Advertisements
RSS

Korea Trip: Public Transport di Seoul

03 Jun

Kali ini saya akan mengulas tentang public transport di Seoul. Pertama datang, saya menggunakan Limousine Bus dari bandara Incheon ke Seoul. Di Seoul saya lebih sering menggunakan subway (kereta). Hanya sesekali naik bus jika memang lokasi yang dituju jauh dari stasiun subway dan juga sesekali naik taxi jika sudah hampir terlambat ke tempat acara.

1. Bus Bandara: Limousine Bus

Dari Incheon ke Seoul bisa naik subway, bus atau taxi. Berhubung koper kami berat, maka kami memutuskan tidak naik subway (kereta). Pilihannya sekarang ada 2, bus bandara atau taxi.

  • Limousine Bus: biayanya 10.000 won (sekitar 115 rb) per orang. Kami berempat jadi totalnya sekitar 460 rb.
  • Taxi ke Dong Daemun (daerah hotel kami) biayanya 80.000 won (sekitar 900 rb). Muahal banget.

Akhirnya diputuskan naik Limousine Bus. Berikut ini penampakan dari halte dan busnya.

Lama perjalanan naik bus ini sekitar 1.5 jam dari Incheon ke Cheongnyangni Station.

Dibanding Bus Damri Jakarta memang beda jauh harganya. Bus DAMRI CGK-Pasar Minggu cuma Rp30.000. Tapi busnya memang jauh lebih bagus.

2. Bus Kota

Seperti halnya di Singapura, bus kota di Seoul hanya berhenti di halte tertentu. Kita bisa membayar dengan T-Money atau cash. Untuk hal ini tidak ada yang berbeda dengan Singapura. Naaah, tapi ada yang membuat saya tercengang di sini, orang Korea ternyata mengantri untuk naik bus. Luar biasa tertib bukan?

3. Subway

Hampir sama juga dengan MRT di Singapura. Bedanya line-nya lebih banyak, yaitu ada 13 lines. Pemandangan di stasiun juga hampir sama. Yang unik dari Korea adalah, ada musiknya ketika ada kereta yang akan datang. Ada 2 musik yang berbeda untuk membedakan kereta datang dari arah mana. Untuk mendengarkan musik tersebut bisa dicek di sini. Ada juga musik lainnya. Lebih rinci tentang subway bisa dibaca di sini. Video ini menggambarkan suasana subway di Seoul berikut musiknya 🙂 Pengalaman yang sangat berkesan naik subway di Seoul 🙂

Di stasiun subway petunjuk jalan juga sangat jelas, sehingga tidak perlu khawatir akan nyasar. Ada peta yang menunjukkan kita sedang dimana, dan berbagai petunjuk arah yang sangat rinci.

4. Taxi

Nah, ini moda transportasi yang paling mahal. Buka pintunya saja 3000 won (sekitar 35 ribu).

Suasana di Dalam Taxi

Suasana di Dalam Taxi

Demikian cerita tentang public transport di Seoul. Saya sih paling suka naik subway, di samping paling murah dan paling cepat (tidak terpengaruh kemacetan), juga kita bisa mengamati banyak orang 😉 Melihat gaya berpakaian kawula muda, orang tua dan juga kakek dan nenek. Banyak lo kakek nenek yang naik kereta, dengan penampilan yang rapi dan perlente. Orang Seoul sepertinya sangat memperhatikan penampilan 🙂

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on June 3, 2014 in Korea Selatan

 

Tags: , , ,

One response to “Korea Trip: Public Transport di Seoul

  1. Elvan Oktarikhi Syafutra

    March 20, 2016 at 12:03 am

    Saya mau nanya kalau biaya transportasi dari kota seoul ke incheon airport berapa ya? dan memakan waktu berapa lama, terima kasih sebelumnya

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: