RSS

Kost di Sekitar Kampus UI Depok

16 Jul

Dear Sahabat,

Tiap tahun tentunya banyak mahasiswa baru yang mencari informasi tempat kost di sekitar UI Depok. Demikian juga para orang tua, tentunya ingin tahu karakteristik tempat kost di Depok dan rentang harga kost yang ada. Berdasarkan pengalaman saya nge-kost di Depok sekian tahun, saya akan berbagi info untuk para calon warga Depok :)

Kost di sekitar UI mempunyai ciri umum:

  • Kamar sudah dilengkapi tempat tidur, lemari pakaian dan meja belajar. Ini fasilitas minimal, jadi calon penghuni tinggal membawa pakaian, buku dan peralatan pribadi saja.
  • Uang kost dibayar secara bulanan, jarang yang minta tahunan (kecuali apartemen biasanya minimal dibayar 3 bulanan)

Terkait sebaran lokasi tempat kost, berikut informasi tentang area tempat kost di sekitar UI:

1. Asrama UI Depok

Asrama ini khusus untuk mahasiswa UI tahun pertama.

  • Lokasi: dalam area Kampus UI Depok, sebelum Gerbatama, di samping Hotel Makara UI
  • Biaya: 200rb/bulan (sekamar sendiri)
  • Akses: Bis Kuning UI (gratis), ojeg atau jalan kaki untuk keluar dari wilayah asrama
  • Informasi lebih lengkap bisa dilihat di http://asrama.ui.ac.id

2. Kukusan Kelurahan (KuKel)

Disebut Kukusan Kelurahan karena jalan akses menuju UI-nya dekat dengan Kantor Kelurahan Kukusan. Jalan akses ke UI ini hanya bisa dilalui pejalan kaki atau sepeda motor.

Untuk mahasiswa Politeknik/Vokasi UI, cocok sekali tinggal di sini karena tinggal jalan kaki ke kampus.

  • Lokasi: di belakang Kampus UI.
  • Bisa diakses dengan Bis Kuning UI atau ojeg. Lebih disarankan untuk mahasiswa yang memang jarang ke luar Kampus UI.
  • Tidak disarankan untuk yang ingin membawa mobil ke kampus, selain karena akses jalannya kecil dan jarang ada kost yang menyediakan parkiran mobil, untuk ke kampus juga harus memutar ke Nusantara Raya/Srengseng Sawah dulu baru bisa masuk ke Gerbatama UI.
  • Biaya kost berkisar dari 200 – 600 rb perbulan. 200rb untuk sekamar berdua, tapi jika ingin sekamar sendiri biasanya harga mulai 400-an ribu. Ada juga yang lebih mahal dari 1 juta/perbulan dengan fasilitas AC dan parkir mobil

3. Kukusan Teknik (KuTek)

Informasi untuk Kukusan Teknik hampir sama dengan Kukusan Kelurahan. Bedanya adalah, disebut Kukusan Teknik karena jalan akses menuju UI tepat di depan Fakultas Teknik (FT) UI. Jelas bahwa lokasi ini sangat disarankan untuk mahasiswa FT, sehingga ke kampus tinggal jalan kaki. Selain untuk anak FT, area ini juga cocok untuk anak Fakultas Ekonomi (FE) karena lokasi FE bersebelahan dengan FT.

4. Area Barel/Stasiun UI

Barel adalah singkatan dari Balik Rel. Area ini diapit oleh rel kereta sekitar Stasiun UI dan Jalan Margonda. Area ini banyak dihuni oleh mahasiswa Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom).

  • Lokasi: di seberang Fakultas Hukum UI
  • Biaya kost, sekitar 700rb – 1.5 jt
  • Plus: tidak perlu menyeberang Jalan Margonda untuk ke kampus

5. Area Kober

Area ini berada di seberang Jalan Stasiun UI, meliputi Jalan Kober, Jalan Mahali, dll. Termasuk area Margonda Raya. Harga sewanya lebih mahal dibanding area Kukusan namun sedikit lebih murah dibanding area Barel/Stasiun UI.

6. Area Kapuk

Area ini berada di seberang Universitas Gunadarma Margonda, jadi selain mahasiswa UI, juga banyak sekali mahasiswa Gunadarma yang tinggal di sini. Terdiri dari Jalan Kapuk, Jalan Pinang dan Jalan Yahya Nuih. Harga sewa lebih murah dibanding area Barel/Kober, namun tentu lebih mahal dibanding area Kukusan.

7. Area Pondok Cina (Pocin)

Area ini mencakup sekitar Stasiun Pondok Cina. Banyak dihuni oleh mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat(FKM) UI dan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UI, karena mereka tinggal menyebrang rel untuk menuju ke FKM/FIK UI (lewat Gang Senggol). Area ini juga populer untuk mahasiswa Gunadarma Margonda karena bersebelahan dengan kampusnya. Area ini juga sangat dekat dengan mall-mall terkenal di Depok seperti Margo City dan Detos (tinggal jalan kaki).

8. Area Srengseng

Area ini berada di seberang Halte UI dan satu-satunya area yang masih terletak di daerah DKI, terletak sebelum batas wilayah Kota Depok. Seingat saya area ini cukup murah, hampir sama dengan area Kukusan, mungkin karena lokasinya yang jauh dari Jalan Margonda.

9. Apartemen Margonda Residence I dan II

Ini adalah tempat kost paling elit di sekitar Kampus UI Depok saat ini. Cocok untuk mahasiswa yang membawa mobil karena tersedia fasilitas parkir yang cukup dan nyaman. Jalan-jalan yang bermuara ke Jalan Margonda lebarnya relatif kecil, tidak cukup untuk dilalui 2 mobil bersamaan. Dengan tinggal di Margonda Residence (Mares), mobil Anda dari apartemen langsung masuk ke Jalan Margonda, sehingga nyaman buat Anda dan juga pengguna jalan lainnya (motor atau pejalan kaki).

  • Lokasi di seberang area Barel. Untuk mahasiswa FH dan Fasilkom cukup jalan kaki ke kampus. Kekurangannya dibanding area Barel, harus menyeberang Jalan Margonda yang sibuk
  • Biaya sewanya, untuk Mares I mulai 1.5 jt/bulan sedangkan untuk Mares II mulai 1.8 jt/bulan (belum termasuk service charge, listrik dan air). Jika ditotal bisa habis 2 – 3 juta perbulan. Untuk review harga sewa di Apartemen Margonda Residence II bisa dibaca di sini.

10. Apartemen Taman Melati Margonda

Apartemen ini berlokasi persis di belakang Stasiun UI dan sudah selesai dibangun. Kabarnya mulai disewakan bulan Agustus 2013. Dari segi lokasi tentunya lebih strategis dibanding Apartemen Mares karena tidak perlu menyeberang jalan untuk ke Kampus UI.

Sayangnya belum banyak info yang saya dapat tentang apartemen baru ini. Review-nya menyusul :)

11. Parkview Condominium

Apartemen ini berlokasi di sebelah Stasiun Pondok Cina dan masih dalam tahap pembangunan. Kabarnya akan mulai beroperasi tahun 2014.

Kesimpulan:

  • Area Kukusan adalah area paling murah
  • Area Margonda (Kober, Barel, Kapuk dan Pondok Cina) lebih mahal karena lebih strategis
  • Jika punya mobil sebaiknya tinggal di apartemen

Demikian infonya. Ada harga ada rupa. Tergantung kita menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Kalau mau yang murah (mulai dari 200rb-an), sebaiknya kost di Kukusan, tapi jika ingin lokasi yang lebih strategis tentu area Margonda lah pilihannya. Ingin kost yang elit? Siapkan dana sekitar 2 – 3 jt perbulan untuk tinggal di apartemen.

Semoga bermanfaat :)

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on July 16, 2013 in seputar depok

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: