Kriteria Rumah Second yang “Menarik” bagi Bank

Dear Sahabat,

Dari pengalaman membeli rumah second lewat KPR, berikut ini kriteria sebagian besar bank  untuk rumah yang akan dibiayai.

Kriteria umum/legal:

  1. Ada sertifikat (SHM/GB)
  2. Ada IMB
  3. Ada bukti pembayaran PBB (ada yang minta setahun terakhir, ada juga tiga tahun terakhir)

Kriteria khusus:

  1. Bebas banjir
  2. Jalan di depan rumah min 4 meter/lewat 2 mobil
  3. Jauh dari kuburan
  4. Jauh dari SUTET
  5. Layak Huni

Bisa dimengerti sih. Rumah yang akan kita beli lewat KPR kan akan dijadikan agunan oleh bank. In case kita gagal bayar, rumahnya akan dijual oleh bank. Nah, si bank tentunya gak mau jika nanti jualnya susah dan lama. Bank hanya berminat untuk agunan yang gampang dijual. Syarat-syarat di atas adalah untuk memastikan rumah kita nantinya gampang dijual.

Ada lagi nih sebuah persyaratan yang saya lupa bank mana yang menyebutkannya: jauh dari tempat ibadah. Mungkin maksudnya agar tidak memperkecil jumlah peminat yang akan membeli agunan seandainya gagal bayar. Misal nih, rumahnya di sebelah mesjid, biasanya calon pembeli nonmuslim tidak tertarik membeli. Walaupun tidak menutup kemungkinan, justru calon pembeli muslim yang taat akan menganggapnya sebagai nilai plus.

Jadi, sebelum membeli rumah, mohon diperhatikan persyaratan di atas ya Sahabat. Walaupun belinya cash, Anda juga harus berpikir, mungkin saja suatu waktu perlu menjual rumah. Seandainya rumah Anda tidak memenuhi syarat-syarat di atas, bisa berakibat orang yang minat beli tidak bisa membeli lewat KPR. Akibatnya potential buyers-nya makin dikit. Jika makin dikit yang bisa beli, harganya juga akhirnya terpaksa tidak bisa bagus.

Kesimpulan

  • Jika Anda adalah calon penjual rumah, silakan dinilai kriteria mana yang sudah dan belum dipenuhi. Kalau rumah Anda berlokasi di kampung dan belum punya sertifikat atau IMB, monggo segera diurus. Kalau rumah Anda ternyata berada di gang, Anda bisa menyadari bahwa akan sulit bagi Anda menjual rumah tersebut ke pembeli yang mengandalkan KPR. Carilah pembeli yang mau membayar tunai. Sulit? Tentu saja. Terpaksa nurunin harga pastinya.
  • Jika Anda adalah calon pembeli rumah dan akan membeli dengan cara KPR, silakan diperiksa apakah calon rumah impian Anda mempunyai kriteria di atas.

Demikian, semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

5 thoughts on “Kriteria Rumah Second yang “Menarik” bagi Bank

  1. Pingback: Pengalaman Mengajukan KPR untuk Rumah Second | Cerita untuk Sahabat

  2. Pingback: Pengalaman Menjual Rumah Secara Tunai | Cerita untuk Sahabat

    1. shizuka

      Mohon maaf baru merespon, Pak Abdullah.
      Dari pengalaman saya berurusan dengan bank BTN, BCA dan BSM, demikianlah syarat yang mereka sebutkan. Mungkin bank lain ada yang beda.

  3. Pingback: Besaran Uang Tanda Jadi dan DP untuk KPR Rumah Second – Cerita untuk Sahabat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s