RSS

Pengalaman Menjalani Test HSG

01 Mar

Aku menjalani test HSG di Lab BIO-TEST, bertepatan dengan hari ke-10 terhitung sejak hari pertama menstruasi. Dokter T sebenarnya menyarankan agar test dilakukan pada hari ke-12, namun jika keadaan tidak memungkinkan, boleh dilakukan pada hari ke-10 atau ke-11. Oleh karena hari ke-12 adalah hari Senin dimana aku harus bekerja, maka akhirnya diputuskan bahwa test akan dilakukan pada hari ke-10.

Sebelum hari H, aku dan suami mencari tahu tentang test HSG melalui internet dan teman. Teman suamiku menyarankan kami membaca sebuah artikel berjudul “HSG Deteksi Awal Penyumbatan Saluran Telur“. Pada artikel ini, penulisnya memberikan penjelasan yang lumayan lengkap tentang test HSG, antara lain tentang tujuannya, pelaksanaannya, alasan mengapa harus dilakukan pada hari ke-9 sampai ke-11 (ya, agak berbeda sedikit dengan saran dokterku). Keterangan bahwa test ini menimbulkan rasa nyeri membuatku agak khawatir.

Sesuai saran dokter, maka sebelum hari H aku sudah menelpon dan mendaftar ke Lab BIO-TEST. Menurut staf BIO-TEST, aku tidak perlu melakukan persiapan apa pun untuk test ini. Termasuk tidak perlu membawa pakaian dalam ganti dan pembalut seperti yang pernah aku baca di sebuah blog. Staf tersebut juga menyatakan bahwa test ini sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit, berbeda dengan apa yang dituliskan di artikel di atas. Mengenai biaya test, ternyata lumayan mahal, yaitu Rp. 670.000.

Pada hari H, aku ditemani suami datang ke Lab BIO-TEST. Pada saat pendaftaran dikatakan bahwa aku akan diperiksa pada jam 11:00, namun mungkin karena banyaknya pasien, aku baru diperiksa jam 13:15. Hmm, sempet wisata kuliner dulu deh di Jalan Sabang ;-)

Leganya ketika namaku akhirnya dipanggil oleh petugas lab, sudah menunggu dua jam lebih getu loo… Aku diminta untuk ke kamar kecil untuk mengosongkan kandung kemih, sementara itu suamiku diminta mengisi form, sejenis form persetujuan tindakan lab. Setelah itu kami dipersilahkan memasuki ruangan rontgen. Senangnya suamiku boleh ikut masuk, aku jadi lebih rileks menghadapi test ini.

Pertama-tama, sebagaimana lazimnya pasien yang akan di-rontgen, aku diminta mengganti bawahan dengan celana panjang khusus yang akan memudahkan dokter radiologi untuk memasukkan cairan kontras ke rahim melalui lubang V. Setelah itu asisten dokter memintaku berbaring di sebuah tempat tidur yang dibagian kepalanya ada alat yang nantinya berfungsi untuk memotret rahim. Sebagai tahap persiapan dari test ini, aku diminta memasukkan obat (pil) berbentuk peluru ke dalam anus. Menurut asisten dokter, gunanya untuk membuat aku lebih rileks, tapi kok aku malah jadi agak mules ya?

Setelah menunggu beberapa lama agar obat tadi bekerja, dokter pun datang dengan membawa pernak-pernik peralatannya. Terdapat semacam selang, dan wadah berisi cairan. Dokter memintaku untuk tidak memperhatikan pernak-pernik tersebut agar aku tidak stress. Hmm, proses menyetel peralatan untuk memasukkan cairan kontras ke rahim memang agak tidak nyaman. Sepertinya semacam cateter yang biasa dihubungkan ke saluran kencing, untuk test ini dihubungkan dengan lubang V. Setelah cateter itu ‘terpasang’ dengan baik, rasa tidak nyaman pun hilang. Pada saat cairan kontras dialirkan juga tidak sakit kok, cuma ada sedikit perasaan gak nyaman saja. Selanjutnya dokter memintaku untuk berkali-kali tarik nafas – buang nafas melalui mulut, sembari memperhatikan layar monitor yang menampilkan gambar rahim dan saluran telur. Dokter Sandra baik deh, ramah dan komunikatif. Beliau menjelaskan gambar yang ditampilkan alat HSG. Ternyata saluran telur itu kecil/tipis sekali. Pada gambar sih kelihatan seperti sehelai rambut. Alhamdulillah menurut dokter, saluran telurku normal, atau istilah radiologinya patent :)

Demikianlah, semoga pengalaman ini bermanfaat untuk teman-teman, khususnya yang akan menjalani test HSG. Oh ya, lama test-nya hanya berkisar 30 menit. Menunggu hasilnya juga cuma butuh waktu sekitar 30 menit.

About these ads
 
109 Comments

Posted by on March 1, 2009 in TTC

 

Tags:

109 responses to “Pengalaman Menjalani Test HSG

  1. Shirley

    March 18, 2009 at 9:10 am

    Sis, beneran gak sakit khan Sis ?

     
    • kafin

      March 19, 2009 at 12:01 pm

      Yang saya rasakan sih tidak. Mungkin hal ini juga tergantung kepada skill/kesabaran dokternya juga ya.

       
  2. Ajeng

    May 29, 2009 at 12:16 pm

    Salam kenal ya…pas lg browsing ttg tes HSG nemu blog ini. Thanks bgt sharingnya menguatkan hati!!!! Hbs yg lain2 katanya sakit lah, smp ga bs jalan hbs tes, minta dibius bla.. bla..bla..Jadi sereeeem!!!

    Rencana Selasa depan mau tes, duuuh deg2an.
    Kta dah hmpr 3 thn merit blm dpt baby, makanya skrg sibuk wira wiri ke dokter&lab. Semangat!!!!

    Trs gmn skrg, ada progress apa niih? Sukses ya…

    Cheers :)

     
  3. luci

    August 17, 2009 at 10:47 pm

    hello sis,

    bulan depan aku akan hsg semua blog aku buka sampai aku gak tenang krn semua bilang sakit smoga dokternya sabar juga doanya ya smoga hasilnya bgs udh 9 th aq blm punya anak

     
  4. Ima

    August 20, 2009 at 12:03 pm

    haloo,,salam kenal.

    saya disuruh dokter utk tes HSG.rencanya tgl 22 agt tes HSG di lab bio-test. iseng2 browsing lwt internet, n nemu deh blog ini :) thanks bgt yaaaa infonya

    eniwei, abis tes HSG , kita bisa langsung aktivitas/kerja ga ? atau disuruh istirahat total ?

     
  5. yuyun

    January 15, 2010 at 11:43 am

    hallo sis,
    duh, ngebacanya jd agak2 ngeri jg ya.
    soalnya sy jg mw test HSG ne tp msh blm ready.
    msh HHW gtu.

     
  6. hafzah

    January 20, 2010 at 12:33 pm

    Thanks bgt loh sis.. Tgl 23 an ni aq test hsg di tempat yg sama doanya ya thx

     
  7. Galuh

    February 8, 2010 at 11:19 am

    Hai, salam kenal buat semua. Saya menikah selama 2 tahun, rencana punya bayi baru setahun yang lalu. Selama menunda nggak pakai kontrasepsi apapun hanya hitung tanggal subur. Sudah datang ke 2 dokter nggak ada yang menyarankan tes HSG, baru ke dokter ke-3 disarankan tes. Takut setengah mati karena disuntik aja nangis. Tapi setelah baca blog ini agak santai dan tenang. Jadwal test besok 9 Februari, semoga hasil tes bagus… amin. Terima kasih semua atas sharenya :)

     
  8. chintya

    February 15, 2010 at 12:31 pm

    mau tanya dunk sist,
    dimana alamat test HSG (BIO-TEST ), btw bisa ga ya request dokternya ?? waktu itu ditangani oleh dr. Sandra ya??
    aq dpt info harga buat test HSG di Serang Banten kok cuma 360 rb ya..?? tp kata temenku yg pernah ke sana kok sakiitt bgt. Makanya pas baca arikel ini, aku kok tertarik pengen di BIO TEST aja (pilih di t4 yg bilang ga sakit..hee..he). tlg balas di emailku aja ya sist. Thx a lot.

     
  9. windri

    April 10, 2010 at 12:35 pm

    semoga setelah baca blog ini, jd ga takut lagi,soalnya insya allah minggu depan aku mo HSG,semoga pengalaman diatas terjadi juga sama aku,ga ada rasa sakit,ato lainnya.amiiin.

     
  10. tari

    April 11, 2010 at 2:35 pm

    halo, lam kenal.

    aku rencananya bulan ini akan melakukan tes hsg, jadi ada perasaan takut n deg-degan karena menurut yang pernah menjalankanya sakiiiiiiiiiiit banget. trims ya setelah membaca ini akau jadi bisa sedikit lega. doain ya aku dah 4 thn blm dapat momongan.tq

     
  11. Anggie

    April 20, 2010 at 1:36 pm

    mbak, mau tanya lab bio test itu dmn ya ? tq

     
  12. jasmine

    April 25, 2010 at 11:15 am

    dear sahabat,
    semalam aku habis hsg, saat ini perut terasa ga bisa buang angin dan pup. apakah sahabat juga mengalami seperti itu?
    thx 4 sharing..

     
  13. nai

    April 30, 2010 at 12:43 am

    salam kenal…..
    thanks ya blognya bgs bikin tambah semagat untuk melakukan tes. boleh tny2 nich… kenapa melakukan test HSG harus hari ke 9 -11,blh tau gak??? aku nich rabu dpn mau HSG tp kog dokterku menjadwal pas hari ke 16 menstruasi???

     
  14. nai

    April 30, 2010 at 12:49 am

    salam kenal…
    Thanks ya blognya bgs… jd semangat nich untuk tes… blh tny2 nich??? kamu pernah tau gak,knp HSG harus hari ke 9 – 11 menstruasi?? aku rabu dpn mau tes jg tp koq itu udah hari ke 16 ya?? jd bingung ja nich??

     
  15. Risna oktarina

    July 11, 2010 at 11:07 am

    hai,salam kenal all

    aku juga pas pertengahan bulan juni aku HSG diLab Bio-test…memang gak nyaman pas hsg….hrs masuk obat melalui anus…stlh itu dikateter…tp alhamdulillah saluran ku dua2nya tidak ada penyumbatan,tetapi mulut rahimku tlalu kecil <2mm.stlh hsg kira-kira seminggu aku balik ke dokter ku di BCI menteng,,,bln juli ini aku kemungkinan akan dilitasi (proses pelebaran mulut rahim kurang lebih 6mm…ya mudah2 dng cara pelebaran…aku berhasil,amien. dan smoga yg lain berhasil melalui HSG

     
    • nikcen

      October 28, 2011 at 12:33 pm

      mb,q jg ma dokterq suruh tes hsg.q dah di lab,kemudian dokter melakukan proses hsg,tp koq gagal ya katanya alatnya tidak ada yg pas,mulut rahimku terlalu sempit….gimana menurut mbk?

       
      • desi

        September 19, 2013 at 6:02 am

        hello…. salam kenal semua.
        oya mbk niken gmn kabarnya apakah sdh berhasil hsg, krn aku udah 2 x hsg tapi kok hasilnya jg gagal katanya alat tidak masuk , aku bingung nih, aku disuruh LO tapi masih takut n penasaran sama hsg ini. gimana menurut mbk?

         
  16. Bonni

    July 14, 2010 at 10:12 am

    haloo..

    seneng banget deh mbk akhirnya bisa ngerti apa itu hsg test..

    thanks infonya..

     
  17. rahma rauter

    July 23, 2010 at 9:36 pm

    alhamdulilah, ada yang menguatkan hatiku. dua minggu ini resah terus karena banyak orang yang berpendapat bhw hsg sangat sakit. ketemu dengan blog nie, agak sedikit menenangkan hati.. semoga aku juga bisa rileks

     
  18. cheche

    July 29, 2010 at 8:30 am

    Sebenarnya kami sdh pnya anak 1 usia 3 th, tp suami pgn punya anak lg sdh setahun berusaha tdk hamil2 2nd opinion Dr kandungan harus tes HSG..stress..krn takut diobok2 ingat wkt hrs dipasang kateter wkt Ops.Caesar anak pertama..kira2 perlu gak seh..sy tes HSG..?? apa menunggu seiring wkt sampai akhirnya dikasi Tuhan… rencananya Jumat 30 Juli 2010 sy tes HSG… :(

     
  19. novia irawati

    August 5, 2010 at 9:26 am

    wah, aq juga senang rasanya setelah bergabung di blog ini karena sdh was was hsg itu apa sih karena aq sdh 6 th menikah belom ada momongan, mungkin dgn berikhtiar tes hsg ini bisa berhasil.. mohon doa-nya ya

     
  20. noni

    October 10, 2010 at 6:56 pm

    kami sdha nkh 2thn n konsltasi dkter kmdian disrnkan utk HSG.tgl 30sept kmrn prses HSG sdh aku jalani.kmi sangat besar harapan untk bisa mendapatkan stlh HSG.namun hsl yg sy trma hasilnya non paten.saya sngt sdh dgn hsl tsb.kmadian dktr mnyarankan saya utk terapi dg metode penghangatan pd saluran penyumbatan yaitu fisio terapi yg hrs ditangani dgn dkter khusus.skg srt rujukan ke dktr terapipun msh sy smpan.krn sy blm mmhami tntang hal ini. tolong tmn2 yg tau dan memahami muat di artikel ini..thanx

     
    • ratna

      November 16, 2011 at 2:47 pm

      aq sdah 20 x fisio terapi tp hasilnya o blm jga dikasih momongan kok…tp intinya sabar

       
  21. WINIA

    October 11, 2010 at 12:24 pm

    iya bener aq baru kemaren jalanin hsg.. awalnya sih deg2an apalagi pas liat persiapan sustenya nyiapin alat2nya..
    tp karena dokternya ramah bngt n bisa bikin aku relaks.. jd ya asyik ja jalaninya.. cm mules kaya mules lg haid ja ko rasanya…
    so.. buat yg mau hsg.. relaks ja… gpp ko

     
  22. pricilia

    October 26, 2010 at 11:18 am

    ass. saya perna mengikuti HSG di Jambi… yang saya rasakan adalah rasa nyeri yang sangat2 nyeri….. keesokan hari setelah HSg… saya tidak bisa berdiri dengan tegap dan tidak bisa berdiri, saya hanya berbaring seharian diatas t4 tidur… karna bagian bawah perut ku itu sakit sekali…. sampai bbrp hari…..
    dokter ke – 3 menyatakan saya harus mengikuti terapi lagi… setelah terapi kemudian akan di lakukan test HSG lagi…. tidak terbayang apa yg akan terjadi lagi…. sampai skrg saya tidak ingin mengikuti HSG itu lagi…. karna saya tidak ingin mengalami sakit yg seperti itu lagi…. jujur saya katakan … saya masih trauma atas kejadian itu……..
    sekarang saya hanya berdoa dan berdoa sembari menunggu mukzizat itu datang padaku…. wasalam

     
    • kafin

      February 25, 2011 at 11:19 am

      Dear Mbak Pricilia, saya ikut prihatin dengan pengalaman mbak melakukan HSG. Mungkin ada banyak faktor ya, dokter atau kondisi pasien.

       
  23. bunda fajar

    January 18, 2011 at 7:16 pm

    halo bunda, aku hendak menjalani tes HSG, mungkin bulan depan setelah haid, dan hari ke 10 aku akan menjalani nya, aku pernah baca di sebuah blog, katanya sakit, aku mengundur waktu krn sempat ciut nyali, apakah benar sangat menyakitkan seperti pada saat kontraksi waktu akan melahirkan, ketika di masukan pil yg berbentuk peluru itu?.. aku agak tidak tenang, mohon infonya ya bunda ke email di atas, terima kasih sebelumnya, aku berharap Test HSG ku berjalan dg baik dan tidak menyakitkan, Amin

     
  24. bunda fajar

    January 18, 2011 at 7:24 pm

    oia, aku lupa, aku pernah bertanya di salah satu rumah sakit di bandung, katanya jika akan melakukan test HSG, kita tidak boleh (maaf) berhubungan intim selama 2 minggu menjelang test HSG tersebut, apakah benar begitu?..persiapan apa saja yang harus aku lakukan?…trims ya bunda

     
    • kafin

      February 25, 2011 at 11:17 am

      Dear Bunda Fajar, mohon maaf baru membalas.
      Setahu saya tidak ada larangan tersebut.
      Satu-satunya persyaratan yang saya tahu adalah masa pelaksanaan HSG-nya, yaitu para periode haid hari ke 10-12.

       
    • riviawaty

      June 30, 2014 at 10:49 pm

      Memang begitu kt ny dokter kandungan sist… karena klo setelah haid kita berhub intim dengan suami baru setelah itu kita menjalani tiup rahim. Maka dikuatirkan sperma yg sudah masuk akan jadi berbuah dan lengket diluar kandungan yg biasa ny disebut hamil anggur. Jadi saya sarankan jika ingin berhub dgn suami memakai alat kontrasepsi kondom sambil menunggu jadwal tiup rahim ny.

       
  25. kafin

    February 25, 2011 at 11:14 am

    Dear All,
    Mohon maaf tidak menjawab comment. Saya sudah lama tidak melanjutkan me-maintain blog ini. Salah satu alasannya mungkin karena saya mulai putus asa dengan usaha mendapatkan anak ini.
    Semoga teman-teman tetap semangat dengan usahanya :)

     
    • fajar

      April 11, 2011 at 3:29 pm

      Jangan pernah putus asa dong sis… selama hayat masih dikandung badan… gak ada yang gak mungkin … semua bisa saja terjadi selama ada usaha dan kemauan… dan tentu saja dengan seijin Tuhan yang maha Esa…

      saling sharing dengan yang lainnya terkadang mampu membuat kita lebih kuat dan tegar… cari tau dari yang udah lama gak dapat tapi akhirnya berhasil sis… untuk memotivasi semangat kita… hehehe

      Keep Spirit yoooo….

       
      • kafin

        July 22, 2011 at 11:55 am

        Terima kasih Bu Fajar atas dukungan semangatnya :)

         
  26. naning

    May 24, 2011 at 2:06 pm

    share neh:
    aku kemarin baru saja tes HSG.
    kalo kata dokterku, tes HSG dilakukan pada hari ke-10 dari menstruasi pertama kali. setelah itu tidak boleh berhubungan badan dengan suami sampai tes HSG dilakukan.
    hal ini dikarenakan untuk mencegah terjadinya pembuahan yang terjadi selama menunggu waktu tes. kalo ada pembuahan jadinya g bisa di tes dong.

    kmrn sempet takut juga seperti apa rasanya, baca2 di blog katanya ada yang sakit. tapi kmrn waktunya cuma bentar aja kok, rasanya kayak sakit waktu pertama datang bulan gt.
    kalo bagi sebagian perempuan yang sakit perut ketika datang bulan, pastinya sakitnya g kerasa banget, soalnya rasanya ya kayak gt deh.
    Pada waktu HSG kita cuma disuruh telentang, miring kekiri, kekanan untuk diambil X-ray photo nya.
    tapi kemarin kaget juga setelah tes HSG selesai, eh…waktu pas bangun keliatan alat2nya kayak apa, huuuaaaahhh… alatnya menakutkan. ampe keesokan harinya masih terbayang2 tuh ama bentuk alatnya.

    sore harinya hasil tes keluar dan alhamdulillah hasilnya memuaskan. semoga keinginan dapat momongan segera terkabul.
    amin 3x.. ^_^

     
  27. ndutyke

    June 6, 2011 at 7:01 pm

    Bulan Maret kemaren aku HSG dan gak sakit kok. Malah lebih nyeri kalo pas mens. Itupun mens-ku juga gak yg nyeri banget sampe guling2 dan butuh pain killer.

    Jd kesimpulannya: HSG tidak perlu dikhawatirkan.

    Isi postingan ini mirip banget dgn pengalamanku. Yg penting kita rileks, tarik napas dan buang melalui mulut dan JANGAN ngeliat perlengkapan dan peralatannya si dokter karena akan bikin tegang.

    Merem aja trs disambil berdoa yang banyak :)

     
  28. Louisa

    August 10, 2011 at 7:34 pm

    Ikut nimbrung!! Browsing cari tau ttg HSG,eh nemu dsni.. Trim’s atas pengalamannya! Aku nikah sudah 11 bulan,blm hamil,mungkin krn suami tugas luar kota,pulang 2bulan sekali.. Haid lancar,tepat waktu,kadang maju 1-2hari, hanya saja tiap haid suka sakit, wajar tidak ya? Karena saking ngebet pngn hamil, aku nekat ke dokter kandungan,dsana aku di USG yg kata dokter, “kandunganku bagus”.. Lalu dberi obat pnyubur,dipasin ma waktu’y suami cuti pulang! Sudah 2 kali spt itu,tp ga bhasil jg… Apakah aku harus test HSG juga?? Terkadang minder juga ya keduluan hamil ma yg nikah baru dr kita…. Smg Allah mempercayakan keturunan kpd kita, Aamiiiiinnnn

     
  29. ummi fadhil

    August 23, 2011 at 7:00 pm

    wadhuus siistaa… qu juga degdegan niih mengingat esok hari adalah wktunya qu HSG sempet 2 thn yg lalu qu disaranin dokter tuk HSG pas nyari tau apa dan gmn akhirnya kuurungkan niat tuk HSG sambil ku berharap aku keburu hamil tanpa hrs menjalani HSG tapi apa mau dikata stlh hampir 11 thn kelagirn anak pertamaku tak kunjung ia mendptkan sang adik yg akgirnya mau gak mau HSG harus kujalani sbg proses program baby berikutnya.. doain ya sista… mg HSG ku lancar… amiin…

     
  30. merrysa

    August 27, 2011 at 11:01 pm

    tadi pagi saya baru check hsg ..dan hasil nya..
    hasil = melalui cervix adapter dimasukkan cairan kedalam canalis cervicalis.
    -cavum uteri ukurannya normal dengan pinggiran yang rata dan tidak tampak deftects.
    -tuba fallopi kiri dan kanan kalibernya masih normal dan tampak peritoneal spill kiri dan kanan .
    concl = patency dari kedua tuba fallopi .

    maksudnya apa yah?
    ada yang ngerti tolong di jelasin..makasih yah

     
  31. ikafai

    September 14, 2011 at 9:57 am

    hi semua. Aku udah hampir 2 tahun nikah belum ;punya momongan. kemaren pas USG, dokternya juga nyaranin buat HSG. Setau aku, HSG sakit kalo memang tuba (saluran telur) kita eggak patent atau ada sumbatan. kalo tubanya normal, biasanya gak sakit.

    Aku masih mikir2 buat HSG, karena waktu 3 bulan lalu di hidrotubasi udah sakiiiiit banget. Tapi dokter yang kemaren bilang kalo sama dia insyaAllah HSG gak sakit.

    Ayo yg lain jangan putus harapan ya. saya juga berkali-kali pengen nyerah tapi ngeliat banyak yang senasib dan saya ternyata gak sendiri. Kita pasti bisa. semangat dan saling mendoakan ya, teman-teman

     
  32. nunu

    September 19, 2011 at 7:51 pm

    kenapa yah setelah 10 hari HSG perut sebelah kiri ku masih terasa nyeri dan linu

     
  33. bunda fathan

    October 10, 2011 at 10:32 pm

    Bln Mei kmrn aq di diagnosa sm dokter hamil diluar kandungan sdh 5 minggu alhamdulillah tdk sampai dikuret cuma disuntik mtx 2x suntik sdh dinyatakan bersih tp hrs tes hsg untuk lihat kondisi saluran telur tersumbat atau tdk, jd rencananya bln dpn aq tes hsg tp takut bgt, setelah baca blog ini agak sedikit berkurang rasa ketakutannya, tp ttp deg2an jg sih… Abis baca2 artikel laen bnyk yg bilang sakit. Sebenernya sakit ga sih?????

     
  34. aisyah

    October 11, 2011 at 9:35 am

    Baru akan menjalani nya hari Kamis besok (13/10/2011). Mudah2an ga sakit beneran…jadi agak pede nih :)

     
  35. essy

    October 18, 2011 at 11:16 am

    hi
    aku juga bru aja slsai hsg, awalnya tkt tp semua baik” aja ko,tp sayank hasilnya hrs nunggu 7jam kmudian soalnya drnya lgi ad tugas lain,mdah”an hasilnya normal n baik” aja ,jgn tegang aj,pas mskin agak tkt” gitu,tp berasa mules dikit doank si,emg pas keluar dr rs leemes gitu,tp gpp ko,mknya dr mnganjurkan kt di antr suami,biar ada yg ngjaga. semoga brhsil smuanya :)

     
  36. iin

    October 22, 2011 at 2:06 pm

    thank’s ya setelAH BACA BLOG INI AGAK TENANG DIKIT DH ,rcn hari rabu tgl 26 aq hsg.mudh2an berjalan lancar n gak sakit ya!

     
  37. yuri

    October 23, 2011 at 9:36 pm

    Baruu aja sy dapet telpon kl besok jadwal tes hsg, terimakasih sharingnya..

     
  38. ratna

    November 16, 2011 at 2:43 pm

    salam kenal ya sis
    setelah mnjalani HSG apa ada hasilnya yach?
    dan apa sudah di kasih momongan
    THx ya

     
  39. elin

    November 22, 2011 at 11:08 pm

    kemarin aku habis hsg didampingi suamiku, perasaan takut dan badan panas dingin…. tapi aku berusaha buat relax, tapi kalau aku gak dikasih obat lewat anus,tapi dikasih suntikan dipantat.rasanya pegal-pegal, habis itu miss v kita dibersihkan, habis dibersihkan dimasukin alat yang bentuknya seperti mulut bebek persis seperti alat untuk mengambil gorengan, rasanya sakit banget sampai badanku pucat,habis itu dimasukin selang infusan trs disuntikin cairan yang bikin mules banget,berasa sampai kepantat……habis itu kita baring kiri dan baring kanan trs suruh dibersihkan ketoilet,habis itu difoto. kalau aku sampai muntah karna rasa mules yang aku rasa…tapi hasilnya belum bs diambil langsung,nunggu 1 hari. doain y mudah-mudahan aku cepat dapat momongan. buat yang mau hsg jangan takut. kita berdoa dl sebelumnya supaya lebih relax. jangan tegang kalo tegang justru tambah sakit…..

     
  40. naning

    November 23, 2011 at 8:10 am

    hai calon bunda…
    alhamdulillah sejak Mei 2011 aku tes HSG dan hasilnya emang bagus, akhirnya aku dapat momongan lho :)
    tes HSG bulan Mei 2011 eh bulan Juni nya udah telat dan aku hamil deh :)
    baca2 juga di artikel kalo setelah tes HSG dan hasilnya bagus, 99% kehamilan pasti terjadi karena sperma dengan lancar dapat bertemu dengan sel telur. sekarang kehamilan udah usia 6bulan, doain ya bunda dan jangan patah semangat serta takut menjalani HSG, buktinya akhirnya aku hamil neh setelah HSG :)

     
  41. iyaz

    November 28, 2011 at 11:02 am

    aku nikah bulan maret 2011..pengen banget punya dedek..aku ma suami sepakat memeriksakan diri..dokter nyaranin aku test HSG dan suami test analisis sperma..aku langsung browsing tentang test HSG ini..ternyata banyak cerita yang menyatakan kalau test ini akit bhakan sakit banget..tanggal 15 Oktober kmaren aku dijadwalkan dokterku buat tes HSG..rasanya degdegan banget..takut dan bahkan aku sempet mau mundur aja karena takut sakitnya..tapi suami memberikan semangat dan meyakinkan aku bahwa ini semua demi tujuan kami untuk segera mendapatkan junior..sampai di Prodia aku langsung daftar (aku sudah buat janji sama dokternya 3 hari sebelumnya)..setelah nunggu 30 menitan, aku dipanggil masuk ruang test..dokter menyuruhku ganti baju dengan pakaian khusus yang sudah disediakan dan untuk mengosongkan kandung kemih..sampai disisni perasaanku masih ga karuan..dokter ngajak aku ngobrol supaya aku lebih rilex..ternyata proses HSG mulai dari pemasangan alat sampai selesai paling cuma 15 menit..dan rasa sakit yang aku takutin juga ternyata g ada..rasanya cuma kaya nyeri haid aja pas cairan kontras dimasukkan..tapi cuma 5 menit nyerinya udah hilang..selesai test aku bisa langsung pulang (sebenernya sih jalan2 sama suami,hihihi)..jadi kesimpulannya, test HSG itu GA SAKIT..jangan takut buat yang baru mau test..dan alhamdulillah hasil test menyatakan kalau kedua saluran tubaku paten alias ga ada masalah..sekedar tambahan aja, di prodia biaya test HGS 450 ribu..
    doakan semoga aku cepet hamil dan punya junior yaaacchhhh….

     
    • RAHMA

      May 5, 2012 at 5:58 am

      hallo sist thank sharing info na ya……?btw boleh tagu ga rumah sakit na apa daN DIMANA

       
  42. Icha

    December 10, 2011 at 1:06 pm

    Sist minta alamat test nya dung,ak periksa d dokter rmh sakit islam tp kata dokterny boleh test d tmpt lain koqqq… Setelah baca ini saya tertarik sist

     
  43. siti

    January 7, 2012 at 9:06 am

    alhamdulillah hari ini aku baru saja tes hsg,sempat tegang sih…tapi aku berdoa aja,…rasanya cuma ngilu begitu dan mual sedikit…tapi cuma sebentar kok…hasilny aku belum tau harus ke dokter lagi biar jelas..tunggu hari selasa

     
  44. lalas

    January 26, 2012 at 11:02 am

    salam kenal…trimakasih atas infonya yach…sy jd tenang. semoga sy bisa melaluiny tanpa rasa sakit.

     
  45. tyas

    February 9, 2012 at 1:30 pm

    makasih buat info nya….
    bsa buat saya lebih tenang…coz minggu depan renc mau hsg juga…dah hampir 5 thn blom dikasih momongan…

    smoga bhasil buat smuanya n salam kenal….

     
  46. heny

    March 2, 2012 at 5:15 pm

    Temans.. infoin aku dong kira2 RS. di jakarta selatan yang menyediakan test HSG dimana ya…??? hehhe sekalian ada yg mau infoin harganya brpa?? tq temans

     
  47. amel

    March 8, 2012 at 11:48 am

    semalam aku habis HSG gak sakit cuma mules aja, tapi sampe hari ini perut masih terasa ngilu aja…..kata orang HSG itu sakit ampe gak bisa jalan ternyata ngga tuh,moga setelah HSG ini aku juga bisa hamil amiin,minta doa nya ya teman2

     
  48. betaria satriaci

    March 27, 2012 at 3:45 pm

    dwh deg2kan neh.3hri lg aq tesa HSG.doain ya bunda mga aq cpt dpt mo2ngan amin…..

     
  49. lenny malita

    April 7, 2012 at 8:58 pm

    Makasi atas infonya.. Saya habis oprasi pengangkatan indung telur sblh kanan.. Kata dokter saya harus hsg sblm hamil lg agar ga terjadi hal yg sama sperti sblmnya.. Apalagi hanya satu”nya indung telur yg saya punya.. Awalnya takut untuk hsg tp setelah baca artikel diatas saya jd lega..

     
    • buatsendiri

      September 5, 2012 at 9:55 pm

      Halo teman2 saya juga baru ajah hsg hari ini, memang kunci nya jangan tegang, dan jangan penasaran liat peralatan dokter.. Tadi itu sempet sampe 3x percobaan, yang pertama alatnya kurang lancar masukin cairannya, yang kedua setelah alat masuk keluar lagi karena aku menghembuskan napas yang lumayan keras (maklum tegang) yang ketiga baru berhasil, cairan pun berhasil masuk, rasanya itu ngilu, trus puegel kayak lagi haid.. Sampai ke pantat kanan.. Dokternya baik sih slalu nanya sakit nga bu.. Bisa ditahan nga sakit nya.. Alhamdulillah aku kuat2 in deh. Sampe terakhir2 baru bilang sakit, baru deh acara hsg nya di selesai kan. Hasil nya tuba kanan paten, tapi tuba kiri non paten, mungkin karena non paten jadi nya pegel2 di sebelah kiri yah.. Sekarang nunggu instruksi dr. Karel treatmen selanjutnya apa.. Moga2 dikasih kemudahan dalam memperoleh keturunan.. Makasih yah dah kasih info hsg.. Oh iya aku hsg di bunda menteng, tot biaya 1.020rb..

       
    • ayuq

      September 22, 2012 at 8:47 am

      Smoga ϐєřђαsîƖ…

       
  50. dewi listia

    April 16, 2012 at 12:46 pm

    makasi infonya,, bulan Nov 2011 lalu saya hamil diluar kandungan,saluran tuba kanan saya ditutup.. Skrg saya sudah boleh program hamil lg, tetapi kt dokter saya mesti HSG dulu di saluran tuba kiri.. Jadwalnya jumat ini tgl 20,,takut dan deg2an..kt dokter sih kalo ga ada penyumbatan ga bakal sakit,,tp kl ada pnyumbatan itu pasti sakit..smoga saya termasuk ke dlm kategori lancar.. :D mohon doa dan dukungan dari teman2 ya..
    U/ lenny,,kpn HSGnya? cerita2 disini lg kalo udah yaa… :)

     
  51. RAHMA

    May 5, 2012 at 6:05 am

    makasih info sharing nya ya….aku juga ada rencana untuk menjalani test hsg namun masih sedikit rasa takut ……namun dengan info dari kalian insyallah aku akan melakukan nya …..boleh sharing rumah sakit nya ga ya…untuk di jakarta dan termasuk biaya nya..hehhehe agar aku dan suamiku prepare…..doakan aku semoga hasilnya bagus ya,,,,dan segera dapat momongan………amin yarob
    thanks…….

     
  52. Unie

    May 12, 2012 at 10:36 am

    Lam kenal all sist..
    aduu seneng bgt nemu artikel ini thanx yaa bkin aga relax ngadepin tes hsg juli mndtang,, doakan saya ya sist smoga lncar tanpa rasa skit yg slma ini saya bayangkan… utk smua calon ibu yg akan mlakukan tes hsg mudh2an dksih klncaran yaa amiinn..

     
  53. deedee

    May 16, 2012 at 5:59 pm

    Terima kasih banyak buat Infonya Sista’ makin menguatkan saya untuk periksa ke dokter ga menyeramkan seperti yang orang-orang bilang selama ini….. Makasih bny….

     
  54. Lita

    May 25, 2012 at 3:09 pm

    dear all….
    kemarin aku jg habis hsg,hasilnya kedua tuba patent alias normal tapi aku ngerasain sakiiit banget sampe hari ini, pas cairan dimasukin sih emang mules biasa sampai selesai juga mules kayak mens hari pertama, tapi 3 jam stelah itu perut krasa kram sakit banget sampe gak bisa berdiri, cuma bisa tiduran telentang, mo miring aja sakit banget, kontrol ke dokter katanya gak pa2 trus dikasih obat tapi sakitnya berkurang sedikit2. o ya.. kata doktr radiologinya selesai HSG akan keluar bercak kecoklatan, tapi aku gak hanya bercak tapi dah kayak mens hari ke5 gitu, coklat kehitaman agak bnyak jg… berbeda dari kata temen2 diatas, kata dokterku justru yang sakit itu berarti gak ada penyumbatan. sebenernya 2 th lalu aku jg pernah HSG sm dokter lain, gak sesakit saat ini malah sehari berikutnya dah ngantor lagi dan hasilnya wktu itu justru ada sumbatan di tuba kiri…
    kesimpulannya sih… mungkin tiap orang punya efek yang berbeda terhadap tindakan HSG, gak usah takut.. masih lebih sakit melahirkan dibanding sakitnya HSG kan…? good luck….

     
  55. indri

    June 9, 2012 at 5:51 pm

    tadi siang aq ngejalanin tes hsg di lab pramita,biayanya lumayan menguras dompet, sekitar 700rb. Berhubung hari itu yg ada dokter nya laki2, ya gapapa lah..soalnya cuma hari itu aja aq bisa tes…risih banget sih,tp ya mau gimana lagi….pura2 aja gatau, hehe….btw, tesnya ga sakit kok, malah waktu cairan dimasukin, mulesnya cuman sebentar banget,sampai dokternya bilang, kok ga mules2 yah, haha….alhamdulillah walaupun begitu kata dokter sih hasilnya bagus, mudah2an…….semangaaattt!!!!!!

