Advertisements
RSS

Menemani Adikku Menjalani Hidrotubasi (“ditiup”)

19 Mar

Kemaren sore aku menemani adikku yang akan menjalani terapi hidrotubasi (“ditiup”) di sebuah klinik dokter di daerah Kelapa Gading. Adikku sedang berjuang mendapatkan anak kedua. Anak pertamanya sudah berumur 4 tahun pada tanggal 8 Maret 2009.

Berbeda dengan dokterku yang menyarankan test HSG sebagai cara untuk mengetahui ada atau tidaknya sumbatan pada saluran tuba,  dokter adikku ini tidak memintanya untuk test HSG terlebih dahulu. Langsung diminta melakukan hidrotubasi. Mungkin alasannya bisa sekalian diterapi ya? Kalau HSG kan cuma deteksi sumbatan saja, tidak ada unsur terapinya. Namun kalau ternyata gak ada sumbatan buat apa dihidrotubasi?

Seperti halnya HSG, hidrotubasi juga hanya bisa dilaksanakan pada hari ke 9, 10 atau selambat-lambatnya hari ke-12, dihitung sejak hari pertama menstruasi.

Tidak banyak yang bisa aku ceritakan tentang hidrotubasi ini, karena aku tidak diperkenankan melihat prosesnya.  Jam 16:30 adikku dipanggil masuk ke ruang dokter khusus untuk hidrotubasi, aku sendiri diminta tetap di ruang tunggu. Setelah menunggu lama sekitar 50 menit, barulah perawat memanggilku masuk ke “kamar pemulihan”. Aku sudah mendengar dari adikku bahwa dia akan dibius untuk terapi ini. Jadi “kamar pemulihan” ini tentunya berfungsi sebagai kamar rawat untuk pasien yang masih dalam keadaan tidak sadar sehabis dihidrotubasi.

Ketika masuk ke kamar tersebut, adikku masih belum sadar. Tidak beberapa lama kemudian dia mulai berbicara walaupun tidak jelas apa yang disebutnya, maklum masih fly hehe. Barulah sekitar 30 menit kemudian dia sudah bisa berkomunikasi dengan benar dan sudah mulai bisa duduk. Perawat menyiapkan teh untuk pasien yang baru sadar, yang dihabiskan adikku dalam sekali teguk 😀 Cerita adikku, hal terakhir yang diingatnya adalah dokter sedang menyuntikkan obat bius yang efeknya menyakitkan, terasa panas di pembuluh darah.

Sekitar jam 18:00 ketika adikku sudah cukup sanggup berjalan, kami keluar ke ruang tunggu. Tadi dokter berpesan jika sudah sadar, harap menemui dokter kembali untuk mendengarkan hasil test. Kali ini aku diperbolehkan menemani masuk ke ruang dokter. Menurut dokter ada 4 jenis hasil hidrotubasi:

  • Tekanan rendah:  keadaan kedua saluran tuba baik
  • Tekanan sedang: salah satu saluran tuba tersumbat
  • Tekanan agak tinggi: keduanya tersumbat, tapi masih bisa diobati (?)
  • Tekanan tinggi: keduanya mampet, susah diobati

Dokter juga mengatakan kadang akan ada flek yang keluar, tapi tidak perlu dikhawatirkan. Adikku diminta untuk datang konsultasi lagi setelah mendapatkan hasil test darah yang menguji kadar hormon FSH, LH, dll sebelum dan setelah masa subur.

Dari artikel yang pernah aku baca, hidrotubasi ini selain mendeteksi adanya sumbatan pada saluran tuba juga sekaligus “melancarkan” saluran tuba yang tersumbat. Jadi jika ternyata ada sumbatan harusnya dengan hidrotubasi ini sumbatan tersebut sudah berhasil dibuang. Semoga adikku sukses dengan proses ini dan bisa segera hamil, amiin.

Yang masih menjadi pertanyaan adalah:

  • Zat apakah yang digunakan untuk “meniup”?
  • Bagaimanakah menentukan “tekanan” ?
  • Mengapa pasien harus dibius total? Mungkin karena menyakitkan?

Menurut adikku setelah proses hidrotubasi itu selain dia masih agak limbung, perutnya juga gak nyaman, agak sakit seperti sakit menstruasi. Ketika sampai di rumah, adikku memang menemukan flek, bahkan tidak cuma flek, mirip darah menstruasi.

Oh ya mengenai biayanya, mahal banget … 2 juta rupiah 😦

Advertisements
 
33 Comments

Posted by on March 19, 2009 in TTC

 

Tags: , ,

33 responses to “Menemani Adikku Menjalani Hidrotubasi (“ditiup”)

  1. Ayk

    May 11, 2009 at 10:34 am

    Mbak, numpang jawab dikit ya, sependek pengetahuan ku sih, tapi mudah2an membantu :
    1. yg disemprotin itu sejenis cairan antibiotik
    2. menentukan tekanan sptnya dari hasil “back pressure”
    3. karena sakit-nggak nya itu relatif di tiap orang. ada dokter yg tidak ingin mengambil reziko spt pasien meronta (yg mungkin bisa menggangu proses hydro) atau pasien trauma.

    Kalo setelahnya keluar flek darah itu normal mbak.
    Aku sendiri habis hydro pertama keluar flek darah panjang banget, kata dokter ku sih kemungkinan itu sumbatannya.
    Trus setelah hydro kedua cuma keluar flek coklat aja. Dan setelah hydro kedua itu, bulan depan nya langsung hamil.

    Eh iya, salam kenal ya mbak, udh nyerocos pjg lebar ternyata blm kenalan hehehe 🙂

     
    • kafin

      July 23, 2009 at 3:10 pm

      Salam kenal juga Mbak Ayk. Alhamdulillah sudah berhasil hamil ya. Nanti aku mampir juga deh ke blog-nya Mbak Ayk.

       
  2. renny

    December 12, 2009 at 10:09 pm

    mba kafin lam kenal ya…
    oya dokter yang digading itu namanya dokter soedibyo toeloes ya yg praktek dirumahnya tyus dia praktek juga di hermina jatinegara bener ga???
    rabu (09 des 09) kmrn aku juga hbs dihidro sama dia dan hasilnya tekanan agak tinggi dan sampai hari ini (sabtu) aku masih kluar flek darah…
    bln depan aku disuruh balik lagi wat di hidro…semoga aja gpp ya…soalnya hasil HSG aku setahun yg lalu itu normal…

     
  3. febri

    June 10, 2010 at 9:29 am

    salam kenal mbak, boleh share sedikit ya, kebetulan ada perlekatan di indung telur sebelah kiri saya. selasa kmrn (8/06/10) saya baru saja menjalani proses hidro di RS Budi Jaya (Saharjo), kebetulan hidro yg saya jalani tanpa bius, dan efek stlh hidro adlh perut mual dan kepala pusing. saat hidro, dokternya hanya bilang bahwa memang ada yg tersumbat tapi ini sudah bagus karena cairannya bisa masuk, dan bulan ini saya mestinya sudah bisa hamil karena penyumbatannya sudah bisa diatasi dgn proses hydro kmrn. setleh proses hidro, dokter menyuruh saya untuk ikut fisioterapy yakni berupa diathermi selama 15 kali sejak flek2 dari vagina saya sudah berhenti keluar. jujur belum mengerti mengapa saya harus diathermi? dan dari hasil browsing, kebanyakan pasien seperti saya hanya melakukan diathermi sebanyak 10 kali. sehingga saya menjadi khawatir apakah klo saya benar2 melakukan diathermi sebanyak 15 kali, tidak akan mendatangkan efek negatif bagi saya.

     
  4. Susan

    December 16, 2010 at 10:38 am

    salam kenal mbak,

    bulan depan sayan akan di hidrotubasi, deg2an juga siy mbak, tapi mudah2an berhasil yaah… Buat mbak2 semoga sukses juga yah terapinya

     
  5. nining sarawati

    May 15, 2011 at 9:04 pm

    salam kenal
    saya bulan ini mau di hidro saya cari-cari informasi apakah hidro itu..? bagaimana rasanya di higraotubasi..? antara nekat dan takut sakit ga tertahankan. saya mau cari RS jika dihrotubasi ga mengalami sakit alias di bius total…saya akan menjalani Hidrotubasi di Rs mas mitra ya..Dokter nya cukup terkenal sukses dalam menangani persalinan tapi belim jelas dibius total atau tidak…sepertinya tergantung Dokternya…

     
    • rilia

      December 30, 2013 at 12:04 pm

      mbak Susan…boleh tahu nama dokternya gak??….

       
  6. yuni

    May 31, 2011 at 3:24 pm

    Pengen tahu neh mbak, gmn apakah sudah hamil adiknya? tq.

     
    • kafin

      July 22, 2011 at 1:53 pm

      Dear Mbak Yuni,
      Maaf baru menjawab, saya dah lama gak nengok blog ini.
      Alhamdulillah adik saya hamil September 2010 dan baru melahirkan anak keduanya Juni 2011 ini. Hamilnya yang kedua ini tanpa program. Dua bulan sebelum hamil dia memang sempat konsul ke dokter lain di RS Hermina Jatinegara. Jadi tidak jelas juga apakah ada pengaruh hidrotubasi terhadap kehamilannya.

