Persiapan Berlibur ke Singapura

Saya ingin share beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi sahabat yang baru pertama kali akan jalan-jalan ke Singapura.

1. Visa. Berlaku Visa On Arrival, jadi tidak perlu mengurus visa. Asalkan Anda sudah punya paspor, Anda sudah bisa berlibur ke Singapura.

2. Tiket Pesawat

Anda bisa memesan tiket pesawat 6 – 8 bulan sebelumnya untuk mendapatkan harga diskon, terutama dari AirAsia atau Tiger Airways. Jika Anda cukup beruntung Anda bisa mendapatkan tiket PP AirAsia hanya dengan Rp.681.000 😉

Namun perlu diingat bahwa membeli tiket budget airline ini ada resikonya, yaitu tiket tidak bisa di-cancel. Jika Anda tiba-tiba tidak bisa berangkat, uang yang sudah Anda bayarkan menjadi hangus. Lebih lengkap baca di sini.

3. Hotel

Singapura adalah kota yang mahal. Demikian juga dengan hotelnya. Untuk menginap di hotel bintang 2 saja (seperti grup Hotel 81), kita harus mengeluarkan uang sekitar 800k sampai 1 juta. Di Jakarta biaya sebesar itu sudah bisa digunakan untuk menginap di hotel bintang 5.

Sangat disarankan untuk memilih hotel yang dekat dengan stasiun MRT agar kita bisa mudah berpindah tempat. Satu hal lagi, jangan tergiur dengan hotel berbiaya murah di area Geylang yang merupakan red light district.

Saya biasanya membeli voucer hotel melalui Agoda.com. Di Agoda, selain ada diskon, kita juga bisa membaca review hotel sehingga sangat membantu dalam memutuskan akan memilih hotel yang mana.

Saya menyarankan Anda untuk membeli voucer hotel yang memberikan opsi pembatalan, bahkan kalau perlu yang sifatnya “free cancellation“. Hal ini penting sekali mengingat demi berhemat kita biasanya memesan tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari. Hal ini berpotensi rencana liburan tersebut perlu diubah tanggalnya atah bahkan dibatalkan. Sebaiknya antisipasi kemungkinan terburuk ini dengan memesan hotel yang memfasilitasi perubahan tanggal atau pembatalan.

4. Kartu EZ-link Card

Anda akan membutuhkan kartu ini untuk membayar tiket kereta (MRT), bus, dll. Pastikan Anda langsung membelinya di stasiun MRT di bandara Changi. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini.

5. MRT (Mass Rapid Transfer)

Anda bisa mengandalkan MRT untuk berkeliling Singapura. Pastikan Anda sudah mempelajari peta MRT ini sebelum keluar dari bandara.

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini.

6. Bus dan Haltenya

Anda tidak perlu bingung bepergian di Singapura karena di setiap halte bus terdapat informasi bus apa saja yang akan melintas dan kemana saja rutenya. Pada beberapa halte bahkan ada display yang menampilkan perkiraan lama menunggu bus selanjutnya.

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini.

7. Informasi Tempat Wisata

Anda bisa mengandalkan situs web YourSingapore.sg untuk merencanakan itinerary perjalanan Anda.

8. Informasi Peta dan Transportasi Umum

Anda bisa menggunakan situs web GoThere.sg untuk mencari tahu bagaimana cara berjalan dari lokasi A ke B, termasuk informasi kendaraan umum apa saja yang bisa Anda gunakan, dll.

9. Akses Internet

Sebagai turis mandiri tanpa guide, kita akan sangat membutuhkan akses internet untuk mengakses aplikasi peta, jadwal bus dll. Oleh karena itu pastikan gadget Anda tetap bisa terhubung ke internet. Walaupun ada wifi di beberapa pusat turis, saya sarankan Anda membeli kartu prabayar lokal Singapura.

10. Tips Khusus untuk yang Muslim

Penting untuk mengetahui lokasi mesjid dan informasi makanan halal di Singapura.

Dengan Anda mengetahui lokasi masjid dan lokasi tempat makan halal, maka Insya Allah liburan tidak mengganggu ibadah.

Demikian tips dari saya. Selamat menikmati kota modern yang bersih, disiplin dan indah 🙂

Advertisements

7 thoughts on “Persiapan Berlibur ke Singapura

  1. Pingback: Jalan-jalan ke Singapura Juni 2013 | Cerita untuk Sahabat

  2. Dwi Hastuti

    saya bulan depan mei 2014 ke singapura pesawat malam sampai changi. jam 00.10 apa bisa berdiam diri di bandara. ?atau ada ga masjid dekat bandara?trus kalau dr bandara ke universal studio enaknya naik apa?kalau beli ez link mesti bayar brp?terimakasih sebelumnya

    1. kafin

      Mbak Dwi, Anda bisa menunggu subuh di bandara Changi. Bandaranya nyaman kok. Bandara ini kan tempat transit utama di kawasan Asia Tenggara, jadi mereka menyediakan fasilitas yang sangat nyaman. Tempat sholat seharusnya ada (saya lupa).
      Dari bandara ke Universal Studio (di Pulau Sentosa) mending naik MRT saja. Beli Ezlink card di Stasiun MRT Changi. Saya lupa harganya berapa, kalau tidak salah sekitar SGD15.

          1. Dwi Hastuti

            kalau tiket masuk universal studio mendingan beli disana apa beli di toko online?maklum saya kesana tidak pake travel jd mesti prepare sendiri.
            trus tukar uang rupiah ke dollar singapura di indonesia apa di singapura .?terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s