Itinerary Terlambat pada Pembelian Tiket Online Garuda Indonesia

Saya sudah sering membeli tiket pesawat secara online, seperti untuk maskapai AirAsia, Mandala, Lion Air, Batavia Air dll, termasuk juga Garuda. Sejauh ini tidak ada masalah. Setiap selesai melakukan pembayaran, tidak berapa lama ke alamat email kita akan dikirimkan file PDF berisi itinerary perjalanan.

Namun, Sabtu kemaren saya mengalami kejadian yang mengkhawatirkan dengan Garuda Indonesia. Saya membeli tiket dengan pembayaran menggunakan kartu kredit. Setelah melakukan pembayaran, sudah muncul konfirmasi bahwa pembelian sukses. Saya kemudian menunggu-nunggu itinerary Garuda masuk ke email saya. Sudah hampir sejam berlalu, saya mulai khawatir, jangan-jangan pesanan saya tidak tercatat dll.

Saya kemudian menghubungi Call Centre Garuda di 0804 1 807 807. Setelah memberi informasi kapan saya melakukan transaksi, asal dan tujuan penerbangan dan lain-lain, petugas memberi konfirmasi bahwa pemesanan sudah tercatat. Saya kemudian meminta kode booking-nya. Ketika saya tanyakan mengapa itinerary-nya tidak sampai ke email saya, petugas tersebut tidak bisa menjawab, katanya ditunggu saja. Ketika saya tanya kapan? Dia juga cuma bilang ditunggu. OK lah, yang penting saya sudah lega, pemesanan saya tidak bermasalah. Jika sampai Senin (hari kerja), itinerary tersebut tidak masuk ke email saya, saya berencana untuk mendatangi kantor penjualan Garuda untuk minta tiket tersebut.

Untuk memastikan kode booking yang diberikan petugas call centre tadi memang valid, saya kemudian mengakses menu “Status Reservasi” pada situs Garuda Indonesia. Setelah memasukkan kode booking, Alhamdulillah muncul keterangan pembelian tiket saya 🙂 Saya langsung mencetak halaman tersebut sebagai bukti jika di kemudian hari diperlukan.

Senin pagi jam 8:20 Alhamdulillah ada email dari Garuda berisi itinerary 🙂 Apakah mungkin pengiriman ini dilakukan secara manual sehingga harus menunggu hari kerja? Entahlah. Saya hanya berharap Garuda Indonesia lebih meningkatkan lagi kualitas sistem e-commerce-nya agar lebih reliable. Ini kan menyangkut uang, belum lagi harga tiket Garuda tentu tidak murah. Sudah seharusnya mereka investasi lebih banyak untuk mengurus sistemnya.

Sejauh ini saya menilai sistem e-commerce pembelian tiket pesawat terbaik adalah AirAsia. Informasinya superlengkap dan bisa diandalkan. Baru beberapa detik saja setelah kita membayar, sudah muncul itinerary di email kita. Sangat menenangkan 🙂

Kesimpulan:

  1. Jika Anda bertransaksi di situs Garuda dan tidak segera menerima itinerary di email Anda, segera telepon call center, jangan berasumsi semuanya akan baik-baik saja
  2. Pastikan mencatat kode booking yang diberikan call center
  3. Jika itinerary yang Anda tunggu tidak dikirim juga sampai hari kerja berikutnya, segera datangi kantor penjualan Garuda terdekat
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s