BPJS: Cara Berobat di Kota Lain

Dear Sahabat,

Saya ingin share pengalaman saya mengurus persiapan operasi adik. Adik saya berdomisili di Sumatera dan terdaftar sebagai anggota BPJS di sana. Bulan lalu beliau didiagnosa penyakit serius dan harus segera dioperasi. Kami ingin agar beliau dioperasi di Jakarta. Saya sudah cari-cari infonya di internet tentang bagaimana mengurus perpindahan ini, namun tidak ketemu. Akhirnya saya datangi Kantor BPJS Kota Depok di Ruko Saladin Square Margonda (di seberang Terminal Depok). Setelah berbingung ria di kantor yang kurang jelas informasi cara mendaftar dan mengambil antriannya, akhirnya saya bisa bertemu dengan petugas bagian “Rujukan”.

Berdasarkan info dari petugas tersebut, begini caranya jika ingin berobat di suatu kota (misalnya Jakarta), padahal bukan anggota BPJS di kota tersebut:

1. Mintalah “Surat Tamu” ke RT dimana saudara kita tinggal. Untuk adik saya, bisa dianggap tamu di rumah saya, dan saya perlu memintakan surat keterangan dari RT setempat.

2. Bawalah surat tersebut ke Kantor BPJS setempat. Kantor BPJS kemudian akan menunjuk sebuah Faskes Tingkat 1 di kota tersebut sebagai Faskes Tingkat 1 sementara kita.

3. Pergilah ke Faskes Tingkat 1 tersebut untuk meminta rujukan ke RS di kota tersebut. Selanjutnya ikuti prosedur di RS tersebut.

Demikian infonya, semoga bermanfaat šŸ™‚

Advertisements

One thought on “BPJS: Cara Berobat di Kota Lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s