Advertisements
RSS

Apartemen di Sekitar Kampus UI Depok

16 Jun

Sejak tahun 2007 mulai bermunculan apartemen di dekat Kampus UI Depok. Saat ini di pertengahan tahun 2015, sudah ada 3 kelompok apartemen yang beroperasi, yaitu Margonda Residence (I dan II), Taman Melati/Grand Taman Melati Margonda dan Park View Condominium DETOS. Bahkan saat ini ada yang dalam proses pembangunan, yaitu Apartemen Atlanta yang berlokasi tepat di sebelah kanan RS Bunda Margonda. Definisi “dekat” yang saya gunakan adalah bisa dicapai dengan jalan kaki sekitar 10 menit. Jadi jika dari apartemen tersebut untuk mencapai UI harus naik kendaraan, maka tidak saya bahas dalam tulisan ini.

Margonda Residence (Mares) yang berada dekat Kampus UI adalah Mares I dan II.  Mares III, IV dan V cukup jauh sehingga membutuhkan kendaraan untuk mencapai UI. Mares I adalah apartemen pertama di kota Depok, dibangun sekitar tahun 2007. Jumlah lantainya hanya sekitar 5 – 6 lantai. Pada “masa jaya”-nya, inilah tempat kost paling keren di Depok. Mares II mulai disewakan sekitar tahun 2011, terdiri dari 20-22 lantai. Jelas bahwa Mares II ini lebih bagus gedungnya dan tentunya lebih mahal sewanya. Mares I dan II berlokasi di dekat RS Bunda. Fakultas yang dekat lokasinya dengan Mares I dan II ini adalah Fakultas Hukum. Saya pernah tinggal di Mares II dan sudah menulis review-nya. Kekurangan utama dari apartemen ini adalah masih harus menyeberangi jalan Margonda untuk berjalan ke Kampus UI. Saat ini untungnya sudah ada jembatan penyeberangan (JPO) antara sisi Mares I/II dan sisi UI sehingga memudahkan. Ketika saya tinggal di sana, setiap hari harus berjuang menyeberangi jalan Margonda yang sibuk. Biaya sewa Mares II pada tahun 2013/2014 adalah sekitar 18-24 juta setahun (di luar tagihan bulanan)

Apartemen yang muncul setelah itu adalah Taman Melati Margonda yang berlokasi di belakang Stasiun UI. Apartemen ini mulai disewakan tahun 2014. Disusul oleh kembarannya Grand Taman Melati Margonda yang beroperasi tahun 2015. Dari segi lokasi Grup Taman Melati ini jelas lebih strategis dibanding Mares I dan II. Apartemen ini menempel ke Stasiun UI sehingga tidak perlu menyeberangi jalan Margonda. Namun, biaya sewanya lebih mahal dibanding Mares II. Fakultas di UI yang dekat dengan Taman Melati adalah Fakultas Ilmu Budaya, FISIP dan Psikologi. Biaya sewa Taman Melati adalah sekitar 30-an juta setahun (di luar tagihan bulanan)

Apartemen terbaru adalah Park View Condominium DETOS yang beroperasi mulai Agustus 2014. Apartemen ini terdiri dari 22 lantai dan berada di atas Mall DETOS yang berada di sebelah Stasiun Pondok Cina. Dari segi lokasi tentu saja sejauh ini Park View lokasinya paling strategis. Bayangkan, nempel ke UI dan Stasiun Pondok Cina, berada di atas Mall DETOS yang juga berseberangan dengan Mall Margo City yang merupakan mall paling keren di Depok saat ini. Park View paling dekat dengan Fakultas Kedokteran UI, tinggal berjalan 5 menit melewati Gang Senggol dan menyeberangi jalan kereta akan sampai di FKUI. Selain itu apartemen ini juga dekat dengan FKM dan calon rumah sakit UI yang sedang dibangun. Sebanding dengan letaknya yang sangat strategis, harga sewanya saat ini juga merupakan yang paling mahal. Jika Anda menyewa lewat Badan Pengelola, akan dikenakan tarif 37.5 juta setahun (di luar tagihan bulanan).

Jadi, jika diurutkan inilah peringkat apartemen berdasarkan kestrategisannya:

  1. Park View Condominium DETOS
  2. Grand Taman Melati
  3. Taman Melati
  4. Mares II
  5. Mares I

Adapun harga sewa sebanding dengan rankingnya 😉 Silakan pilih sesuai situasi dan kondisi Anda.

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on June 16, 2015 in seputar depok

 

Tags: , , ,

One response to “Apartemen di Sekitar Kampus UI Depok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: