Advertisements
RSS

Pengalaman Les IELTS Preparation di TBI Depok

17 Jul

Dear Sahabat,

Berhubung saya ada rencana apply beasiswa ke Australia, saya pun mempersiapkan diri untuk ikut test IELTS. Salah satu ikhtiar saya adalah ikut les persiapan di TBI (The British Institite) Margonda Depok. Saya tadinya mempertimbangkan untuk ambil les di IALF Kuningan atau LBI UI Depok. Namun, setelah mempertimbangkan berbagai hal, akhirnya pilih TBI Depok.

Berikut ini beberapa pertimbangan mengapa dulu pilih TBI Depok

  • Katanya ada native speakernya
  • Katanya lebih berkualitas pengajarannya dari tempat kursus yang lebih murah
  • Dekat dari rumah dan kantor

Mengapa tidak pilih IALF Kuningan? Jauh dari rumah dan kantor. Khawatir jadi males datang les. Biaya les sama mahalnya dengan TBI (sekitar 3.7 juta untuk 50 jam belajar di kelas).

Mengapa tidak pilih LBI UI Depok? Katanya gurunya lokal semua. Harganya paling murah, cuma 1.2 juta untuk  52 jam (13 minggu x 4 jam)

Nah, karena saya berasumsi bahwa faktor native speaker itu penting dan saya malas ke Jakarta, maka saya memutuskan les di TBI Depok.

Nah itu cerita latar belakang mengapa pilih TBI. Sekarang cerita pengalamannya 😉

Biaya Les

Untuk 60 jam belajar, 3 kali seminggu (Senin, Rabu, Jumat), @5 jam seminggu –> total 12 minggu, biayanya 4.475 juta. Rinciannya:

  • Registration Fee: 275.000
  • Biaya Kursus IELTS Preparation: 4.200.000

Total: 4.475.000. Mahal? Yups. Kalau dihitung, satu pertemuannya sekitar 125 rb atau 1 jam-nya 75 rb.

Komposisi Pengajar

Saya gak tahu ya pengalaman yang lain, namun yang saya alami selama 12 minggu adalah bahwa pengajarnya sering berganti-ganti, seakan-akan kelas saya adalah kelas yang tidak direncanakan dengan baik. Bayangkan selama 12 minggu kami diajar secara random oleh 2 native speaker dan 4 pengajar lokal. Pengajarnya bahkan tidak bisa memastikan bahwa pada sesi selanjutnya mereka yang akan mengajar atau orang lain 😦 Pengajar yang sering berganti ini berdampak:

  • Pengajarnya tidak bisa memantau perkembangan setiap siswa dengan baik. Hafal nama saja mungkin tidak.
  • Tidak adanya kesinambungan materi
  • Tidak adanya kesinambungan tugas. Bahkan beberapa kali ada pengajar yang lupa mengumpulkan tugas yang mereka perintahkan

Kualitas Pengajar

Saya pernah les sebelumnya di LBI FIB UI Depok, penilaian saya kemampuan mengajar tutor di LBI masih lebih bagus di banding TBI Margonda. Bahkan native speaker TBI juga tidak terlalu bagus. Satu-satunya kelebihan mereka dibandingkan tutor lokal adalah bahwa mereka fasih berbicara. Penyampaian materi tidak mengena. Sering kali terbaca bahwa mereka tidak mempersiapkan diri untuk mengajar, seperti bertanya, “Sampai dimana materi terakhir?” Hallo … tutornya dong yang harus cari tahu sendiri sebelum masuk kelas 😦

Disiplin Waktu

TBI bagus dalam hal mereka menyelenggaran semua kelas yang dijanjikan. Pernah sekali ada kelas yang di-cancel, namun kemudian ada kelas penggantinya. Soal kedisiplinan tutor, ada tutor yang sering datang terlambat, namun biasanya mereka akan menambah waktu di akhir sesi.

Kesimpulan

Saya tidak terlalu merekomendasikan TBI Margonda. Harga yang sangat mahal tidak sepadan dengan apa yang kita dapatkan. Masih lebih baik ambil LBI UI yang murah meriah hanya 1.2 juta atau sekalian les di IALF Kuningan yang kata teman saya selama les tutornya cuma 1 orang, native dan ngajarnya bagus.

Kemudian apakah perlu mengambil kelas persiapan sebelum test IELTS?

Menurut saya perlu sebatas kita tahu aturan dan pelaksanaan test tersebut. Dengan les, kita familiar dengan tipe soalnya dan apa yang diharapkan dari setiap jenis test. Itu saja, tidak lebih. Jadi saran saya, tidak perlu mengambil les yang terlalu lama seperti saya (12 minggu). Ambil saja yang 1 – 2 minggu.

Untuk skill bahasa, menurut saya les persiapan tidak akan banyak membantu jika kita sendiri tidak rajin berlatih di rumah. Di kelas, sebagian besar dihabiskan untuk latihan soal. Tidak akan ada waktu untuk mempelajari grammar dll. Jika Anda merasa lemah pada salah satu komponen test IELTS (Reading, Listening, Writing dan Speaking), saya sarankan mengambil kelas khusus. Misalnya, saya ambil kelas khusus Writing di LBI UI Depok karena merasa di aspek inilah saya paling lemah. Begitu juga jika Anda merasa paling lemah di aspek Speaking, sebaiknya ambil kelas Conversation. Ikut IELTS Preparation Class tidak akan membantu Anda.

Semoga pengalaman ini bermanfaat untuk Anda.

Advertisements
 
8 Comments

Posted by on July 17, 2014 in seputar depok

 

Tags: , , , , ,

8 responses to “Pengalaman Les IELTS Preparation di TBI Depok

  1. ajo

    August 12, 2014 at 4:58 pm

    Makasih infonya ya, sangat membantu saya mempertimbangkan tempat kursus IELTS

     
  2. Yunni Wulan Ndari

    December 13, 2014 at 4:25 pm

    Terima kasih atas infonya, sangat membantu.

     
  3. lubis

    February 5, 2015 at 11:26 am

    terimaksih infonya… sbnernya saya ingin skali berkumpul gtu sama2 scholarship hunter buat belajar bareng preparation toefl/ielts. soalnya mahal bgt yahh biaya les di jakarta … 😦

     
  4. Riza Mufidah

    March 13, 2015 at 9:15 am

    Tadinya saya ingin mengikutkan anak saya kursus b inggris di TBI Depok, melihat hasil dari anak teman yg jg kursus di TBI, tp yg di Kuningan Jkt. Tx Mba

     
  5. sintia

    March 13, 2015 at 11:09 am

    terima kasih infonya….sangat membantu

     
  6. Rabiah

    December 27, 2015 at 5:58 pm

    Terima kasih banyak infonya sangat membantu

     
  7. fara agatha (@a07400114)

    July 21, 2016 at 4:15 pm

    Terimakasih reviewnya..saya sedang mencari IELTS/TOEFL Prep utk adik saya yang lulus tahun 2016 ini. Kalau saya boleh tahu hasil final/real test IELTS Bapak/Ibu bagaimana setelah kurusus di TBI? Score nya sesuai yg diharapkan atau tidak?

     
  8. Asd

    April 28, 2017 at 6:33 am

    Thanks..the information is very usefull

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: