RSS

Inseminasi Buatan

22 Jul

Dear Sahabat,

Setelah sekitar 2 tahun patah semangat, Juni 2011 saya kembali ke SPOG :)
Kali ini kami mencoba konsultasi ke Klinik Yasmin, RSCM Kencana. Singkat cerita setelah konsultasi dengan dokter kami memutuskan untuk mencoba inseminasi buatan (lagi).

Proses inseminasi buatan (IUI) dilakukan 2 periode, yaitu Juni dan Juli 2011.

Kronologis Proses IUI bulan Juni 2011:

  1. Dokter meresepkan Profertil sebanyak 5 buah untuk diminum pada H2-H6 (5 hari @1 sehari) dan vitamin eturol (@2 sehari). Tujuan pemberian obat ini adalah untuk memacu perkembangan sel telur.
  2.  H10 diperiksa ukuran telur, ternyata tidak memenuhi syarat minimal, dinding rahim juga kurang optimal. Kesimpulan dokter, IUI dibatalkan, coba lagi pada mens periode berikutnya

Kronologis Proses IUI bulan Juli 2011:

  1. Dokter meresepkan Profertil sebanyak 10 buah untuk diminum pada H2 – H11 plus vitamin eturol. Biaya konsultasi dokter, USG dan obat: Rp.576.560.
  2. H10 diperiksa ukuran telur, alhamdulillah ada satu telur yang perkembangannya bagus, selanjutnya diminta datang H12/H13
    Biaya konsultasi dokter dan USG: Rp.326.080
  3. H13 diperiksa ukuran telur, alhamdulillah ada satu telur yang berukuran 20mm (minimal 18 mm), diputuskan bahwa inseminasi akan dilakukan. Pada hari yang sama jam 19:00, saya harus disuntik dibawah pusar. Suntikan ini bertujuan untuk memecahkan telur. Diperkirakan telur akan pecah 48 jam kemudian (2 hari lagi)
    Biaya konsultasi dokter, USG dan obat suntik (ovidrel): Rp.1.003.097 (obat suntiknya saja Rp.700.590)
  4. H15 adalah hari inseminasi, pagi hari jam 9:00 sperma suami diambil dan ‘dicuci’ untuk memilih sperma yang bagus. Kemudian setelah menunggu 2 jam, dilakukan inseminasi buatan. Dokter menyuntikkan sperma melalui lubang V. Setelah inseminasi, saya diminta berbaring selama 30 menit. Setelah itu bisa pulang dan beraktifitas normal. Disarankan oleh perawat untuk ‘campur’ esok harinya. Dokter meresepkan 2 buah obat, medrol dan obat peluru yang dimasukkan ke lubang V.
    Biaya pencucian sperma Rp.1.600.000 + tindakan inseminasi buatan plus obat Rp. 1.844.163.5
  5. Dua minggu kemudian akan dilihat apakah pembuahan terjadi atau tidak

Total biaya IUI Juli 2011: 5349900.5 (dibulatkan jadi Rp.5.350.000)

Doakan ya sahabat semua, semoga inseminasinya berhasil :)

Update: inseminasinya tidak berhasil :(

About these ads
 
43 Comments

Posted by on July 22, 2011 in TTC

 

Tags: , ,

43 responses to “Inseminasi Buatan

  1. ucik

    July 26, 2011 at 8:14 am

    Jeng Kafin… Semoga Allah mengabulkan do’a bunda.. semoga IB-nya berhasil… mahal juga ya biayanya jeng? hehehe.. aku juga pernah dikasih PROFERTIL 5 biji diminum pas haid hari ke-3 tapi ga ngefek juga ke sel telur aku.. akhirnya aku kembali haid lagi di bulan depannya.. trus aku dikasih FEMARA 5 biji juga di minum pada saat yang sama juga.. tapi nggak berhasil juga… hehehe.. belum rejeki kali ya… tapi pas sampai hamil kemaren tuh aku cuma dikasih vitamin (lupa namanya… :) ) dan asam folat aja.. terus di kasih tes kesuburan.. Alhamdulillah sekarang udah 22w..

    sukses ya jeng untuk programnya… banyak berdo’a ya jeng…

     
  2. venna

    September 9, 2011 at 3:12 pm

    Hasilnya gmn sis ?? Mudah2an kabar baik yaaa.. :)

     
  3. swe*

    October 6, 2011 at 5:42 pm

    hasilnya gimana Mbak? Sukses kan? Mau ikutan punya anak ini. udah lama nunggu….

     
  4. Miauw

    October 12, 2011 at 8:31 pm

    Hello say, gmn hslnya?

     
  5. stenny

    October 22, 2011 at 11:28 am

    Dear mba,
    Bagaimana hasilnya? Apakah ada kabar baik? Kalau boleh tahu, dokternya siapa mba? Bisa kasih rekomendasi. Sy sudah 2 tahun lebih belum punya anak. Saya senang mba bisa share biaya dan pengalaman. Semoga mba mandapatkan yang terbaik. Thank you mba..

     
    • kafin

      October 22, 2011 at 2:55 pm

      Untuk Mbak Stenny, saya konsultasi di Klinik Yasmin, RSCM Kencana dengan dr. Andon.

       
  6. iin

    October 22, 2011 at 2:13 pm

    maaf mbk mau tanya setelah itu hasilnya gimana,apakah berhasil ?
    kalau ya aq juga ingin ikuti langkah mbk
    thank’s n tetap semangat.balas via email ya……………………..

     
  7. kafin

    October 22, 2011 at 2:53 pm

    Dear teman-teman, mohon maaf baru reply. Hasilnya negatif *hiks*. Jadi untuk sementara off dulu dari usaha punya anak. Insya Allah Januari 2012 mau mulai lagi. Doakan ya sis … :)

     
    • dian

      November 2, 2011 at 11:51 am

      Dear Mb’….
      Pny YM nda’…. Boleh mnt mb’…. aku pingin tny2….

       
  8. putri

    October 24, 2011 at 12:02 pm

    hai mba, saya juga berencana IB dengan dr Andon bulan depan… Tahapan awal nya ada pemeriksaan2 dulu gak sih? Thanks ya

     
    • kafin

      November 22, 2011 at 11:46 am

      Dear Putri, ya sebelum memutuskan untuk IB, biasanya dokter akan melakukan berbagai pemeriksaan dulu. Dokterlah nanti yang akan menyarankan sebaiknya kita melakukan IB atau tidak.

       
  9. deca

    October 26, 2011 at 12:35 pm

    dear mbak
    inseminasi kita mesti nginep ya di RS????after INS mesti break total ya…
    thanks

     
    • kafin

      November 22, 2011 at 11:43 am

      Dear Deca, tidak perlu nginap, seperti konsul biasa saja dan tidak perlu istirahat total. Tapi mungkin disarankan untuk tidak bekerja berat ya seperti lari-lari atau pun naik tangga.

       
  10. maymoy

    November 3, 2011 at 9:51 pm

    Tetep smangad ya Jeng!! Slalu tak putus berdoa meminta sama Alloh supaya diberikan rizki anak. Karna smuanya tak akan bisa terjadi bila tanpa restu Alloh…………Kita saling mendoakan y!!

     
  11. susan

    November 4, 2011 at 9:48 am

    Terima kasih ya atas informasinya. Aku juga lagi berusaha mau punya anak.. Berdoa terus dan sabar2 ya :) all in good time..

     
  12. fitri yulianti

    November 9, 2011 at 12:53 pm

    Aq juga sedang menjalani beberapa jenis pemeriksaan…., mudah”an semua info di atas bisa menjadi pembelajaran bagi kami..

     
  13. dyra

    November 22, 2011 at 3:11 pm

    Kta dokternya apa sist, wktu blg negatif. Knpa bs ga2l gtu??

     
  14. mery

    November 23, 2011 at 10:04 am

    ass,maaf mbak mo tanya stlh melakukn inseminasi buatn apakh bs hamil at tdk?sy jg ingin sekali melakukn inseminasi krn sy sdh 3 thn menikah tp belum di karuniai seorg ank,sy sdh lama ikut terapi tp hsl’y nihil trs sdgkn km berdua semua seht,stlh sy bc cerita mbak,sy jd ingn melakukn inseminasi,trimakih atas berbagi pengalan hdp mbak.

     
  15. ika

    December 9, 2011 at 5:13 pm

    di-update IUInya belum berhasil mba, boleh tau kenapa??

     
  16. bunga2008

    December 20, 2011 at 4:54 pm

    Hi Mbak..
    sabar ya…
    aku juga udh 3x insem di RS Bunda, tapi gagal :-(
    bulan desember ini aq BT, gagal juga :-(
    jadi sekarang pasrah aja, malah pingin terapi sengatan lebah. siapa tahu berhasil.

     
    • kafin

      April 10, 2012 at 4:03 pm

      @bunga2008: tetap semangat ya .. salut dengan usaha mbak :)

       
  17. Wiwis

    February 15, 2012 at 10:32 pm

    Hi mba, makasih banyak ya buat informasi harga yg sgt terperinci. Sangat membantu untuk mempersiapkan dana. Saya juga sdg ingin mencoba inseminasi. Saya doakan smoga Mba berhasil pnya anak tahun ini. Aamiin…

     
  18. tutut

    February 23, 2012 at 9:04 am

    Thanks sist… Saya rencana juga mau melakukan inseminasi karena saya merasa itu perlu karena kondisi yg selama ini mengandalkan telur kana karena yg kiri sdh tertutup bekas operasi kista..
    Thanks ya

     
  19. irma

    April 4, 2012 at 12:51 pm

    mba, apakah setelah insem diharuskan “campur”?saya memang mau coba ke klinik yasmin….tapi harus pas lagi haid yah?

     
    • kafin

      April 10, 2012 at 4:04 pm

      @Irma: mungkin maksudnya, andaikan perkiraan hari yang ditentukan dokter meleset 1 hari, kita bisa menggunakan kesempatan tersebut mumpung telurnya lagi bagus.

       
  20. sandra

    April 9, 2012 at 4:29 pm

    mbak, btw mahal juga ya di KLinik Kencana RSCM, tadi nya saya juga mau insem di sana dgn Dr.Andon tetapi males nya harus buat perjanjian dulu, lah,..klw saya kerja kantoran enggak enak minta ijin terus buat ke dokter,
    jadi nya saya ganti dokter di Rs abdi waluyo

     
  21. reski

    April 10, 2012 at 3:04 pm

    mbak aq mau tanya donk,kalau kita mau inseminasi, jadwal kedatangan kita kedokter tepat nya brp hari setelah haid? berhubung dikota saya ngk ada klinik buat insem jd rencanya saya ingin melakukan insem dijakarta dan harus mengatur jadwal yang pasti biar ngk bolak balik.
    Dan mau tanya juga ada yg pernah dengaer ngk inseminasi di Brawijaya woman n children hospital? kalau ngk,tlg y mbak referensi tempat inseminasi yg bagus. tq mbak

     
    • pipit arian

      May 5, 2012 at 10:05 pm

      q insem d klinik permata hati RS sarjito Yk biaya konsul obat tindakan 4 jutaan

       
  22. Icha Fd

    April 11, 2012 at 12:35 pm

    Boleh jg infonya,terus mau nyoba lg nggak?mdh2n qt kelak kn mendapatkannya…

     
  23. pipit arian

    May 5, 2012 at 10:00 pm

    yang sabar dn tetap semangat, q jg br aja IB ke 2 setelah april kmrn gagal sempat depresi jg krn s4 d usg ada kantung 10,8ml d awali ngeflek jd panik kmrn. Smg bln ini rejeki q IB bs sukses, amin

     
  24. tami

    May 8, 2012 at 10:17 pm

    yang sabar ya bu… anak itu titipan Tuhan…brarti kita blm d prcy untuk mnjg titipanNya…saya jg mnglmi hal yg hmpir serupa…thanks for sharingnya…

     
  25. reni

    May 17, 2012 at 8:12 pm

    amin….amin….,,sy juga ada rencana pengen inseminasi, tp msh takut2 dan yg pasti msh nabung dulu…hehe.

     
  26. lilis

    September 12, 2012 at 8:40 pm

    tuhan tau apa yang terbaik bagi umatnya………tetap semangat dan terus berusaha dan berdoa

     
  27. devita

    November 19, 2012 at 11:32 am

    Dear kafin,
    boleh tau ga progressnya sekarang gimana
    udah pernah hydrotubasi,tapi belm hamil juga
    rahim dan kesuburan baik2 saja kata dokter
    alternatif terakhir ya IB,Insya Allah minggu ini ke RSCM
    katanya di bagian “mak-mal” ??? atau salah denger nama bagiannya ya

     
    • kafin

      April 1, 2013 at 12:55 pm

      Mbak Devita, sampai hari ini saya belum sukses jadi Ibu. Sejak inseminasi ini, saya belum pernah usaha lagi ke SPOG.
      Benar, ada bagian MakMal di RSCM Pusat.

       
  28. Tarpin

    December 2, 2012 at 3:36 pm

    Bu Kafin yg terhormat, saya dan isteri sdh empat tahun menikah dan masih belum punya anak. Kami berencana ingin melakukan iseminasi buatan. Kalau boleh tahu, maaf, proses pengambilan sperma suaminya dengan alat tertentu, atau dilakukan “sendiri”? Demikian saja, terima kasih atas jawabanya.

     
    • kafin

      April 1, 2013 at 12:54 pm

      Pak Tarpin, mohon maaf baru sempat jawab. Pengambilan sperma dilakukan “sendiri”. Setelah itu sperma diproses di lab, namanya “pencucian sperma”. Sperma yang sudah dicuci ini nanti disuntikkan oleh dokter ke rahim istri.

       
  29. yantiatiri

    December 29, 2012 at 10:02 am

    lam kenal semua nya.ikut nimbrung ya.sy jg udah 4th mendambakan baby.skrg H 13 setelah IB….lg deg2 an ne nunggu hasilnya.kt sm2 mendoakan sya smga Tuhan mendengar n mengabulkan doa kt.amiin…..

     
  30. nurmeiny

    January 16, 2013 at 2:57 pm

    thanks infony sangat berharga

     
  31. nurmeiny

    April 4, 2013 at 6:18 pm

    Salam kenal thank atas infony..sy saat ini jg lagi program hamil br dilakukan suntik hormon..mdh2 bisa normal aja tdk insem.kl pun hrs…ya jalani saja semuany serahkn pada sang pencipta

     
  32. vayastra

    April 16, 2013 at 10:16 pm

    Hi kafin salam kenal ya,lg browsing ttg proses insem di yasmin juga nih kebetulan jadwal saya besok, cuma bingung aja knapa jarak insem saya cuma semalam dari suntik ovidrel/pecah telur ya? Kamu kan 2 hari gitu ya jdwlnya dari suntikan itu.
    Thanks ya udh sharing..

    http://ourbabycow.blogspot.com

     
  33. Fairus

    September 5, 2013 at 1:30 pm

    Salam kenal semuanya

    Mba semuanya ak sedang program hamil tetapi suami kerja jauh jadi kebentur waktunya, sebelumnya sy sudah kebeberapa dokter tetapi ada saudara yg memberi tahu utk morula ivf di BIC menteng, sy sudah 2x kesana kemarin pas datang bulan hari ke 4 sy usg dan kebtulan sel telur masih kecil dan sy diksh obat utk penyubur, dan bsk hari ke 13 sy diminta utk kembali kedokter utk usg kembali cek sel telur sudah besar apa belum rencana insyallah kalo besar sy mau langsung Insem karena suami okt awal harus kembali kerja diluar kota jadi sy hanya mendapatkan masa subur 1x saja, sy agak deg2an apakah ini berhasil karena baru pertama kali mau insem, mohon doanya ya :)

     
  34. Irvan

    October 15, 2013 at 12:31 pm

    Saya mau tanya untuk proses IB dari tahap awal sampe kelihatan hasil nya, habis brapa duit mba? makasih :D

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: