Shopping di Bandung: Rumah Mode dan Pasar Baru

Kali ini saya ingin cerita tentang pengalaman belanja-belanja di Bandung. Tujuan utama adalah Rumah Mode di Setia Budi dan Pasar Baru. Rumah Mode merupakan sebuah factory outlet ternama sedangkan Pasar Baru adalah pasar tekstil seperti Pasar Tanah Abang di Jakarta.

Rumah Mode

Rumah Mode merupakan FO dengan komplek yang besar dan artistik. Ada beberapa bangunan dengan fungsi masing-masing. Ada khusus tas, baju, tempat makan, toko kue, dll. Hanya saya yang tertarik untuk shopping, suami saya memilih untuk duduk manis di tempat makan sambil internetan. Untuk urusan wisata belanja, memang sebaiknya pergi bersama teman wanita. Lebih seru dan saling memahami. Saya juga tidak tega shopping terlalu lama karena kasihan sama suami yang tentunya bosan menunggu.

Koleksi fashion di Rumah Mode bagus-bagus, sangat recommended untuk dikunjungi. Saya bersyukur sempat browsing sebelumnya untuk menemukan FO favorit orang-orang. Untuk harga, memang relatif mahal. Harga paling murah untuk kemeja adalah sekitar 120k. Menurut saya, selama barangnya memang bagus, wajar jika harganya lebih mahal. Saya menghabiskan waktu sekitar 2 jam di tempat ini. Walaupun masih pagi, FO ini sudah ramai pengunjung. Banyak sekali orang Malaysia yang saya lihat di sini. Senang melihat negeri kita dikunjungi oleh warga negara tetangga. Bandung memang istimewa 🙂

Setelah dari Rumah Mode, saya bimbang apakah akan ke Cihampelas atau langsung ke Pasar Baru. Berhubung menurut suami saya di Cihampelas kebanyakan menjual jeans, bukan pakaian wanita, akhirnya kami memutuskan ke Pasar Baru.

Pasar Baru

Kami sampai di Pasar Baru sekitar jam 12:00. Sebelum belanja, kami makan dulu di food court yang ada di Lantai 6. Suami saya, seperti biasa memutuskan untuk menunggu di food court ini selama saya tawaf belanja. Sebagai warga Jabodetabek pecinta Pasar Tanah Abang (di singkat Tenabang), tentunya saya langsung membandingkan Pasar Baru ini dengan Tenabang. Kesimpulan saya, masih lebih ‘sesuatu’ Tenabang. Kenapa?

  • Gedung Tenabang lebih besar. Pasar Baru cuma sekitar 6 lantai (Lantai 7 untuk kantor pengelola kalau tidak salah), sedangkan Blok A Tenabang punya sekitar 12 lantai. Luas satu lantai juga berlipat-lipat lebih luas Tenabang.
  • Gedung Tenabang lebih baru dan keren (terutama Blok A dan B).
  • Koleksi busananya lebih bervariasi Tenabang. Saya cuma sempat berkeliling di Lantai 3 dan 4. Ke Lantai 4 karena sekalian cari ATM, ke Lantai 3 karena katanya banyak pakaian batik. Koleksi batiknya sedikit, tidak sebanyak Tenabang.
  • Soal harga, mungkin lebih kurang sama.  Tergantung kemampuan menawar
  • Food court di Pasar Baru lebih ‘merakyat’. Penjualnya pedagang kecil bukan toko bermerek seperti di food court Blok A Tenabang. Alhasil harga makanan di sini lebih murah dibanding Tenabang. Saya dan suami makan masakan Padang “Bunga Padi Raya”, satu porsi cuma 13k. Bandingkan dengan di Tenabang, minimal 2ok.

Jadi, buat orang Jakarta, Pasar Baru tidak perlu jadi prioritas kunjungan. Lebih baik berburu pakaian di FO-FO Bandung yang memang tidak ada padanannya di Jakarta. Jika Pasar Baru saja sudah membuat banyak warga Malaysia jatuh cinta, saya yakin mereka akan lebih jatuh cinta lagi dengan Pasar Tanah Abang Jakarta. Masalahnya, kota Jakarta memang kurang ramah untuk turis. Macet dengan tingkat kriminalitas lebih tinggi.

Sekian dulu cerita tentang shopping fashion di Bandung. Saya cuma sempat ke dua tempat ini, FO Rumah Mode dan Pasar Baru. Jadi memang gak shopping2 amat, cuma untuk mengisi waktu saja di Bandung. Next time, pingin ke Bandung dengan teman-teman wanita, biar bisa shop till u drop 😉 Suami ditinggal aja di rumah 😛

Advertisements

One thought on “Shopping di Bandung: Rumah Mode dan Pasar Baru

  1. Pingback: Berakhir Pekan di Bandung (1) | Cerita untuk Sahabat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s