Advertisements
RSS

Menjalani Test Anti-Toxoplasma

05 Apr

Seperti sudah diceritakan sebelumnya, dokter T menyarankan aku melakukan test ulang Toxoplasma. Hal ini untuk memastikan apakah aku sedang terpapar virus Toxo atau tidak. Tindakan ini disarankan dokter berdasarkan laporanku bahwa pada tahun 2007 aku pernah melakukan test TORCH  dan komponen Anti-Toxoplasma IgM-nya berada diambang batas antara positif dan negatif. Pada berkas test dituliskan bahwa jika nilai komponen IgM lebih kecil dari 0.65 artinya negatif. Nilai testku untuk komponen ini adalah 0.67.

Sebagaimana komponen test TORCH lainnya yang terdiri dari test IgG dan IgM, untuk Toxoplasma ada dua test yang akan diuji, yaitu Anti-Toxoplasma IgG dan Anti-Toxoplasma IgM. Jika Anti-Toxoplasma IgG bernilai positif maka hal ini menunjukkan bahwa dulu kita pernah terserang virus ini namun sekarang sudah menjadi antibodi. Jika Anti-Toxoplasma IgM bernilai positif maka hal ini menunjukkan bahwa tubuh kita sedang berjuang melawan virus Toxo tersebut, atau dengan kata lain kita sedang “sakit”.

Ada tiga komponen yang diminta dokter untuk di-test:

  1. Anti-Toxoplasma IgG
  2. Anti-Toxoplasma IgM
  3. Anti-Toxoplasma IgG Avidity

Tanpa membuang waktu, sehabis keluar dari ruang konsultasi dokter, aku langsung mendaftar ke Lab Prodia yang ada di RS Bunda. Tidak ada persyaratan apa pun untuk test ini, tidak perlu puasa dan lain-lain. Biayanya adalah Rp. 584.000 jika ketiga test dilaksanakan. Petugasnya mengatakan bahwa jika seandainya hasil test Toxo IgG negatif, maka test Anti-Toxoplasma IgG Avidity tidak perlu dilaksanakan. Jika ini terjadi, maka uangku akan dikembalikan sebanyak Rp. 260.000, sehingga biayanya bisa ditekan menjadi Rp 324.000.

Alhamdulillah hasil test ini menggembirakan, baik Anti-Toxoplasma IgG maupun IgM bernilai negatif 🙂 Oleh karena test Anti-Toxoplasma IgG negatif, maka test IgG Avidity juga tidak jadi dilakukan. Asiiik … berarti uangku kembali Rp 260.000 🙂

Jika ingin tahu lebih banyak tentang Toxoplasma, artikel ini lumayan informatif

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on April 5, 2009 in TTC

 

Tags:

2 responses to “Menjalani Test Anti-Toxoplasma

  1. kehamilan

    March 13, 2012 at 9:51 am

    Pengalaman anda sama dengan istri saya, namun karena dulu dia pernah kena virus toxo, jadi untuk Anti-Toxoplasma IgG positif.
    Baiklah saya akan berbagi pengalaman tentang bunda yang terserang Virus toxoplasma.

     
  2. chery Andriana

    April 7, 2012 at 9:44 pm

    thanks buat info nya .. sekarang ini istriku baru keluar hasilnya.. Anto Toxoplasma IgM nya Negatif 🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: