Advertisements
RSS

Refund Bermasalah Ketika Menggunakan BNI Debit Online

09 Feb

Saya baru mengalami pengalaman kurang menyenangkan dengan Lazada dan BNI Debit Online. Pada 8 Oktober 2015 saya berbelanja di Lazada dan untuk pembayarannya menggunakan BNI Debit Online. Masalah dimulai ketika transaksi ini saya batalkan dan meminta Lazada memproses refund-nya. Lazada menyetujui refund dimana pada “status order” dituliskan refund sudah diproses dan diberikan catatan bahwa dana refund akan masuk ke rekening pelanggan maksimal 14 hari kerja. Namun sampai batas waktu 14 hari kerja, uang refund tersebut tidak kunjung sampai.

Saya pun kemudian menanyakan masalah ini ke Lazada melalui Live Chat dengan customer service (CS)-nya. CS Lazada menyatakan mereka sudah mengirim uang refund 9 Oktober 2015. Saya akhirnya meminta bukti refund tersebut agar saya bisa mengurus masalah ini dengan BNI. Namun sayang, pelayanan Lazada terkait permintaan bukti refund ini kurang memuaskan. Detilnya saya ceritakan di sini. Baru pada tanggal 29 Januari 2016 (3 bulan kemudian) saya akhirnya menerima bukti refund dari Lazada.

Dengan bekal bukti refund saya segera melapor ke BNI terkait uang refund yang tidak kunjung saya terima. Pertama saya hubungi Call Center BNI. Petugas CS-nya menganjurkan saya datang langsung ke kantor cabang BNI karena kasus saya sudah lebih dari 2 bulan. Namun ketika saya menemui CS di kantor cabang, saya malah disambungkan dengan Call Center lagi. Bingung ya? Staf CS Call Center yang ini sepertinya cukup menguasai masalah, beliau meminta saya mengirimkan dokumen berisi kronologis masalah dimana saya harus mencantumkan nomor transaksi, tanggal kejadian dll. Dokumen knolologis ini diminta dikirimkan ke bnicall@bni.ac.id bersama dengan bukti pemesanan di Lazada. Untungnya di website Lazada ada sejarah transaksi sehingga mudah mendapatkannya. Saya juga melampirkan bukti refund yang saya dapatkan dari Lazada. Call Center BNI menjanjikan pengaduan saya akan diproses maksimal 45 hari kerja. Lama sekali yaaa … Namun Alhamdulillah, 2 hari setelah saya mengirimkan email, uang refund saya pun masuk ke rekening tabungan BNI saya 🙂

Setelah saya telusuri, masalah refund ini terjadi akibat penggunaan VCN (Virtual Card Number) ketika kita bertransaksi menggunakan BNI Debit Online. BNI Debit bukan kartu kredit, namun dia berlaku seolah-olah sebagai kartu kredit dimana untuk setiap transaksinya akan dihasilkan nomor kartu kredit sementara. Kata CS BNI, nomor kartu ini hanya valid beberapa jam saja. Ketika saya bertransaksi dengan VCN BNI Debit Online, Lazada memandang saya bertransaksi dengan kartu kredit Mastercard. Nah, ketika terjadi refund, Lazada akan mengembalikan dananya ke nomor KK Mastercard yang sementara tersebut. Masalah terjadi jika ada yang mismatch di database mereka, dimana nomor tsb tidak di-link lagi ke rekening tabungan yang seharusnya. Akibatnya, uangnya nyangkut di Mastercard.

Demikian pengalaman saya. Pada akhirnya memang saya ketahui bahwa kesalahannya ada di BNI Debit Online bukan di Lazada. Lazada sudah melakukan refund dengan baik. Sayangnya Lazada kurang responsif dalam menangani masalah ini. Memang hal ini bukan kesalahan mereka, namun alangkah baiknya mereka membantu pelanggan menyelesaikan masalahnya dengan tidak berlama-lama menyerahkan bukti refund. Lagipula mereka sendiri yang memperbolehkan penggunaan BNI Debit Online, seharusnya mereka juga merasa bertanggung jawab terkait penggunaannya.

Untuk BNI sendiri, respon CS-nya sangat baik. Walaupun masalah ini terjadi karena kesalahan sistem mereka, saya bisa memaafkan karena mereka melayani pengaduan saya dengan cepat. Hanya butuh waktu 2 hari!

Kesimpulannya:

  • Jika transaksi Anda mempunyai potensi untuk dibatalkan yang berujung refund, sebaiknya jangan menggunakan VCN.
Advertisements
 
3 Comments

Posted by on February 9, 2016 in pelayanan umum

 

Tags: , , ,

3 responses to “Refund Bermasalah Ketika Menggunakan BNI Debit Online

  1. Dwi Febrianti

    November 3, 2016 at 9:36 pm

    Waaaaah .. masalahnya kayak saya .. saya pakai mandiri debit online.. dan refund tak kunjung datang setelah lama nunggu dan cek langsung ke mandiri .. cs mandiri nya ngotot gabisa transaksi kartu kredit pakai debit .. padahal saya sudah ngomong kalo pakai debit online.. dan suruh nunggu maks 75hari kerja buat nunggu tindak lanjutnya gimana TwT

     
    • shizuka

      November 13, 2016 at 8:54 pm

      Biasanya masalah di bank, seperti pengalaman saya. Dikejar aja terus bank-nya. Memang gak disarankan pake debit online 😦

       
    • Mijuada Anisa

      January 20, 2017 at 11:03 am

      Terus gimana mbak akhirnya? saya juga punya masalah yang sama

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: