Sulitnya Meminta Bukti Refund ke Lazada

Saya adalah pelanggan setia Lazada. Sejak Maret 2014 terhitung sudah lebih dari 20 kali saya melakukan pembelian di Lazada. Sebagian besar sih baik-baik saja, namun ada kejadian menjengkelkan baru-baru ini terkait refund yang tidak kunjung saya terima setelah membatalkan transaksi. Saya sudah beberapa kali melakukan refund di Lazada dan biasanya tidak ada masalah. Namun kali ini benar-benar menguji kesabaran.

Salah satu yang saya sukai dari berbelanja di Lazada adalah kita boleh membatalkan transaksi hanya dengan alasan “berubah pikiran”. Tidak perlu ada alasan barang rusak atau ukuran tidak cocok, dll. Sungguh suatu kemudahan yang cocok untuk saya yang kadang suka impulsif berbelanja.

Nah, 8 Oktober 2015, saya memesan sebuah tablet dan membayarnya dengan BNI Debit Online. Kenapa pake BNI Debit Online? Karena lagi promo dengan cara pembayaran tersebut. Nah, beberapa jam setelah transaksi selesai saya berubah pikiran dan  memutuskan untuk membatalkan transaksi tersebut. Saya pun kemudian mengajukan pembatalan transaksi di website Lazada dan meminta refund, yang diproses dan dikabulkan oleh Lazada dengan cepat pula. Saya senang.

Esok harinya 9 Oktober, pada status order transaksi tersebut disebutkan bahwa refund sudah diproses. Artinya Lazada sudah kirim balik uang saya. Diberi catatan bahwa uang akan saya terima 7 – 14 hari kerja. Saya pun lega.

Sudah 13 hari berlalu, namun uang refund tersebut tidak kunjung saya terima. Saya pun kemudian menghubungi CS Lazada berkali-kali:

  • 22 Oktober 2015, saya melaporkan lewat Live Chat Lazada dengan CS A, dan diminta menunggu sampai 14 hari kerja (28 Oktober). OK, saya akan bersabar. Namun, setelah 28 Oktober, uang refund tersebut masih belum saya terima.
  • 12 November 2015, saya kembali menghubungi CS Lazada di Live Chat dan kali ini dengan CS yang lain, kita sebut saja B. Pak B  meminta saya menceritakan lagi masalah saya dari awal. Saya heran apakah mereka tidak bisa mencari di database-nya pengaduan apa saja dari user X yang belum selesai diproses? Setelah memeriksa transaksi yang saya laporkan, staf ini menyatakan uang refund sudah dikembalikan lazada secara otomatis ke limit kartu kredit saya. Saya bilang, saya gak pake kartu kredit, tapi BNI Debit Online. Staf tersebut bertanya lagi apakah saya sudah melakukan pengecekan pada rekening saya. Hallo? Apakah saya kurang kerjaan buang waktu hubungi Lazada jika uang itu sudah masuk?? Kemudian saya meminta bukti refund agar saya bisa urus ke BNI jika memang benar Lazada sudah kirim uang refund tersebut. Nggak mungkin dong saya ujug-ujug datang ke BNI dan menanyakan kiriman uang dari Lazada. Pasti mereka tanya, kapan Lazada transfernya dan mana bukti transaksi pengirimannya? Karena kesal, saya tambahkan ancaman, jika mereka tidak membantu saya, saya akan tulis di surat pembaca. Pak B ini kemudian menjanjikan akan segera menindak lanjuti ke Tim Keuangan dan akan mengirimkan informasi mengenai pengembalian dana ke email saya maksimal 2×24 jam kedepan.  Dua hari berlalu namun tidak ada email yang berisi informasi uang refund tersebut 😦 Saya sampai pada titik dimana saya sudah malas berurusan dengan Lazada. Sementara waktu kasus ini agak terlupakan.
  • 28 Januari 2016, saya ingat kembali dengan uang refund saya yang tidak kunjung sampai. Saya hubungi lagi CS Lazada lewat Live Chat. Kali ini saya dilayani CS C yang sangat tidak sopan. Saya belum selesai diskusi, dia sudah memutuskan Chat. Saya ulang lagi melakukan Live Chat dan pada sesi ini saya melaporkan ketidaksopanan CS C. Entah mengapa kemudian saya mendapatkan email dari CS Lazada yang menanyakan masalah saya. Email ini dikirim dari seorang CS Associate, sebut saja Bu M. Terus terang saya sudah sampai pada titik akan mengikhlaskan saja uang refund tersebut dan berencana menuliskan surat pembaca.
  • 29 Januari 2016, saya menulis surat pembaca ke Kompas.com dengan mengirimkan email ke redaksikcm@kompas.com. Setelah itu saya terpikir untuk memberi tahu Lazada bahwa saya sudah melaporkan mereka. Saya kemudian membalas email CS Lazada Bu M, menceritakan ulang kronologis masalah refund dan melampirkan surat pembaca ke Kompas tersebut. Beberapa jam kemudian saya mendapat email dari Bu M berisi file yang menurut mereka bukti refund. Akhirnya 🙂 Saya tidak tahu apakah karena surat pembaca ini saya dilayani dengan cepat.
  • Oleh karena sudah mendapatkan bukti refund maka saya membatalkan laporan saya ke Surat Pembaca Kompas.com.

Berikut ini adalah bukti refund yang ditunggu-tunggu.

Screen Shot 2017-09-19 at 5.32.49 PM

Demikianlah, untuk sebuah bukti refund ke Lazada, diperlukan usaha yang maksimal dan makan waktu lama. Setelah mendapatkan bukti refund saya segera mengurusnya ke BNI dan alhamdulillah dalam waktu 2 hari setelah melakukan pengaduan ke BNI, uang refund saya pun kembali. Pada kasus ini memang uang refund-nya tidak nyangkut di Lazada, melainkan di BNI, namun pelayanan Lazada terkait bukti refund sangat tidak memuaskan.

Mengenai masalah terkait penggunaan BNI Debit Online saya ceritakan lebih lengkap di sini.

Advertisements

3 thoughts on “Sulitnya Meminta Bukti Refund ke Lazada

  1. Pingback: Refund Bermasalah Ketika Menggunakan BNI Debit Online | Cerita untuk Sahabat

  2. YTH DIREKTUR UTAMA LAZADA

    Berikut ini kami sampaikan terkain refund dana di pesanan 378274418

    Pagi ini saya sudah menelpon halo BCA di Nomor Telepon 1500888

    Menceritakan semua tentang PEMBATALAN SEPIHAK PESANAN SAYA OLEH LAZADA DENGAN METODE PEMBAYARAN DARI BCA KLIK PAY YANG BERSUMBER DARI REKENING DEBIT SAYA.

    Pihak Halo BCA dengan CS bernama DIMAS, Menyatakan Bahwa status pembayaran melalui BCA KLIK PAY itu Sudah Berhasil

    DAN DANANYA SUDAH MASUK KE REKENING LAZADA.

    HARI INI JUGA SAYA MINTA SEGERA DI TRANSFER UANG REFUND DI PESANAN SAYA 378274418

    KE REKENING

    0701626833

    BCA ATAS NAMA SEPTO ISDI SAPUTRO

    KARENA SUDAH JELAS DANA TERSEBUT SUDAH MASUK KE REKENING LAZADA.

    KALO HARI INI TIDAK MASUK JUGA, SAYA AKAN BUAT LAPORAN KE POLISI BESOK PAGI

    BAHWA LAZADA TELAH MENIPU DENGAN MENYEBUTKAN KALAU PROSES PENGEMBALIAN DANA MENUNGGU KEBIJAKAN BANK BCA

    PADAHAL DARI BCA JELAS MENYEBUTKAN BAHWA DANA TERSEBUT SUDAH MASUK KE REKENING LAZADA.

    SEHINGGA DENGAN JELAS LAZADA DIDUGA BERUSAHA MENGGELAPKAN ATAU MENGAMBIL DANA SAYA

    TERIMAKASIH

    Regards,

    SEPTO ISDI SAPUTRO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s