Advertisements
RSS

Transit 9 Jam di Hong Kong (1)

20 Aug

Pada Juli 2012, saya mengalami perjalanan yang sangat melelahkan, yaitu Jakarta – Amsterdam PP via Hong Kong dengan Cathay Pacific. Karena satu dan lain hal, terutama karena pemesanan tiket yang sangat mepet dengan waktu berangkat dan peak season untuk rute Jakarta-Amsterdam PP, kantor saya terpaksa membelikan tiket dengan jalur memutar ke Hong Kong. Parahnya lagi untuk tanggal yang dibutuhkan cuma ada pilihan dimana ketika berangkat harus transit selama 4 jam  di Hong Kong dan ketika kembali transit selama 9 jam. Ya, 9 jam! Lebih dari jumlah jam kerja dalam satu hari kan?

Perjalanan normal antara Jakarta – Amsterdam (non-stop) harusnya hanya akan memakan waktu sektar 15-17 jam. Namun karena memutar ke Hong Kong, perjalanannya menjadi 21 jam untuk berangkat dan 26 jam untuk pulang. Berikut ini rinciannya untuk perjalanan kembali ke tanah air:

• Amsterdam – Hong Kong: 12 jam
  • Transit di Hong Kong: 9 jam (dari jam 7 pagi sampai 16 sore)
  • Hong Kong – Jakarta: 5 jam

Kondisi ini mau tidak mau harus dinikmati walau sangat melelahkan. Anggap saja ini merupakan kesempatan untuk mengenal Hong Kong dalam 9 jam 😉

Singkat cerita, saya transit 2 kali di Hong Kong International Airport (HKIA).

Pada transit pertama dalam perjalanan Jakarta – Amsterdam, saya sampai di HKIA sekitar jam 20 malam. Lama transit adalah sekitar 4 jam. Tidak banyak yang bisa dilihat dan dilakukan. Saya hanya beristirahat di boarding gate  dan solat di prayer room.

HKIA adalah bandara yang sangat besar. Bandara ini ada di pulau tersendiri. Selain besar juga sangat bagus. Berikut ini beberapa foto yang sempat saya ambil pada transit pertama:

Escalator Menuju Gate
Lintasan Menuju Gate
Gate saat akan berangkat ke Amsterdam dengan Cathay Pasific
Gate saat akan berangkat ke Amsterdam dengan Cathay Pacific
Suasana Boarding Gate

Pada transit kedua dalam perjalanan Amsterdam – Jakarta, saya sampai di HKIA pagi hari sekitar jam 7:00. Transit kali ini lamanya 9 jam dan saya sudah bertekad untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berkeliling Hong Kong, walau seorang diri dan baru pertama kali.

Sebelumnya, saya sudah mengumpulkan informasi berikut ini terkait Hong Kong:

1. Visa. Untuk mengunjungi Hong Kong, bagi WNI cukup VOA (Visa on Arrival). Artinya, saya bisa keluar bandara untuk melihat-lihat kota Hong Kong. Yes!

2. Mata Uang. Mata uangnya adalah Hong Kong Dollar (HKD). 1 HKD sekitar IDR 1250.

3. Bahasa.  Banyak yang bisa berbahasa Inggris, karena Hongkong bekas jajahan Inggris

4. Public Transport. Public transport di Hong Kong sangat bagus dengan petunjuk yang jelas sehingga saya tidak perlu khawatir akan nyasar selama di sana. Ada MTR (sama dengan MRT di Singapura), kereta bandara, kapal antar pulau, dll

5. Makanan. Menurut teman saya lebih aman jika makan di Mc. Donald dan sebangsanya. Akan sulit untuk mencari makanan halal.

HKIA ternyata menyediakan layanan informasi yang sangat bagus untuk turis. Ada counter khusus dimana petugas bisa memberi penjelasan kepada Anda mengenai peta Hongkong dan menyarankan bagaimana Anda menghabiskan waktu di Hongkong. Peta Hongkong diberikan secara gratis (seperti di Singapura). Mungkin karena waktu itu masih sangat pagi, petugasnya mau menghabiskan waktu banyak untuk melayani pertanyaan saya. Service yang sangat memuaskan 🙂

Saya juga menanyakan tentang airport tax terkait rencana saya keluar dari bandara. Ternyata tidak perlu membayar, mungkin karena saya tidak perlu check-in, hanya perlu 2 kali berurusan dengan bagian imigrasi. Entahlah.

Waw, introduction-nya saja sudah panjang banget. Saya akan sambung cerita tentang pengalaman transit 9 jam di Hong Kong pada episode selanjutnya 😉

Advertisements

2 Comments

Posted by on August 20, 2012 in Hong Kong, jalan-jalan

Tags: , , , , ,

2 responses to “Transit 9 Jam di Hong Kong (1)