Advertisements
RSS

Jalan-jalan ke Bandung Maret 2013

26 Mar

Akhir minggu lalu saya berakhir pekan di Bandung (2 hari 1 malam). Saya sudah mempersiapkan jalan-jalan ini sebulan sebelumnya. Pesan hotel untuk 1 malam di Hotel Grand Preanger, cari info travel Depok-Bandung, dan cari info alamat-alamat factory outlet tempat berburu pakaian dan alamat Prima Rasa tempat berburu kue.

Hotel

Untuk hotel, saya mencari lewat Agoda. Dengan Agoda, kita bisa mendapatkan harga diskon dan juga Agoda memberi kita poin untuk setiap pembelian dan review yang kita berikan pada pemesanan-pemesanan sebelumnya. Berbekal diskon dan perolehan poin USD25 dari Agoda, kami hanya perlu membayar IDR 318,890.00 untuk menginap satu malam plus breakfast di hotel Grand Preanger yang bintang  5. Sesuatu banget kan? 😉 Cerita tentang pengalaman kami menginap di sana bisa dibaca di sini.

Transportasi Depok – Bandung

Untuk transport Depok-Bandung, awalnya mau bawa mobil sendiri, tapi karena suami saya belum pernah sebelumnya bawa mobil untuk jarak sejauh ini, kami memutuskan untuk naik travel saja. Setelah browsing sana-sini, diputuskan untuk menggunakan jasa travel Cipaganti, yang cabangnya ada di Detos, Depok. Cerita lebih lengkap tentang pengalaman naik Cipaganti ada di sini.

Cerita Liburan Hari Pertama

Singkat cerita sesampainya di Bandung, kami langsung menuju ke Rumah Mode. Kami sampai di Rumah Mode sekitar jam 9:00, sempat khawatir datang kepagian , namun untunglah FO ini sudah buka. Dari Rumah Mode kami ke Pasar Baru, pusat tekstil yang sangat terkenal di kalangan blogger Malaysia yang pernah ke Bandung. Cerita tentang jalan-jalan ke Rumah Mode dan Pasar Baru bisa dibaca di sini.

Setelah tawaf sekitar 2 jam di Pasar Baru, kami memutuskan untuk menuju ke Hotel Grand Preanger di Jalan Asia Afrika untuk beristirahat. Kebayang kan capeknya, dari Depok sudah berangkat habis Subuh dan langsung shopping sampai abis zuhur 🙂 Suami saya langsung beristirahat sedangkan saya sibuk dengan hasil rampasan perang dari Rumah Mode dan Pasar Baru 🙂 Kami beristirahat sampai magrib.

Setelah magrib, kami keluar untuk makan malam dan melihat suasana Bandung di waktu malam.Untuk makan malam, kami mencoba sate padang di Jalan Cikapundung Barat, hanya 2 blok dari hotel, bisa dicapai dengan jalan kaki. Satenya enak sekali, tidak heran jika walau gerimis, banyak sekali tamu yang datang. Menurut saya rasanya tidak jauh beda dengan Sate Mak Syukur yang ada di Blok M Square. Harga satenya 20k satu porsi, sebanding dengan rasanya yang mantap. Di sebelah penjual sate ada yang menjual penganan khas Padang seperti lupis dan ketan hitam, nyam-nyam sekali … Oh ya malam ini ada pertandingan sepakbola Indonesia lawan Arab Saudi. Orang-orang di warung sate padang tersebut sangat antusias menonton siaran langsung bola tersebut.

Kebetulan sekali malam itu bertepatan dengan peringatan Bandung Lautan Api, sehingga ada pawai yang dilakukan oleh siswa SMA. Walaupun gerimis, semangat mereka tidak surut untuk memperingatinya. Mereka berpakaian ala pemuda tahun 45 🙂 Meriah sekali. Mereka juga membawa obor-obor. Selain rombongan siswa SMA ini, ada juga rombongan kakek-kakek menggunakan seragam pejuang 45. Mereka menggunakan sepeda berkeliling Bandung. Hal-hal seperti ini menurut saya yang akan sulit ditemui di Jakarta.

Suami saya ingin memperlihatkan keramaian di Jalan Dago, tapi sepertinya malam itu tidak begitu ramai. Mungkin karena malam itu juga ada Earth Hour dari jam 8:30 – 9:30, atau karena sedang gerimis, atau sedang ada peringatan Bandung Lautan Api? Entahlah.

Dalam perjalanan kembali ke hotel, kami singgah ke BIP (Bandung Indah Plaza) dan sebuah FO didepannya. Saya lupa nama FO-nya, FO ini sangat sepi, hampir tidak ada pengunjung. Koleksinya pun tidak menarik. Saya hanya 10 menit di FO ini dan tidak membeli apa pun. Dari sini kami langsung pulang kembali ke hotel.

Cerita Liburan Hari Kedua

Ini adalah hari terakhir di Bandung. Rencananya kami cuma akan menghabiskan waktu di hotel dan membeli oleh-oleh kue di Prima Rasa Bakery & Pastry. Setelah makan pagi sampai kenyang to the max, kami pergi ke Prima Rasa di Jalan Kemuning. Cerita tentang Prima Rasa ada di sini.

Dari Prima Rasa kami kembali ke hotel untuk berkemas check-out yang deadlinenya jam 12:00. Jam 11:30 akhirnya kami check-out tapi kemudian kami bimbang, tiket ke Depok jadwalnya jam 15:00 sedangkan waktu itu masih jam 11:30. Saya sendiri sudah tidak bersemangat shopping, apalagi suami saya. Akhirnya kami memutuskan langsung ke Cipaganti Rotiku Pasteur, dengan harapan bisa pulang lebih awal dari jadwal semula. Alhamdulillah setibanya kami di Cipaganti jam 12:05 ada bus ke Depok yang akan berangkat dan kebetulan baru terisi satu orang.

Sekitar jam 14:30 alhamdulilah kami sampai di Margonda Raya Depok dengan selamat. Demikianlah liburan singkat saya di Bandung. Hanya 1.5 hari tapi lumayan berkesan. I love Bandung, semoga bisa main ke sana lagi dalam waktu dekat 🙂