Advertisements
RSS

Jalan-jalan ke Singapura Juni 2013 (Bag 1)

14 Jun

Ini untuk ketiga kalinya saya berkunjung ke Singapura. Pada kesempatan ketiga ini saya berlibur bersama teman lama (reuni) selama 3 hari 2 malam. Teman saya baru kali ini ke Singapore, jadi saya berperan sebagai tour guide juga 🙂

Biaya total perjalanan kali ini adalah IDR4jt. Dengan rincian:

• 1.5 jt  untuk tiket pesawat AirAsia PP Jakarta – Singapore, termasuk airport tax dari Cengkareng sebesar 150rb.
  • 800rb untuk hotel 2 malam di Fragrance Hotel Oasis di Jalan Balestier (Aslinya 1.6 jt untuk 2 malam, tapi di-share berdua teman, jadinya kena 800rb). Saya membeli voucer hotel lewat Agoda.
  • 650rb untuk biaya perubahan tiket pesawat dan cancellation fee hotel terkait perubahan waktu berangkat. Ini adalah komponen biaya yang seharusnya tidak ada dan merupakan resiko perjalanan. Tentang biaya perubahan tiket pesawat pernah saya ceritakan di sini. Tentang potensi resiko perubahan rencana perjalanan saya tulis di sini.
  • 1 juta untuk biaya wisata, makan-makan, transportasi, belanja dll

Jadi tanpa biaya perubahan tiket dan hotel, saya hanya akan mengeluarkan biaya sekitar 3.4 jt.

Berikut ini adalah catatan perjalanan kami.

Hari Pertama

Kami sampai di Changi sekitar jam 20-an waktu Singapura. Setelah melewati imigrasi, langsung ke Stasiun MRT Changi. Di Stasiun Changi, saya melakukan top-up untuk kartu Ez-link Card saya sebanyak SGD20 (ternyata kebanyakan, harusnya SGD10 saja). Teman saya karena belum punya kartu, membeli kartu baru seharga SGD12 (deposit 5, dan nilai kartu 7).

Oleh karena sudah malam, dari Changi kami langsung ke hotel dan akan mulai berwisata keesokan hari. Jadi hari pertama ini sebenarnya belum dihitung jalan-jalan ya. Kami naik MRT ke arah Joo Koon dan turun di Stasiun MRT Lavender. Dari sini kami naik bus ke hotel. Hotel kami letaknya di sebelah bus stop, jadi mudah sekali dan aman walaupun kami sampainya sudah malam.

Hari Kedua

Agenda utama hari kedua ini adalah mencoba naik bus hop on hop off untuk keliling Singapore, naik Singapore River Cruise, ke Merlion Park dan ke Orchard Road. Berikut ini detailnya:

• Naik bus ke Bugis Junction dan sarapan di Tong Seng Coffee Shop.  Saya makan Steamed Chicken Rice seharga SGD3.5 + minum teh SGD 0.9. Total SGD4.4 (sekitar 35rb)

Tong Seng Coffee Shop ini direkomendasikan oleh sebuah buku karena mempunyai sertifikat halal, harganya lumayan murah (untuk ukuran Singapura tentunya) dan rasanya lumayan enak.

Tong Seng Coffee Shop

Menu Sarapan Pagi

• Dari sana jalan kaki ke Suntec City untuk mencari loket penjualan tiket Bus Hippo, City Sightseeing Singapore. Kami membeli tiket tour 2 hari dengan biaya SGD43 dengan bonus tiket Singapore River Cruise. Cerita lebih lengkap tentang bus ini bisa dibaca di sini.

Saya tidak merekomendasikan membeli tiket tour ini untuk Anda yang sudah familiar dengan MRT dan bus di Singapura.

• Keliling satu putaran dengan Red Bus (sekitar 1 jam), menjelang sampai kembali di Suntec, yaitu di Marina Bay Sand (MBS), kami turun dan keliling mall. Yang istimewa dari mall ini adalah didalamnya ada ‘sungai’ dimana pengunjung bisa bersampan ria. Dari MBS kita juga bisa memandang ke arah Merlion Park di seberang sana. Tempat yang bagus untuk foto-foto.
20130608_110635

Perhatikan bahwa dari halaman MBS ini terlihat di seberang ada Esplanade (paling kanan), kemudian Merlion Park (tengah agak ke kiri) dan Fullerton Hotel (paling kiri)

Sebenarnya dari MBS ini tinggal jalan kaki ke Garden By The Bay. Namun sayang, saya lupa mencari tahu pas di sana, baru ingat setelah sampai hotel.

• Kembali lagi ke Suntec City dengan Red Bus. Sempat ketinggalan bus Hippo dan harus menunggu bus selanjutnya 30 menit 😦
  • Keliling satu putaran dengan Bus Rute Sentosa, tidak turun sama sekali. Ini benar-benar tujuannya cuma ngabisin jatah tiket plus istirahat, karena tadi capek keliling MBS.
  • Keliling dengan Yellow Bus, yang melewati kota. Setelah melintasi Singapore Botanical Garden, kami turun di Orchard, dekat Lucky Plaza. Kami selanjutnya makan siang di Lucky Plaza, yaitu di Ayam Penyet Ria. Saya pernah makan di sini pada saat pertama kali ke Singapore. Harga makan di sini sekitar SGD10 (80rb).
  • Setelah makan, kami mencari Masjid Al Falah Orchard. Berbekal Gothere.sg, kami akhirnya sampai di mesjid tersebut, ternyata tidak begitu jauh dari Lucky Plaza.
  • Setelah shalat Zuhur-Ashar (dijamak), kami makan es krim Uncle yang terkenal di Orchard. Harganya cuma SGD1, dan enak 🙂 Banyak lo yang ngantri, saya bahkan sempat ngobrol sama ibu-ibu dari Palembang yang lagi ngantriin es krim untuk anaknya.
  • Setelah menghabiskan es kami berniat naik bus Hippo lagi ke Merlion Park. Mungkin karena kurang beruntung, pas kami menuju halte, dari kejauhan sebuah bus Hippo sudah bersiap berangkat. Kami ditinggal bus (lagi)*hiks* Setelah menunggu sekian lama akhirnya ada bus Hippo yang datang (Bus Original). Setelah naik, pak supir bertanya kami mau kemana. Pas kami bilang ingin ke Merlion Park, beliau berkata, jam operasinya sudah hampir habis. Bis ini merupakan bus terakhir dan dia cuma akan mengantar sampai Singapore Flier atau Suntec City. Akhirnya kami memutuskan untuk ikut sampai Suntec City saja.
  • Dari Suntec City kami naik taxi ke Merlion Park. Kena SGD5, untuk jarak yang hanya sekitar 1km 😛
  • Selama di Merlion Park, teman saya sibuk berfoto ria. Saya sudah pernah ke Merlion, jadi tidak begitu antusias berfoto, namun saya tentu saja tetap menikmati suasana menjelang malam yang sangat indah.
Semua turis mendadak narsis di Merlion Park ;-)

Semua turis mendadak narsis di Merlion Park 😉

Disarankan ke Merlion Park setelah jam 17:00. Jika siang, maka akan panas sekali dan membuat Anda tidak nyaman berlama-lama di sana. Jika sudah sore menjelang malam, akan lebih indah, karena lampu-lampu dari segala penjuru mulai menyala.

• Setelah puas berfoto, kami mengantri untuk naik Singapore River Cruise. Pagi tadi kami sudah membeli tiket bus Hippo yang sudah include tiket River Cruise. Ada kejadian memalukan di sini. Kami sudah lama mengantri (sekitar 20 menit) dan kami berada pada barisan paling depan. Ketika akan naik ke perahu, petugasnya menolak kami naik dengan alasan kami harus menukarkan tiket kami dulu dengan tiket River Cruise. Kami diberi tiket yang bentuknya seperti struk belanja oleh petugas Bus Hippo, dan mereka minta kami menukar tiket tersebut dengan tiket resmi River Cruise. Waduh, terpaksa kami balik ke loket dan menukar tiket. Dan apesnya, karena kami harus mengantri lagi dari belakang dan yang ngantri banyak sekali, akhirnya kami tidak kebagian tempat duduk di perahu. Kami diminta untuk menunggu perahu selanjutnya *hiks*
  • Naik River Cruise lagi sekitar 40 menit. Entah mengapa kesan kali ini tidak sehebat kali pertama naik kapal ini. Next time ke Singapura, saya mungkin tidak perlu mencoba tur ini lagi.
  • Sesampainya kembali di Merlion Park, kami langsung mencari halte bus untuk pulang ke hotel. Halte bus ada di seberang jalan sisi Merlion Park.

Demikianlah, sekitar jam 22:00 kami sudah sampai kembali di hotel. Oleh karena tadi makan siangnya sudah kesorean (jam 16-an) kami memutuskan tidak makan malam. Setelah shalat Magrib-Isya (dijamak) kami langsung istirahat, mempersiapkan tenaga untuk jalan-jalan besok. Cerita tentang hari ketiga bisa dibaca di sini.

Advertisements

1 Comment

Posted by on June 14, 2013 in Singapura

Tags: , , , , , , ,

One response to “Jalan-jalan ke Singapura Juni 2013 (Bag 1)