Korea Trip: Catatan Perjalanan

Dear Sahabat,

Berikut ini kronologis perjalanan 5 hari 4 malam di Seoul, Korea Selatan. Kami ke sana pas summer, jadi siangnya panjang. Subuh sekitar jam 4 pagi dan Magrib sekitar jam 20:00 malam.

Hari Pertama

7:00 – 9:00 Sampai di Incheon Internasional Airport, melewati imigrasi dan ambil bagasi. Duduk-duduk di area kedatangan, sarapan pagi dan beli T-Money Card di Sevel Bandara. Sekalian cari info dimana beli tiket bus bandara atau taxi

9:00 – 11:00 Naik Limousine Bus ke Seoul sampai bus stop Cheongnyangni Station. Kemudian naik taxi ke hotel.

11:00 – 13:00 Check-in di hotel. Alhamdulillah, walau sebenarnya waktu check-in adalah mulai jam 14:00, pihak hotel mengijinkan kami masuk kamar. Beres-beres isi koper, mandi, solat dan makan siang. Acara seminar baru dimulai besok dengan jadwal registrasinya sore nanti jam 18:30

13:00 – 18:00 Ke Gyengbokgung Palace, sayang lagi tutup. Kami akhirnya cuma foto-foto di depan gerbangnya. Kami kemudian jalan kaki ke Insa-dong untuk berburu oleh-oleh. Cerita lengkap tentang beli oleh-oleh ada di sini.

18:00 – 20:00 Ke acara Registrasi Seminar, sempat nyasar naik bus hehe.

Hari Kedua

Full acara seminar dari jam 9:00 – 20:00. Acara ditutup dengan makan malam sambil melihat pertunjukan musik dan taekwondo. Sepulang dari acara ini kami masih sempat ke Lotte Mart di Cheongnyangni Station. Teman saya ada yang beli teh ginseng dll di sana. Berikut pemandangan di Lotte Mart, sama aja sih dengan mall yang ada di Jakarta.

Hari Ketiga

Full acara seminar dari jam 9:00 – 21:00.  Pas break makan siang, kami sempatkan ke Doota Plaza di Dongdaemun, trus balik lagi ke seminar. Acara ditutup dengan makan malam di atas boat di Hangang River.

Hari Keempat

Acara seminar dari jam 8:00 – 14:00. Acaranya selesai dengan ditutup makan siang di sebuah restoran korea 🙂

14:00 – 20:00 Kembali ke Gyengbokgung Palace, kemudian ke Bukchon Hanok Village, tidak lupa berfoto menggunakan kostum Hanbok. Cerita lengkap jalan-jalan ada di sini.

Hari Kelima

Kembali ke Tanah Air. Dari pagi jam 8:30 kami sudah berangkat ke Incheon Airport. Sengaja berangkat lebih cepat agar punya banyak waktu jalan-jalan di bandara terbaik di dunia tersebut. Sempat berfoto dengan pawai kerajaan. Cerita lengkap tentang bandara ini ada di sini.

SELESAI 🙂

Kesan-kesan saya selama di Seoul:

• Seoul kota yang bersih dan tertib, patut dicontoh oleh Jakarta
  • Harga barang dan akomodasi di Seoul lebih mahal dibanding Singapura, apalagi Jakarta
  • Seoul memperlihatkan bagaimana Korea sangat menghargai tradisi dan budayanya. Hal yang sulit ditemui di Indonesia? Singkatnya, mereka sangat bangga dengan bangsa dan produknya sendiri. Mobil-mobil yang berseliweran di jalanan sebagian besar produk Korea seperti KIA dan Hyundai.
  • Secara umum orang Seoul lebih ramah dari orang Hong Kong atau Singapura

Kesimpulan: Saya jatuh cinta dengan Korea. Semoga bisa kembali ke sana. Aamiin.