paling lama hanya makan waktu 30 menit termasuk mengantri di Customer Care.

Tiga hari kerja kemudian silakan datang mulai jam 10:00 – 15:30 untuk mengambil paspor. Nama baru kita tidak akan terpampang di halaman muka, tapi di halaman 4 yang bertuliskan: Endorsement.

Semoga pengalaman ini bermanfaat.

Advertisements

7 thoughts on “Pengalaman Ubah Nama Menjadi Tiga Kata untuk Keperluan Umroh

  1. luluk kiswa

    Maaf mau tanya apabila saya mau menambahkan nama tp saya tidak punya akta kelahiran bolehkah digantikan dg ijazah terakhir

  2. Bintari Retnowati

    Sepertinya di KK ada nama ayah dan kakek deh.. kalo gak salah nama kakeh ada di keterangan bagia bawah. Thanks infonya kak.. sangat membantu. Kalau saya belum pernah mengurus paspor apakah bisa langsung mengurus dg 3 nama ?

    1. shizuka

      Setahu saya di KK cuma ada nama ayah dan ibu. Tidak ada nama kakek atau nenek.
      Mengenai apakah bisa langsung buat nama dengan 3 kata ketika pertama kali buat passpor saya kurang tahu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s