Korea Trip: Jalan-jalan di Seoul

Dear Sahabat,

Selama 5 hari 4 malam di Seoul, saya hanya sempat mengunjungi dua area objek wisata saja, yaitu area Gyeongbokgung Palace dan area Dongdaemun. Di sekitar Gyeongbokgung palace  terdapat Bukchon Hanok Village dimana kami sempat berfoto dengan hanbok. Di area Dongdaemun kami melihat Cheonggyecheon Stream dan belanja di Doota Plaza.

Saya bagi ceritanya menjadi 4 bagian:

  1. Gyengbokgung Palace
  2. Bukchon Hanok Village
  3. Berfoto dengan pakaian tradisional Korea (hanbok)
  4. Cheonggyecheon Stream

1. Gyengbokgung Palace

Buat pecinta drama korea Jewel in the Palace dan Princess Hours, berkunjung ke tempat ini mungkin membuat Anda merasa ada di dalam drama tersebut. Istana ini bisa dicapai dengan subway. Ambil jalur Line 3, turun di stasiun Gyeongbokgung. Dari stasiun ini tinggal jalan kaki ke istana ini.

Biaya masuk ke area istana adalah 3000 won

Berikut  ini beberapa jepretan saya:

Tips ketika berkunjung ke sini:

  • Ketika berencana ke sini, sebelumnya cek apakah istananya sedang buka atau tidak. Kali pertama kami ke sana istananya sedang tutup. Kali kedua baru beruntung 🙂
  • Setelah pintu gerbang, sebelum pemeriksaan tiket, di seberang area pembelian tiket ada tempat untuk mencoba seragam prajurit secara gratis. Tidak ada salahnya mencoba 🙂
  • Istananya luas sekali, pastikan kaki Anda dalam kondisi fit 😉

2. Bukchon Hanok Village

Hanok Village, adalah daerah dengan rumah-rumah asli Korea. Salah satunya ada di Bukchon sehingga namanya Bukchon Hanok Village. Waktu itu kami keluar dari pintu/gate belakang istana Gyengbokgung, kemudian berjalan kaki ke Bukchon Hanok Village.

Berikut ini foto-fotonya:

Salut ya dengan orang Korea, mereka masih mempertahankan rumah-rumah tradisional. Bagaimana dengan Indonesia?

3. Berfoto dengan pakaian tradisional Korea (Hanbok)

Ini adalah salah satu obsesi saya dan teman-teman, ingin berfoto dengan hanbok!

Sebenarnya ada banyak tempat berfoto menggunakan hanbok, tapi kebanyakan berbayar. Di Insa-dong rata-rata mengenakan tarif 25.000 won (sekitar IDR 300 rb). Mahal sekali! Oleh karena itu kami berusaha mencari info dimana bisa memakai hanbok secara gratis.

  • Ada blog teman yang mengatakan bahwa jika berjunjung ke Gyeongbokgung Palace, bisa menggunakan hanbok secara gratis. Namun ketika kami ke sana, petugasnya mengatakan tidak ada lagi layanan tersebut. Di sini hanya tersedia kostum prajurit.
  • Ketika kami tanyakan ke petugas informasi turis di kawasan Bukchon, mereka mengkonfirmasi bahwa tidak ada yang gratis, namun mereka memberi tahu dimana kami bisa berfoto dengan biaya relatif murah, yaitu 8000 won, yaitu di Hanok Homestay Information Center, masih di area Buchon. Tempatnya agak masuk gang, tapi dengan petunjuk jelas dari petugas tersebut, kami berhasil menemukan tempatnya dan sukses berfoto menggunakan hanbok. Horeee! Maaf ya fotonya untuk konsumsi pribadi 😉
  • Sesampainya di Jakarta, saya cari tahu lagi apakah ada tempat gratis atau tidak. Ternyata ada … di Myeongdong. Informasi lengkap ada di sini. So next time, risetnya yang komplit ya sebelum berangkat 😉

Berikut foto-foto menuju Hanok Homestay Information Center:

4. Cheonggyecheon Stream

Ini adalah sebuah sungai (kali?) di tengah kota yang ditata sedemikian rupa sehingga bersih, cantik dan nyaman untuk tempat duduk-duduk dan beristirahat. Gratis!

Berikut ini foto-fotonya:

Info lengkap tentang stream ini bisa di baca di sini. Mari bermimpi suatu hari Sungai Ciliwung di Jakarta akan menjadi sebersih dan seindah ini.

Demikian, cerita jalan-jalannya 🙂

 

Advertisements

2 thoughts on “Korea Trip: Jalan-jalan di Seoul

  1. Pingback: Korea Trip: Biaya Perjalanan | Cerita untuk Sahabat

  2. Pingback: Korea Trip: Catatan Perjalanan | Cerita untuk Sahabat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s