       
  7. nastri

    November 3, 2011 at 10:53 am

    salam kenal semuanya,

    Mau sharing jg, kemarin saya br slese hydrotubasi, sekarang msh ada fleg coklat dikit2, tp saya ga pake bius sama sekali dan prosesnya cepat sekali, cuma 15mnt aja dan sakitnya cuma waktu ditusuk paksa dan sedikit mules waktu cairannya masuk, tp serba sebentar. Setelah selesai pundak rasanya pegel, klo saya ga salah tangkap maksud omongan dokternya, saya baik2 saja krn terdengar cairannya bisa masuk&pundak saya pegal2. o iya saya melakukan hydro di klinik profesor prajitno prabowo di surabaya dan hanya membayar 300rb saja dan obat dan vitamin 210rb saja.

     
  8. dina

    January 2, 2012 at 11:06 am

    tolong dunk info nya, rencananya bulan depan saya mau di hydro.apakah kalo di hydro peluangnya besar untuk segera hamil?

     
  9. yana_yusda

    April 19, 2012 at 4:37 pm

    Salam kenal mba, a͡kυ͡ bsk mw di hidrotubasi…pas a͡kυ͡ baca artikel mba a͡kυ͡ jd deg2an pdhl ini hidro yg ke dua setelah 7thn yg lalu, caranya jg beda dulu ga pake bius skrg kt susternya dibius….waaah jd takuut….

     
  10. Pipit

    March 11, 2013 at 2:01 pm

    Sya brusn di hidro trs ada ket.bhwa nyeri pd panggul kanan n kiri positif,mksdnya apa ya?

     
  11. fitri

    June 18, 2013 at 6:41 pm

    nastri: klinik professor prjitno prabowo di surabaya tepatnya di mana ya? bg infonya dunk Bund.. thanks

     
  12. yenni

    September 19, 2013 at 12:41 pm

    salam kenal mb,….saya juga udh menunggu kehamilan ke2 krn anak saya udh 7th dith 2011 saya keguguran dan th 2012 saya mengalami hamil diluar kandungan dan hrs dioperasi jd saluran tuba kiri sy udh diambil skg tinggal yg kanan saja…tetapi setelah hampir 1th pasca operasi sy tdk kunjung hamil jd sy memeriksakan lg kondisi sy ..yg pertama sy hsg ternyata ada sumbatan disebelah kanan dan melakukan hydro juga dinyatakan sumbatan….apakah dgn hydro bener2 bisa membantu membuka saluran yg tersumbat ya…saya berharap bln depan bisa hamil…udh ga sabar..makasih

     
  13. sas

    November 19, 2013 at 4:40 pm

    slm kenal semua… 🙂 asy br hydro 1 minggu yg lalu, sy jg di bius total, kata dokter saluran yg tersumbat ud terbuka…yuk qt saling do’ain smg si kecil segera hadir ditengah Rumah tangga qt nanti…amiiin 🙂

     
  14. numi

    May 9, 2014 at 3:43 pm

    Sekarang da lumayan murah.kemarin aq hydrotunasi d dr wirianto d palopo cuma850 rb sudah termsuk obat tuk suami istri.memang sangat menyakitkan.aq sampe teriak2 n nangis.kata dokterx tersumbat.dan keluar nanah banyak. Semoga aja aq hamil setelah hydro

     
  15. mayang

    July 1, 2014 at 12:04 am

    Slm kenal semua,,aq juga sdg mnunggu khamilan anak kedua,ank prtmak 4,5th,dari anak prtama lahir,ga penah pake kb,krn sengaja mau lgsg hamil lg,tp smpe skg blm knjung hamil,pnh hsg januari 2014,hasilny ga ad sumbatan,bagus,usg jga bagus ga ad kista,tumor,posisi servik ante,udh bolak balik 4 dokter hsilny ttp nihil,minum vit e,profertil,asfol,ttp ga ad hasil,rencana mau cek hormon kesuburan,saran dari kk,mdh2n bhasil,sma2 saling mndoakan y bunda sgera diberikan adik buat si kk.amien

     
  16. vina

    September 19, 2014 at 2:13 pm

    salam kenal semuanya,,,saya bingung apa beda hidrotubasi sama SIS?? tgl 10/09/14 saya di SIS,,,,sakitnya lumayan sampe saya teriak minta dihentikan. hasil SIS tuba sebalh kanan tersumbat dan tuba kiri masih bisa dilewati tp agak menyempit. kalo belum hamil stlah ikut baby program rencananya mo di laparoscopy…sediiihhh banget, secara saya ngarap banget hasilnya bagus….

