Akibat Salah Title Mr/Mrs Ketika Memesan Tiket Lion Air

Saya baru saja mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan pada akhir pekan ini terkait dengan Lion Air. Akibat saya kurang teliti dalam mengisi field Title “Mr/Mrs/Miss” pada saat melakukan pemesanan tiket pesawat Lion Air secara online, akhir pekan yang saya tunggu-tunggu setelah mengalami minggu yang sangat sibuk di kantor pun tersita untuk mengurus administrasi terkait perubahan tiket tersebut.

Jumat sore, seorang kerabat menelpon dan meminta tolong untuk memesankan tiket pesawat untuk tamunya yang akan ke Singapura pada hari Minggu. Kami memang sudah biasa membantu kerabat tersebut membelikan tiket secara online karena hubungan yang sangat dekat dan beliau tidak kenal internet. Oleh kerabat tersebut, saya diminta mencarikan tiket yang murah. Setelah googling saya menemukan bahwa tiket Lion Air lah yang paling murah. Sabtu pagi, saya pun menelpon kerabat tersebut memberikan informasi tentang opsi-opsi yang ada.

Singkat cerita tamunya kerabat tersebut memilih opsi berangkat dengan Lion Air dan saya pun melakukan pemesanan tiket Lion Air Jakarta-Singapura secara online. Namun, setelah menerima tiket elektronik by email, saya terkejut. Tamu yang akan berangkat tersebut berjenis kelamin perempuan, tapi  kenapa jadinya tercetak Mr, bukan Mrs pada tiket? Oh tidaaak, saya sudah tidak teliti. Mungkin karena tadi terlalu fokus pada ejaan nama (tidak familiar dengan nama tamu tsb), nomor passport dan tanggal expired passport beserta tanggal dan jam berangkat, saya jadi terlewat memperhatikan field yang satu ini.

Field “title” yang jadi sumber masalah

Perhatikan pada gambar di atas bahwa sumber masalahnya adalah untuk field title ini diberikan nilai default ‘Mr’. Sehingga user yang sedang buru-buru tidak sadar bahwa dia belum mengubah nilainya sesuai gender calon penumpang. Seandainya nilai default untuk field ini adalah kosong, saya yakin kecil kemungkinan kesalahan akan terjadi, karena user akan ingat mengisi dengan nilai yang seharusnya. Saya memandang kesalahan yang terjadi adalah akibat rancangan antarmuka yang salah. Entah sudah berapa user yang menjadi korbannya.

Selain field Title, ada lagi field Gender yang diberi nilai default “Male”. Bisa jadi ada juga user lain yang bermasalah dengan nilai default ini. Dari segi efisiensi, seharusnya tidak perlu kedua field ini ada, harusnya salah satu saja. Jika sudah pilih Mr, berarti gender-nya laki-laki, jika pilih Mrs/Miss berarti perempuan, bukankah begitu?

Suami saya kemudian menelpon call center Lion Air dan menanyakan apakah mungkin mereka mengubah title Mr menjadi Mrs? Sebagai informasi jika kita memesan tiket AirAsia, maka masalah title  ini bisa diselesaikan dengan hanya mengedit secara langsung di websitenya tanpa biaya (jika Anda sudah punya akun AirAsia). Jawaban dari call center Lion Air sangat mengecewakan, katanya kami harus datang ke kantor Lion Air di Harmoni dan membayar Rp.75.000.

Membayar denda untuk kesalahan kecil ini, walaupun cukup memberatkan namun masih bisa diterima. Tapi haruskah kami juga membuang waktu akhir pekan kami hanya untuk mengurus pergantian Mr menjadi Mrs? To make it worse, katanya kami juga harus membawa passport orang yang kami bantu belikan tiketnya tersebut dalam rangka mengubah title tersebut! Itu artinya kami harus ke rumah kerabat tersebut dulu di Ciledug untuk mengambil passport sang tamu, kemudian lanjut ke kantor Lion Air di Harmoni, kemudian mengantar lagi passport tersebut ke Ciledug. Kebayang kan rute yang harus kami tempuh? Serpong – Ciledug – Harmoni – Ciledug – Serpong, bukan rute yang ringan jika Anda tahu betapa macetnya jalur ke Ciledug.

Kami pun akhirnya jam 9:00 pagi meluncur ke Ciledug (yang tentu saja macet) untuk mengambil passport, sampai sekitar jam 11:00. Kami sempat mencoba membujuk sang tamu agar mau mengambil resiko terkait kesalahan title Mr/Mrs tersebut tapi beliau tetap keukeuh perlu mengubahnya. Kemudian kami langsung ke Harmoni. Sesampainya di kantor Lion Air sekitar jam 13:00, tidak begitu ramai yang antri sehingga kami langsung dilayani oleh petugasnya. Petugas meminta kami memperlihatkan passport calon penumpang, kemudian setelah menunggu sekitar 15 menit kami diberi tahu bahwa tiket sudah diubah dan diberi nomor booking baru. Kabar baiknya adalah biayanya bukan Rp.75.000 tapi Rp 50.000.

Demikianlah, niat baik membantu orang lain berakhir dengan menghabiskan akhir pekan dari pagi sampai sore di jalanan yang macet. Untuk Lion Air, cobalah sedikit menghargai waktu konsumen Anda.  Apa susahnya melayani permintaan penggantian gender ini hanya by phone atau melalui website saja? Saya berjanji akan menghindari berurusan dengan perusahaan yang tidak menghargai waktu orang lain seperti Lion Air.

Kesimpulan:

  • Mengurus perubahan title Mr/Mrs untuk tiket Lion Air tidak bisa dilakukan melalui call centre, Anda harus datang ke kantornya di Harmoni, yang tentu saja makan waktu yang tidak sedikit jika rumah Anda jauh dari pusat kota , juga biaya transportasi yang harus dikeluarkan serta harus membayar uang administrasi Rp.50.000.
  • Sebaiknya menghindari membantu membelikan tiket online Lion Air untuk orang yang tidak serumah dengan Anda, karena jika terjadi kesalahan input data calon penumpang, Anda perlu menghadirkan bukti ID calon penumpang ke kantor Lion Air. Iya kalau masih satu kota, kalau tidak bagaimana?
  • Berpikir beberapa kali sebelum Anda bersedia membantu orang lain dalam  transaksi keuangan seperti pembelian tiket ini. Konsekwensi terburuknya adalah Anda terpaksa mengganti biaya tiket yang mengandung kesalahan ‘kecil’ tersebut jika Anda tidak punya waktu mengurus perbaikan tiket. Jika ada waktu pun, Anda terpaksa mengorbankan waktu dan tenaga Anda untuk mengurusnya. Sama-sama tidak enak bukan?
  • Jika merasa tidak sanggup dengan resiko di atas, sebaiknya sarankan kerabat Anda untuk memesan tiket melalui biro jasa (travel). Dengan memesan lewat biro jasa, kita sudah mengalihkan resiko ke biro tersebut. Walaupun mungkin sedikit lebih mahal, Anda dan kerabat terbebas dari kemungkinan perasaan tidak enak yang mengganggu silaturahmi jika kejadian yang tidak diharapkan terjadi. Hitung-hitung bagi rejeki juga untuk biro travel 🙂

Sekian, semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.

Advertisements

79 thoughts on “Akibat Salah Title Mr/Mrs Ketika Memesan Tiket Lion Air

    1. aldo leon

      iya nih,,barusan saya juga megalami hal yang sama,,,
      masa cuma gara2 salah title aj udah langsung kena biaya ampe segitu mahalnya…
      padahal saat check in dibandara,tohh pake KTP atau kartu identitas.
      sesuaiin aj nama di KTP dan tiket,
      kesalahan title aj kok dipersulit..,,SOMPLAK nihh lion air..

  1. Waaaahh ternyata sudah ada yang mengalami nih.. saya barusan saja juga mengalamai hal serupa dalam rangka bantu keluarga yang mau berangkat.. kalau saran saya, biarkan dulu saja sampai 3 jam dan booking ticket tadi akan secara otomatis canceled… dan kita melakukan booking ulang.. ya mudah2an dapat harga yang sama.. hihihi 🙂 .. terima kasih atas info pengalamannya..

    1. bisa juga seperti itu, atau kembali membooking via online dan biarkan yang bookingan awal cancelled secara otomatis. hal ini tidak berlaku untuk tiket yang sudah payment. hehe
      biasanya bisa dapat harga yang sama jika seatnya masih ada. makanya booking sekali 2 bookingan tidak apa2. asal belum dipayment

  2. hehehehe… sama… baru aja kejadian… istri saya masih MR.. lupa saya ganti karena buru2.. ngeselin ya Lion Air.. cuma ngejar 50ribu rela bikin customer ribet… . Sy diluar Jakarta… di serang, disuruh ke kantor lion air di harmoni. apa?? tega bener tuh lion air… untung ada temen yang mau nolong.. kirim scan ktp dan minjem 50rb.. sekarang lagi diurusin… saya doakan teman saya mendapat ganjaran rizki yang banyak dan berlimpah… Amin… pikir2 pakai lion air deh.. ini jg kepaksa…

    1. sebenarnya perjalanan domestik tidak terlalu jeli dalam melakukan pengecekan. kecuali tiket luar negeri / menggunakan pasport.
      apalagi jika sudah check in online (maksimal 2 jam sebelum keberangkatan), di check in online tersebut tidak tercantum gender, jadi sebenarnya tanpa merubah tidak terlalu banyak resiko.

  3. Bobby

    Masih mending, dibanding Air Asia, lebih menjengkelkan, saya pernah mengalami hal serupa dan maskapai tersebut sama sekali tidak mau mengerti dan tidak mau membantu merubah walaupun sudah dijelaskan. Akhirnya karena takut sudah sampai di negara tujuan dan ditolak oleh imigrasi akhirnya saudara saya batal terbang dan rugi padahal harga tiket normal.

    1. kafin

      Pak Bobby, saya mempunyai pengalaman yang berbeda dengan Air Asia. Waktu itu ada kesalahan title juga, dan saya bisa mengubahnya langsung di situs web Air Asia tanpa perlu menelpon call center dll.

    2. sistem air asia dan citilink memang lebih strict dibanding lion dan sriwijaya air.
      tidak bisa cancelled dan ubah nama.
      namun sekarang citilink sudah bisa refund.
      kalau ariasia hanya melayani reschedule dengan harga selisih dan penalti yang lumayan mahal

    1. kafin

      Kalau kasus Mrs vs Ms ini, saya prefer mengabaikan saja, kan sama-sama wanita. Harusnya tidak bermasalah ketika berurusan dengan imigrasi.

  4. sebenarnya menurut saya hal ini untuk mencegah pihak pihak yg tidak berkepentingan untuk merubah data penerbangan yg kita sudah beli, baik melalui call center, online sendiri, ataupun via travel agent. Maksudnya adalah baik, bayangkan jika yg menelpon call center adalah orang yg bukan pemilik tiket itu sendiri. Sehingga, setiap maskapai punya kebijakan masing masing mengenai perubahan title ataupun nama (title / core name changes). Sebagai contoh lain, maskapai Malaysian Airlines, mewajibkan pax ataupun travel agent untuk membayar biaya sekitar 30-50USD, jika kita akan merevisi title/gelar ataupun corename/nama penumpang, misalnya di tiket ada marga chang, padahal seharusnya di paspor zhang. Maka C diganti huruf Z, itu pun akan dikenakan biaya perubahan corename. Untuk negara tertentu misalkan kita akan menuju ke china/beijing, maka sebaiknya kita mengeluarkan biaya perubahan corename ke maskapainya, dibandingkan akan ditolak visa china nya, dan disuruh beli tiket baru dengan nama yg sesuai paspor. atau lebih parah lagi, jika visa dan tiket ok, setibanya di negara tujuan china kena random immigration check, dan fatal akibatnya. Untuk negara negara tertentu spt Singapore, sebenarnya tidak terlalu ketat ya, bahkan tidak jarang kesalahan title mr/mrs bisa diselesaikan pada saat check in, dan dijelaskan kepada petugas check in lion air, selesai urusannya. Misalnya di tiket tertulis Mr Susy Andriani, maka kerap kali lolos dan tidak dikenakan biaya, dijelaskan secara baik baik bahwa ini kan susy andriani, ga mungkin mr, tapi mrs. Itu faktanya terjadi, dan aman. Yah, kalo mau dilaporkan secara resmi ke kantor lion air dan dicatat, yah memang prosedurnya harus membayar biaya perubahan title dan harus membawa paspor, tiketnya dan ktp nya jika perlu, sebagai bukti kuat bahwa orang yg berkepentingan tsb mmg menginginkan perubahan di tiketnya. Kalo negara selain singapore, mungkin sebaiknya dilakukan perubahan selagi ada waktu sebelum keberangkatannya.
    Semoga bermanfaat…

    1. kafin

      Terima kasih Pak Edwin infonya. Iya, jika tiket yang salah ini milik saya sendiri, saya akan ambil resiko untuk tidak mengubah. Namun, karena pemiliknya gak mau ambil resiko, terpaksa kami harus mengurus perbaikannya demi menjaga hubungan baik.

    2. aldo leon

      ada benarnya apa yang dibilang mas edwin,,,
      cuma disini kan masalahnya biaya administrasi untuk perubahan corename di lion air terlalu mahal dan ga bersahabat kalo menurut saya,,,
      kalo biaya nya cuma Rp 20.000 mungkin wajar2 saja,,, tetapi biaya nya ini sampai Rp 72.000. ini pengalaman saya pribadi,,dimana semalam saya berurusan dengan lion air atas perubahan gender yang salah dan memakan biaya untuk perubahan gender ini sebesar Rp 72.000.. menurut saya ini terlalu berlebihan dibanding dengan maskapai lainnya,, 2 bulan yang lalu,, saya juga megalami hal yang sama pada maskapai garuda. tetapi disaat check in,,semuanya lancar-lancar saja. tanpa membayar 1 sen pun.
      semoga bermanfaat.

  5. Kafin, saya sering begini kok klo beli lion air, soalnya sering dibeliin orang jg, trus mrk emang suka ngga ngeh bwt ganti ke Mrs/miss, tapi cuek aja ngga pernah ganti, dan so far lolos2 ajaaaa…
    Tapi semua utk tujuan domestik ya, soalnya ngga pernah keluar negeri naik Lion Air…males dot com.

    Visit us on : blog Traveling Cow

  6. Semua maskapai punya aturan sendiri-sendiri, ada plus minus nya, mungkin kedepan ada baiknya lebih teliti, apalagi kalo keberangkatan international..
    atau memang sebaiknya booking via agent tiket pesawat untuk meminimalisir kesalahan.. tapi terlepas dari itu semua, bagus nya kita jadi semakin teliti.. 🙂

  7. feby

    Minta sarannya donk, hari ini saya baru bwli tiket q***rairways untuk penerbangan ke usa, lalu seperti yang dialami penulis, saya terlalu fokus dengan pengejaan nama dan tidak perhatiin kolom title lalu saya memilih title Miss instead of Ms. Dan teman saya baru sadar kenapa titlenya Miss bukan Ms, saya blg saya ga mudeng juga karena saya pikir Miss dengan Ms itu sama… dan baru tau ternyata title Miss itu untuk kanak-kanak.. ada yg pernah mengalami hal yang sama?

    1. kafin

      Oleh karena ini penerbangan internasional, apalagi ke USA yang terkenal ketat, saran saya sebaiknya hubungi maskapainya untuk meminta bantuan memperbaiki kesalahan tersebut.

  8. muhammad ridhanda

    saya baru saja memesan tiket padang-jakarta untuk ibu saya. ternyata saya salah memilih gender yg seharusnya MRS malah MR. apa yg harus saya lakukan, mohon pencerahannya, thx

    1. kafin

      Untuk penerbangan domestik, sebaiknya abaikan saja. Kalau nanti ditanya, jelaskan saja bahwa yang beli lupa ganti Mr menjadi Mrs.

  9. abdi

    kalau untuk tiket air asia salah masukkan gender terpilih sama saya MS seharusnya MR bisa di jelasin nggak nantinya di kuala lumpurnya kira – kira mohon pencerahan

    1. kafin

      Pak Abdi, jika Anda sudah punya akun di website AirAsia, masalah ini akan menjadi gampang. Anda login kemudian pilih menu “Manage My Booking” kemudian pilih tiket terkait. Selanjutnya pilih menu “Update Details”, akan ditampilkan data calon penumpang. Anda bisa mengubah informasi Ms/Mr ini langsung, tanpa biaya. Demikian pengalaman saya.

  10. Fauzan

    Mau nanya untuk pergantian title dikenakan biaya 50.000 untuk lion itu untuk satu tiket atau bebas untuk berapa tiket. soalnya saya salah dalam title gender sebanyak 3 tiket.

  11. Haniesti

    Saya juga ada masalah seperti itu,,tapi masalah saya kelebihan satu huruf.. Dan saya blm mengurusnya,,kira” biaya yg harus di keluarkan berapa ya..?

  12. indah

    itu baru terjadi sm saya… mesti datang kekantor jakarta padahal saya asli bangka belitung, by 250 ribu…. coba kayak sky air lebih mudah misalkan tulis nama indah/mrs . kita ngak bingung…. ampun deh lion… klo domestik sih akan saya abaikan ini penerbangan internasional.

  13. sekedar info aja gan ,klo sy sih pernah alami kesalahan gelar ,tp saya nggak telpon ,abaikan aja ,ntar klo dah hari H tinggal chekkin aja dan langsung serahkan ktp ,nggak usah kasih tahu klo salah gelar ke cs nya .klo pun ditanya yah pura2 bego aja jawabnya ,hehehe

  14. melfa

    saya juga barusan seperti itu.. saya salah nama, kalau di orang batak untuk wanita kebiasaan bikin br (boru) hanya salah itu saja.. udah habis pulsa bolak balik telp lion air coba tp responsy tidak bisa ubah.. harus datang ke harmoni. dan bayar 100rb. penerbangan domestik.. kira2 kalau tidak dirubah bermasalah ga ya? please di respon.. ^^

  15. Melly

    hal serupa juga sama.. saya dilampung.. Saya sudah klik titlenya.. dan ada sedikit masalah pada dipembayaran sebelumnya dan akhirnya ok.. kemudian pas sudah diprint titlenya salah. Call Lion malah suruh datang kejakarta gak bisa diurus dilampung. Biaya pengubahan title pun sebesar 150rb-200rb/org. Huffffttt.. dikali 2 org.

  16. Hani

    Kalau salah tahun lahir gimana, misalnya harusnya lahir 28 Agustus 1980 tp waktu booking tiket ditulis 28 Agustus 1970 ( pada penerbangan internasional )

  17. harvey lowis

    saya juga baru mengalami masalah ini.
    padahal jadwal penerbangan saya diganti lion air dikarenakan flight saya tidak terbang.

    pertama kali ketika saya hub ke call center, umur anak saya yang masih bayi dipermasalahkan oleh pihak lion air. ketika penerbangan, anak saya berumur 23 bulan 2 hari. pada saat pembelian tiket pesawat, saya melihat bahwa disana tertulis umur <2 tahun utk biaya bayi. dan ketika diemail ketentuan penerbangan, juga tertulis anak-anak umur <2 tahun dikategorikan sebagai bayi. tetapi ketika saya hub ke call center, diberitahukan bahwa untuk kategori anak-anak dibawah 23 bulan.

    setelah itu, saya diberitahukan lagi bahwa istri saya tertulis Mr, dan tidak bisa digantikan via telp, harus ke kantor terkait untuk digantikan ke mrs.

    saya merasa direpotkan oleh pihak lion air, maka saya minta refund aja flight saya, diberitahukan lagi bahwa refund juga harus melalui kantor pusat (dimana kantor tersebut memakan waktu perjalanan 2 jam). saya komplain kenapa tidak bisa by phone seperti maskapai lain, dimana saya pernah cancel flight airasia dan tiger mandala juga tidak diharuskan ke kantor, semua bisa diurus melalui telp.

    maka dari itu, ini adalah terakhir kali saya menggunakan pesawat lion air. di masa depan sebaiknya saya membeli tiket pesawat dengan harga lebih mahal sedikit tetapi tidak perlu memancing emosi untuk mengurusi hal-hal sepele seperti ini.

    1. shizuka

      Tiket ini kan biasanya dicek sama maskapainya ketika kita check-in, bukan diperiksa oleh petugas imigrasi. Kalau saya sih, jika cuma ke Singapura/Malaysia, santai saja. Tapi jika ke negara yang lebih jauh, saya akan usahakan perbaiki.

  18. Nur Hidayat

    kesalahan hal semacam itu pernah saya alami,seharusnya Mr tapi di tiket tertulis Mrs namun tidak terjadi masalah empat check in di airport dan negeri yang saya kunjungi.Maskapai yang saya gunakan singapore airline dan sampai saat ini saya belum pernah menggunakan lion air.

  19. elisa

    Saya salah pilih Mrs. Harusnya Ms. Untuk tujan kuala lumpur dari jakarta. Jadwal penerbangan masih bulan maret 2015. Apakah harus saya ganti? Menurut info call center garuda bisa diganti dengan biaya $30. Lalu saya hubungi travel agent, katanya pada dasarnya gak masalah antara Mrs atau Ms. Krn sama2 perempuan. Kemudian saya hubungi pihak garuda melalui email, ada 2 balasan dari satu email saya. Dua-duanya bilang tiket tidak bisa diganti titlenya. Tapi yang pertama bilang pihak bandara tidak akan mempermasalahkan Mrs atau Ms. Mungkin krn sama2 perempuan. Tp di hari yg sama sore harinya saya dapat balasan email katanya saya disuruh reservasi ulang krn takut gagal terbang. Nah saya bingung nih musti gimana. Mohon bantuannya untuk menjawab kegalauan saya. Makasih

    1. shizuka

      Mbak Elisa, menurut saya tidak perlu diganti, karena jenis kelaminnya masih sama. Saya yakin petugas checkin atau imigrasi hanya akan memeriksa kesesuaian jenis kelamin dan usia. Mengenai status sudah nikah atau tidak, tidak penting untuk mereka.

  20. pengalaman yang sama, akibat kurang teliti… tp kali ini ane di sriwijaya air, biaya ganti title/gender kalau tiketnya booking di website resmi sriwijaya biayanya 120.000, kalau belinya di travel agen cuma kena 20.000.

  21. kalau untuk domestik tak masalah kalau cuma salah gelar atau nama 1-2 huruf masi di maklumi

    kalau untuk domestik tak masalah kalau cuma salah gelar atau nama 1-2 huruf masi di maklumi

  22. endang

    saya juga mengalami hal yg sama ,boleh dong minta infonya .saya boking tiket lion air tujuan jkt- solo tdk mencantumkan title suami saya tahu2 keluar miss,untuk pergantiannya saya hrs dtg langsung ke harmoni jakarta dengan biaya 100.000 ,sedangkan saya domisili disolo,apakah saya hrs konfirmasi ke lion jakarta ,atau saya abaikan saja smp saya nanti chekin ya

  23. Tuti

    Saya baru aja booking ticket yang sedikit ada kekeliruan , misal nama di ktp Tuti ariyani tapi diticket ada nama panggilan nonik tuti ariyani , itu nanti ada masalah gak waktu check in, apa tetep harus diganti ? tolong infonya ..

    1. Nadnad

      Saya memesan tiket lion air jogja bali atas nama rahman galih prasetya, telapi sya ditiket tertulis galih rahman prasetya. Bagaimana ya solusinya, apakah saya harus mengurusnya atau abaikan saja?

  24. rina

    saya sudah pesen tiket domestic ..jadi nama saya itu rina rva Karolina surbakti…tapi saya lupa menulisakan surbaktinya..bakal masalh ng ya..maskapai lion air slnya..takutnya malah nga jadi brangkat,,mohon infonya ya

  25. dhila

    saya mau nnyk nih, kan saya pesen 4 tiket buat keluarga tujuan Medan-padang pulang pergi nah,pesennya tgl 2 november untuk keberangkatan tgl 22 desember 2015 ini, adik saya paling kecil gak bisa ikut, itu bisa digantikan sama yg umur 20 thn gak ? adik saya cowok, yg umur 20 thn ini cewek, gimana ya? mohon info nyaa dong T.T

    1. shizuka

      Wah kalau salah tulis nama, saya sarankan diurus saja Pak, dari pada nanti gak boleh terbang. Beda jika salah tulis “ringan” seperti LENY ditulis LENI.

      1. Adi

        Mohon infonya dong kalo misalnya salah di gender yang harusnya Mrs jadi Mr buat maskapai sriwijaya perlu perbaikan ga ya?
        Kalo perlu cara ngurusnya gimana ya?
        Thanks

  26. Raharjo

    Saya memesan tiket ke sriwijaya air jkt-solo dan salah title yang harusnya Mrs jadi Mr apa harus diganti atau diabaikan saja?
    Terima kasih

  27. siti aisyah

    Tolong infonya apakah kira2 bisa terbang ya klo ada kesalahan di umur penumpang seharusnya penumpang anak anak namun di e-tiket penumpang dewasa.terimakasih sebelumnya

    1. shizuka

      Saya rasa tidak masalah, karena tidak mempunyai pengaruh pada data utama penumpang. Kecuali jika penumpang dewasa dilaporkan sebagai anak-anak, sehingga harga tiketnya ada perbedaan.

  28. agustina

    min aku salah gender lupa ganti seharusnya miss malah mr. batik air aman ga ya? apa harus ubah ulang ke batik nya? buat penerbangan domestik

  29. koreksi gender kenapa harus ke kantor Lion? cukup telp call center, minta koreksi nama, terus katakan bayarnya sekalian di bandara beberapa jam sebelum berangkat.

  30. jika pemesanan lewat agent, bisa dimintakan untuk agent tersebut mengubahkan gender secara free.
    untuk ubah nama atau salah penulisan nama, sepertinya ada ketentuan jika kurang dari 3 huruf tidak membayar.
    akan tetapi ada konsekuensi dari perubahan ini, baik gender ataupun nama.
    check in hanya bisa dilakukan secara langsung di bandara, namun tidak bisa check in online seperti biasa.
    semoga bisa membantu

  31. meisyah

    mbak, saya pesan tiket mdn-jkt via traveloka. namun terjadi kesalahan dlm penulisan nma sdgkan e-tiket saya sudah terbit.
    nama di ktp : winda meisyah runjani
    nama di e-tiket: winda meisyah
    saya sudah hubungi cs maskapainya, mreka blg g dpermasalahkan pas check in booking e-tiket nya.
    tp yg saya ragukan, apa pas pemeriksaan dari petugas bandara akan ad masalah y mbak?
    bingung mba, mohon pencerahannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s