Catatan Konsultasi ke SPOG (IV)

Sebelumnya dokter memintaku datang pada hari ke-14 menstruasi, tapi karena pada hari tersebut aku harus bekerja, maka aku datang pada hari ke-15. Tujuan konsultasi hari ini adalah untuk memprediksi hari suburku. Ketika di USG Trans-V, terlihat ada beberapa telur. Pada ovarium sebelah kiri terdapat 2 buah telur dengan diameter masing-masing 14 mm. Padahal untuk terjadinya ovulasi minimal telur berukuran 18 mm :(.

Untuk merangsang telur agar bisa lebih cepat perkembangannya, maka dokter menginstruksikanku untuk disuntik. Awalnya dokter akan menulis di buku bahwa aku harus disuntik 2 hari berturut-turut, namun setelah dokter ingat bahwa bulan ini aku belum akan menjalani inseminasi buatan, maka dokter memutuskan bahwa suntikan ini cukup dilakukan satu kali saja.

Penyuntikan dilaksanakan di Klinik Morula, bukan di RS Bunda (kenapa ya?). Ketika aku sedang bersiap untuk disuntik, susternya mengatakan, “Lagi inseminasi buatan ya Bu?”, wah aku jadi kaget. Bukannya bulan ini belum terapi inseminasi, baru memperkirakan waktu subur saja? Aku disuntik di perut, di bawah pusar. Aku lebih kaget lagi ketika harus bayar jasa suntikan tadi, … biayanya Rp. 624.500 hiks hiks.

Dokter memintaku datang 3 hari lagi, pada H-18 untuk melihat perkembangan ukuran sel telurku.

Sesampainya di rumah aku segera googling untuk mencari tahu apakah manfaat suntikan yang mahalnya minta ampun tadi.  Ternyata suntikan yang bernama Gonal F tadi biasanya digunakan pada terapi inseminasi buatan dan bayi tabung. Dari browsing tersebut aku juga mengenal istilah PCO (Polycistic Ovary), suatu keadaan dimana sel telur kurang berkembang. Aku ingin menanyakan tentang PCO ini ke dokter pada konsultasi yang akan datang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s