     
  17. Ieta Santy

    October 18, 2014 at 9:11 pm

    Salam kenal semua….saya jg ad penyumbatan tuba sebelah kiri,udah ditup 1x tp gk ad hasil dokternya jg kurang komunikatif! Yg punya info dokter n rumah sakit bagus d dpsr tolong info ya sis….?thanks

     
  18. diah

    January 12, 2015 at 4:00 pm

    salam kenal semua
    saya mau tanya dong yang udah pernah HSG dan Hidro lebih sakit mana ya,
    klo saya baru di HSG dan bulan depan rencana mau hidro. klo HSG 6 jam sesudah itu rasanya mules luar biasa dan gak bisa gerak.. klo hidro sama gak ya???? mksh

     
  19. fenny

    March 16, 2015 at 10:23 am

    halo mbak salam kenal, saya baru saja ke dr di kelapa gading tersebut, dan mau program utk hidro bulan depan (sebelumnya akan cek sperma dan cek darah utk cek sel telur). kalau boleh tahu apa yg membuat pindah dokter dan tidak ke dokter di gading lagi?
    trmksh.

     
    • shizuka

      March 23, 2015 at 10:05 am

      Saya dulu lupa menanyakan ke adik saya. Mohon maaf belum bisa jawab ya Mbak.

       
  20. devi

    May 14, 2015 at 7:37 am

    halo mb diah, bln kmrin saya baru sls hidro yg ke2, klo untuk hsg, rasa sakitnya baru terasa stlh selesai, tp untuk hidro sakitnya terasa sekali saat dilakukan tindakan, rasanyaaaaaa saaakkkiiitt sekali, ,tp berangsur berkurang stlh sls, smgt yaa !! Smoga rasa sakitnya segera digantikan dg momongan yg soleh solehah 😊

     
  21. dewi

    December 17, 2015 at 7:05 pm

    slm knal mba smua..sya hbis sis kmren mngkin kta lainya hydrotubasi..sya lgi program anak pertama..udh 4th nikah..pngalaman sya pas hidrotubasi..ga dibius si mba..cmn sblom di sis aku diksih obat seprti peluru utk dmsukin maaf ke anus..stelah 15 mnit brlalu..rasnya mules bget mba..tp alhmdulillah cairanya lncar msuk ke dlm rahim sya..n mudh2n sya mndpatkn jwban doa sya slma 4thun buat hsilnya positif amin..bgi kita yg lgi program mudh2n dbrikn knikmatan mnjdi ibu amin..maaf kpnjangan..

     
    • fenny

      December 30, 2015 at 11:21 am

      halo saya waktu itu pernah komen, pujituhan sdg hamil alami 5minggu, akhirnya kedokter caroline tirtajasa di omni pulomas dan jg dibantu minum wulandari (cari dicounter kosmetik sari ayu Martha tilaar). smg berhasil utk yg lainnya. tetap semangat, rajin doa, jalan kaki santai/renang, diet karbohidrat dan gula.

       
  22. sri

    January 21, 2016 at 5:19 am

    Salam kenal,,,aku hidro yang ke2 (biaya hidro 750rb) setelah hidro pertama hasilnya non paten,,,hidro yg ke dua rasanya mules dan pundak lemes,,,dokter okky sofyan bilang saluran sdh lancar, doakan bulan ini kita diberi kesempatan hamil ya,,Aminn

     
    • Eka

      August 5, 2016 at 10:20 am

      Boleh minta no pin atau wa,, senen besok insyaAllah ak akn di hydro dgn dokter yg sm dgn mba,, mohon pencerahan nya saja

       
      • shizuka

        August 23, 2016 at 6:28 am

        Mohon mmaf tidak bisa. Saya cuma bisa share yang ada di blog saja.

         
  23. ani

    January 30, 2016 at 11:12 am

    haloo semua,salam knal…q mo brbagi crita sdkt tntang hydro nih.tgl 20 jan 2016 kmrn q mnjlni hydro..awalx q tkut bngt bunda,tkut klo hsilx jelek,tkut klo skit dll,sampai2 g bsa tidur.tp trnyataa,,,rasax tu g sesakit yg q bayangin,cuma mules kyak hari 1 haid..jd buat bunda2 yg mau hydro,,g usah tkut bun,jalani aja.

     
  24. susie

    March 28, 2016 at 4:07 pm

    halo smua,,, gmn bu yg sudah pengalaman hydro apakah berhasil atau tdk?

     
  25. Iin

    July 25, 2016 at 6:54 pm

    Selamat malam semuanya. Setelah membaca pengalaman bunda semua tentang hidrotubasi aku merasa takut juga bunda. Tanggal 1 agustus aku mau hidrotubasi mohon doa dari semuanya semoga perjuanganku bisa berhasil. Oh ya aku sudah 15 tahun menikah tapi belun dikasih keturunan semoga pengobatan ini berhasil. Doa bunda semua sangat aku harapkan. Terima kasih.

     
  26. yuni

    June 20, 2017 at 6:35 pm

    Mau tanya tadi adik saya baru melakukan tiup hidrotubasi….yg mau saya tanyakan jangka waktu berhubungan apa setelah berhenti bercak darahnya bisa langsung berhubungan atau gimana ya dok?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: