Pengalaman Kurang Menyenangkan Bertransaksi di Dunkin’ Donuts

Dear Sahabat,

Semua tentu tahu donat merek Dunkin’ Donuts (DD). Merk ini sangat terkenal dan di keluarga saya bahkan dianggap oleh-oleh wajib dari Jakarta. Kali ini saya akan cerita tentang pengalaman kurang menyenangkan bertransaksi di sebuah toko DD yang ada di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Ceritanya saya bermaksud menitip oleh-oleh untuk keponakan di kampung lewat ortu saya yang mau pulang ke Sumatera. Saya ingin beli DD 2 lusin, seinget saya dulu harga 1 lusin tidak sampai 100 rb, jadi dengan budget 200 rb saya akan bisa mendapatkan 2 lusin DD. Nah, saya pun mampir ke counter DD di Terminal I B Soekarno Hatta, Jakarta. Saya langsung bertanya ke salesnya berapa harga 1 lusin donat. Dijawab “145 rb”. Waaah mahal banget! Saya hitung-hitung 1 buah donat berarti harganya 12 rb-an? Saya jadi bingung dan galau, jadi mau beli 2 lusin atau tidak. Saya akhirnya putuskan beli 1 lusin saja.

Saking setengah gak percaya campur gak rela beli donat semahal itu, saya sampai gak ada minat untuk pilih-pilih donat. Saya minta staf DD aja yang pilihkan. Nah setelah dia selesai memasukkan donat ke kotak, saya lihat staf DD itu memasukkan 4 buah roti dibungkus plastik ke kantong belanjaan saya. Saya heran, namun jadi ingat bahwa dulu juga pernah mengalami hal ini dan saya menganggapnya bonus. Jadi saya tidak bertanya atau pun protes. Yah, kalau dipikir lumayan juga ada bonus 4 roti jadi saya gak rugi-rugi amat bayar 145 rb. Hitungan saya, 1 donat jadi 10 rb harganya (total 120 rb), ditambah 4 roti @5 rb-an. Saya pun kemudian membayar dan pergi dari counter DD tersebut.

Sesampainya di tempat ortu saya menunggu, saya jelaskan bahwa saya mohon maaf tidak jadi beli 2 lusin donat karena harganya mahal sekali. Orang tua saya bisa memakluminya dan gak habis pikir juga dengan harganya. Oleh karena saya agak lapar, kemudian saya minta 1 dari 4 roti yang dibungkus plastik DD tersebut. Ya ampun, cuma roti isi abon yang biasa ada di toko roti. Paling harganya Rp 3000. Tapi karena berpikir ini roti bonus ya sudahlah.

Singkat cerita orang tua saya pun masuk ke dalam bandara untuk check-in dan saya pun pulang ke rumah. Masih penasaran dengan harga donat DD, saya pun googling untuk mencari tahu harganya. Di counter DD tadi saya tidak sempat memperhatikan daftar harga yang dipampang. Ingin tahu juga apakah harga DD di bandara beda dengan di tempat lain. Struk pembelian sayangnya hilang entah kemana. Saya sudah ngulik-ngulik website DD tapi tidak menemukan info yang saya cari. Mereka tidak mencantumkan harga barang, cuma gambar makanan saja 😦

Saya kemudian membuka link lain yang ditawarkan Google. Mengejutkan sekali, saya menemukan beberapa keluhan konsumen ketika bertransaksi di toko DD. Berikut ini cerita pengalaman kurang menyenangkan orang lain tentang DD:

  1. Juli 2010 di Terminal 1A Sukarno-Hatta  
  2. Oktober 2011 di DD Mall Citraland
  3. Desember 2013 di Lippo Supermall Karawaci

Menurut sumber-sumber yang saya baca tersebut, ternyata staf DD bersikap seolah-olah konsumen mendapatkan bonus roti, padahal sebenarnya tidak. Hal ini terlihat dari entry pada struk belanja dimana entry untuk donat dan roti tambahan tersebut terpisah, dengan harga masing-masing. Banyak konsumen yang tidak memperhatikan struk seperti saya sehingga selama ini berasumsi roti-roti tersebut adalah bonus, padahal bukan.

Kesimpulan:

Sebagai pembeli kita harus hati-hati ketika bertransaksi. Sebelum membayar tidak ada salahnya konfirmasi dulu harga setiap barang yang dimasukkan ke kantong belanja kita. Jika ada yang tidak kita pesan namun dimasukkan, harusnya bertanya barang tersebut gratis atau tidak? Kalau gengsi bertanya, seperti pengalaman saya inilah akibatnya. Sikap konsumen yang “gengsian” inilah yang digunakan pihak marketing untuk mengambil keuntungan.

Ibarat kata pepatah, “Malu Bertanya Sesat di Jalan”, pada kasus ini “Gengsi Bertanya Uang Melayang” 😀

Demikian, semoga bermanfaat.

Update Des 2014: Dua minggu yang lalu saya mengantar sodara lagi ke Terminal I B Sukarno Hatta. Sebelumnya saya sudah belikan donat JCo sebagai oleh-oleh untuk dibawa saudara saya tersebut, 2 lusin cuma 108 rb ! Saya iseng ‘main’ ke toko DD Terminal I B, dan bertanya berapa harga 1 lusin donat. Jawabnya? 153 rb selusin 😀 OMG, ternyata masih belum berubah 😛

Update Juli 2015: Harga DD 1 lusin di Terminal II CGK ternyata hanya 91 ribu. Ceritanya ada di sini.

Advertisements

42 thoughts on “Pengalaman Kurang Menyenangkan Bertransaksi di Dunkin’ Donuts

    1. shizuka

      Dari link yang saya share kejadian “pura-pura” ngasi bonus roti ini gak cuma terjadi di bandara, tapi juga di outlet DD lainnya. Jadi poin-nya di sini adalah cara marketing yang kurang jujur, masalah harga masalah kedua.

  1. Wajar di bandara hrg DD mahal. Sewa dan operasional sangat tinggi. DD barang konsumsi, bila tdk ikhlas tak usah belanja. Beli roti warung aja 2 ribu. Jangan gaya gengsi, tetapi menggerutu sebuah dounat DD.

    1. shizuka

      Karyawan DD ya Mas/Mbak? 😉 Kenapa emosi sekali menanggapi pengalaman saya.
      Komentar Anda tetap saya “approve” untuk menjadi contoh komentar yang kurang sopan.

  2. chiaroscuro

    Setahu saya harga 1 donat reguler 8rb, mestinya 1 lusin jadinya paling 96rb :O berarti dari awal udah ga jujur ngasih info harganya 😦

  3. Para karyawan DD sengaja mengambil keuntungan dengan bertindak tidak jujur. Saya pernah membeli tambahan satu botol air mineral dengan harga Rp 16.000. Saya curiga karena harga tersebut sangat tidak wajar untuk satu botol air mineral ukuran 600 ml. Ditambah lagi, saya tidak mendapat struk pembayaran. Dunkin Donuts Bandar Lampung.

    1. debora

      Sy jg pernah dimodusin DD di RS Harapan Kita.. Smnjk itu ga prnh mau lg beli DD dimanapun,mndg Jco aja lah.. Berbisnis dgn cara tdk jujur ga bakal berkah tuh hasilnya.. Sistem marketingnya sama aja penipuan.

  4. Nuryanah Amin

    Nga semua outlet DD begitu ko.. still be positif lah.. klo soal rasa menurut saya DD jauh lebih enak ketimbang semua brand donat yang ada.. note : setiap yg pro sama DD belum tentu karyawan DD loh artinya setiap orang punya opini dan pengalaman masing-masing.. 🙂

  5. mami abiia

    Kejadian yg sama sering tuh saya alami..dan karena emang hobi ama DD tetep dibeli..lama lama pelajarin struk n kalo masuk DD lihatlah ke harga menu 1 lusin DD nahhhh kalo dikasih harga beda sm di harga menu complain kalo ga mau dikasih bonus roti..jadi kasih harga sesuai menu aja gausahlah pake bonus bonus segala …paling isiya cuma muffin ato roti tawar doang. akhirnya dengan berat hati tu pelayan DD kasih aku sesuai menu..mungkin ini strategi market dari DD buat naikin omsetnya..tapi jadi ngebohongin customer juga…jadi intinya mata harus lebih teliti liat papan menu yaah

  6. santo

    Emang sharusnya 1 lusin DD tuh berapaduit sih ? Kayaknya aku kena harga beda2 deh
    Di tiap cabang ? DD managementnya paling buruk se indo, sayang, padahalenak donatnya

  7. strategi pemasaran kadang condong kepada penipuan konsumen, saya juga pernah merasakan beli 6 dd gratis 6 dd,,tapi ternyata kita gak dikasih kesempatan untuk tau lebih dulu isi donatnya,,,kayak beli kucing dalam karung kan.sebagai konsumen harus bersikap bijak dan berani protes disaan penjual berbuar curang.

    1. kalau promonya bener kok rey,, udah beli 1 lusin gratis 1 lusin.

      mungkin oknum ya yang nipu itu,, setiap gerai mungkin beda2.. tetep kritis aja. cek struk. sempet juga mikir kayaknya bukan cuma DD aja tapi makanan cepat saji yg menyediakan ayam n burger sejenisnya juga “mencurigakan” lho…

  8. ninik reza

    jco di rest area km 72 tol purbaleunyi juga suka nipu. bbrp kali sy beli kopi, ukuran besar , tapi krk selalu memberi gelas ukuran kecil, setelah protes baru diganti dengan ukuran sedang. padahal harusnya ukuran besar. itupun hanya dengan menambahkan es batu. kalau hanya terjadi sekali mungkin akibat tidak sengaja, akan tetap ini beberapa kali,,,,

  9. Empot2cihuy

    Sama saya juga kecewa dg ke tidak transparan y pihak pelayanan “Dunkin Donuts”kemarin tgl 29 -06-2015 saya membeli 1 donut mini seharga 8000 rb,1 ice choc milk 26.000 rb(bila d belikan susu milo renceng sudah dapat seabrek,padahal sama juga),& 10 pcs munchkins (padahal mau y hanya beli 6 saja,tp kata yg jaga outtlet hrs 10*maksa bgt z😅)dg harga 20.000 rb.
    Mulai dari situ saya udah agak ngerasa ada yg g’ beres dg pelayanan pd saat itu krn yg jg spt saling memberi kode untuk membohongi saya sbg konsumen,dan saya kaget saat saya akan membayar,cashier y mulai menghitung tp pd layar mesin cashier yg menghadap pd konsumen tdk muncul angka2 harga yg d ketik(aneh bgt kan,kok za segitu y cara membohongi konsumen di bulan puasa pula😱😱😱😱😢😢😢😢),karna tdk terlihat angka nominal y saya berta y “berapa mas semua?”
    Dan penjaga cashier y bilang “smua habis 54.000rb”
    OMG😱😱😱😱😱
    Karna saya penasaran dg harga y saya minta struk y dan dg kelabaan penjaga cashier y bingung mencet2 mesin cashier y untuk memberikan print out y,lahhhh trus td mencet2 apa pikir quw dlm hati sambil pgn ketawa juga kecewa bgt liat expresi cashier y yg terlihat bingung & kaget
    Baru nyadar saat saya liat harga y d dalam mobil waktu perjalanan pulang ternyata pd struk y tertulis saya membeli paket ramadan HMT 2 dg Iced tea & cup dome padahal saya g’ menerima barang itu,dan total y jd 55.000 rb bukan 54.000 rb spt yg d bilang mas cashier y
    Hadeeeeeeeeh parah banget sih mas chasier y yg bernama “EDWAL dus bangkit dwi”😂😂😂😂😂
    Lain kali yg jujur za mas biar berkah kerja y,mas kan udah d gaji,harus y mas bs melayani pembeli dg segenap hati & tdk membuat kapok para pembeli untuk mampir ke outlet “DUNKIN DONUTS” lg.
    Iklas sih iklas tp kapok bwt beli d outlet
    dunkin donut lg😜

  10. Pingback: Harga Dunkin Donut di Terminal II Bandara Soekarno Hatta | Cerita untuk Sahabat

  11. shizuka

    Info tambahan: Di Terminal IIF Soekarno Hatta, outlet DD-nya tidak macam-macam. Satu lusin 90 rb, plus pajak jadi 91 rb. Tidak ada tipu-tipu roti bonus.

  12. Baru tahu ada case seperti ini. Dulu sebelum ada DD di Banjarmasin selalu beli DD di mall di Jakarta, Surabaya atau Yogyakarta,jadi gak kena jebakan seperti cerita di atas. Apa ga tahu franchisee DD di Indonesia?apalagi mrk sudah ada franchise nya di Indonesia sejak tahun 80-an.

  13. ruli

    kejadian waktu kemarin hr Minggu 13 Sept, beli DD di giant Taman Yasmin Bogor tadinya cuma mau beli 3 trus pelayannya bilang beli 5 aj bu nanti dpt bonus 1, y sudah ahirnya beli 1/2 lusin tambah orange juice 1 gelas totalnya 73rb sy kasi 100rb dan dapat kembalian 20rb 1 lembar 2rb 1 lembar koin 500an 8buah dan koin 200an 2 buah total 26.400, tanpa struk, biasanya setelah bungkus sy lgsg plg tp kebetulan anak2 pgn makan dst y sdh sy duduk dl dst
    sy perhatikan ko yg lain belanja ada struknya, y sdh sy balik lg k kasir menanyakan “g da struknya ini mba” eh dia lgsg bilang “kembalian ibu kurang 10rb” katanya dgn nada yg biasa aj tanpa beban, sy kembalikan uang kembalian sy dan ternyata kembalian sy kurang 10.600, pantesan tiap beli DD ko mahal amat y pasti 1/2 lusin tuh diatas 60rb pdhl d daftar harganya 1/2 lusin 45rb pengennya sih sy damprat tuh kasir biar kapok tp y sudahlah setidaknya ini menjadi pengalaman buat sy tiap beli apapun jg hrs minta struk pembelian.

  14. puspita

    Yap. Gue mau curhat, baru aja hari ini tgl 13-11-2015 gw beli DD di daerah bogor samping pertamina pojok rs. Marzoeki mahdi. awalnya emang gw pingin makan donat, Pas jalan2 ngeliat DD di samping pertamina, gw mengkol lah sama kawan gue. Dlm hati gw mikir, ini tempat sepi banget yaa,, lanjuuttt.. gw sama kawan gw masuk milih donat, gw ambil 2 + 1 ice chocomilk kawan gw ambil 1,, pas di total harganya 53000 padahal cuma beli 3 biji + 1 minum, busheeetttt dahhh ini toko pantes sepi (pikir gw gitu).. karna keburu2 gw lansung cuss, pas dijalan gw pikir2, dulu gw beli DD di lampung harga 1 8rb itu aja dpt diskon kalo beli 1 lusin, (berhubung gw orang lampung, baru beberapa bulan dibogor, gw bepikiran posotif aja, kalik beda lampung sama bogor), nyampe asrama gw baru sadar kalo di uang kembalian tadi ga ada struck nya, gw langsung scrh internet harga DD, bener kata gw harga nya 8rb.. dah loh GUE KENA KIBUL SAMA DUNKIN DONUTS 😠😡😱👿

    1. via

      Yahhhh ms siii sprti itu DD,, soal’a klo beli cuek gk pernh liat” struk dfkr percaya aj. Mana bsok ad rencana mw beli DD bwt bawaan maen krmh tmn

  15. Black

    Tadi tanggal 2 januari 2016 gw mampir DD di cibinong city mall. Gw juga kena tipu, gw pesen 2 donat n 1 croissent daging. Gw cukup kaget kudu bayar 38 ribu coz yg gw tau harga satu bijinya 8 rb. Croissentnya kayaknya sengaja di taruh tanpa harga biar orang beranggapan harganya sama padahal harganya19 ribu. Tp tetep aja mahal tuh croissent dibandingkan di breadtalk aja cuma gak smp 10 rb. Truz jgn pernah beli air mineral di DD gila mahal bngt air mineral 600 ml 18 rb. Coba bandingkan ma tempat makan dari amerika juga yg namanya air mineral kagak ada yg semahal itu

  16. sya

    Tolong jangan berfikir….semua anak dunkin donut’s itu negatif….. Ga semuanya memiliki sifat yang sama…. Kalau untuk tahun 201d..DD harganya 82.000…

  17. Eka

    saya tadi baru aja ke dunking donuts, saya mau beli 10, terus pas dikasir, dia bilang “silahkan ambil bonus 3 donut lagi ” pas dicek distruck belanjaan ternyata yg dihitung 12 dan 1 nya itu yg bener2 bonusnya, haha

  18. Kanaya

    J Co juga sekarang melakukan hal yg sama.. Saya mengalaminya di JCo botani square, ketika mw beli donutnya aja selusin “dpaksa” membeli croissant dengan alasan paket dari sananya.. Di JCo lippo plaza Bogor pun sama ketika mw membeli ice Choco “dipaksa” membeli berikut tart atau roti sandwich dengan alasan sama..

  19. Yerti

    Saya sering beli DD tp g pernah ada kejadian seperti itu.. Ditempat manapun harga DD sama.. Tp klo minuman memang mahal. Jd harus teliti sebelum membeli. Saran saya klo pgn beli DD tanya dulu harga satuannya berapa? Trs lg ada program apa? Yg sering terjadi itu para pembeli merasa takut atau gengsi untuk bertanya jd banyak yg salah paham. Maaf klo komentar saya berbeda.

  20. Bagas Wibowo

    Wajar sekali anda beli DD di bandara sekelas soeta karna pajak nya pun sangat mahal. Pernah suatu ketika saya hanya membeli air mineral dengan ukuran kecil di bandara tersebut seharga 10rb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s