     
  56. shanty

    June 14, 2012 at 3:16 pm

    Trims bunda sdh bagi infonya tentang HSG, insya Allah minggu depan saya mau melakukan HSG… lebih semangat lg sekarang. Mohon doanya ya… biar hasilnya baik” saja. Amin

     
  57. lea

    July 10, 2012 at 11:01 pm

    Aku bru 2 hari selesai HSG.. Gk sakit wkt pemeriksaan yg penting bayangin yg enak2 aj xixixi. Aku d suruh tebus obat kl sampe nyeri perut, dg pede nya aku tolok.. ”Gk ush dok,gk nyeri kok” begitu menuju pulang k rmh aq sungguh kesakitan, sampe gk bs turun dr mbl, d bopong sm suami. Nyerinya berlangsung sekitar 2 – 3 jam, aq langsung mnm obat, udahnya mendingan tp msh nyeri susah jalan, jln jg gk bs cpt n gk bs tegak. Sampe sekarang. Tp berangsur2 membaik. Keluar cairan warna coklat tua seperti darah mens yg sgt kotor. Apa mungkin penyumbatan aku berat ya sampai2 sebegitu sakitnya. Mungkin keadaan fisik setiap org berbeda beda. Apapun rasanya jalanin aj demi si buah hati :)

     
  58. jura

    August 1, 2012 at 6:24 pm

    terimakasih u/ semua.setelah membaca saya merasa semakin optimis dapat memiliki keturunan karena sdh 11th dan itu penantian yg sangat panjang dan saya baru mau memberanikan diri u/ hsg

     
  59. yuni

    September 9, 2012 at 3:13 pm

    di rs mana ini hsg nya

     
  60. amanah bafadal

    September 18, 2012 at 12:22 pm

    Salam kenal ya sis…. makasi atas infox, sy seminggu lg, mw HSG ada rasa takut ngejalanix, setahun yg lalu sy prnah mengalami hamil diluar kandungan satu2x jln hrs di operasi sy jd sedih padahal br tw sy positif hamil sneng bget krna pas itu dah nikah 1thn lbh br hamil, tp syg hamilx diluar kandungan, skrg sy lg program hamil lg n dokter nyarankan test HSG biar bisa tw klo saluran telurx msh brfungsi ato tidak, sy sgt brharap hasilx normal n sy bisa hamil normal Amin…. klo mslh rasax sakit to gak sy gak trlalu fikirkan yg penting sy bisa hamil normal, do’akan ya teman2.

     
  61. siti aisyah

    September 19, 2012 at 3:39 pm

    hallo salam kenal.. saya juga pernah melakukan pemeriksaan HSG.. hemm… rasa sakit yang diungkapkan ama temen2 diatas semua itu tergantung dari pribadi dan kesiapan orang tersebut,,
    ada beberapa dokter yang memberikan obat penahan rasa sakit dan ada yang tidak,, disitulah kita akan merasakan sakit, sebaiknya minum penahan sakit 1 jam sebelum pelaksanaan, rasa sakit tersebut akan berkurang,,,, memang sich ada rasa tidak nyaman,, tp klu kita ikuti semua petunjuk dokter, kita akan menjadi rilex…semoga bermanfaat.

     
  62. Kusita

    September 24, 2012 at 1:29 pm

    Salam kenal semuanya….
    Saya rencana akan inseminasi, sebelum proses insem dr menganjurkan tes HSG terlebih dahulu. saya takut banget, semoga saya diberikan kekuatan dan kesabaran. dan segera menimang momongan.
    Amin

     
  63. esefian

    October 8, 2012 at 8:26 pm

    ♣:)ƭћǟπƙ-Ǚ (ˇʃƪˇ) atas share infox ttg HSg. Sya udh 3 th menunggu. Dan d nyatakan ada penebalan dinding rahim, dokterx menyarankan diterapi n hrs HSg, deg deg an Ĵυƍα apa Ɣªήğ hrs Ҩ lakukan,,,sakit ʼnƍƍɑ Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª,, macam2 pikiranx,,, pas baca blog ini ǰαϑΐ sdikit melegakan,,,tp Ɣªήğ ǰαϑΐ pertanyaan bs ʼnƍƍɑ HSg dilakukan dihari ҡέ tujuhx Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª ?

     
  64. dewi

    November 5, 2012 at 9:49 am

    halloo…salam kenal juga semuanya..
    saya pernah di tiup rahim pada tahun 2010 bulan maret di dr tono bandung, dan divonis yang sebelah kiri non patent akhirnya bulan mei pada tahun yang sama saya sudah hamil..
    Jangan patah semangat buat bunda-bunda yang menginginkan anak,,pasti ada waktunya kita diberi rezeki anak oleh yang diatas…..

     
  65. eka

    November 20, 2012 at 12:11 pm

    jumat depan aku HSG, aku deg-degan juga…
    kira-kira kalau suamiku gak ikut gimana ya?..

     
  66. della

    December 12, 2012 at 2:07 pm

    haloooo slm kenal semuaaa^^…saya juga habis hsg rasanya seperti ditusuk huwahh nyeriii bgt..tp pas dikasih hasilnya alhamdullilah dua tuba patent..tapi kok stlh tiga hari habis hsg, ml sama suami jd ikutan sakit kayak ml pertama jd ga berani terusin…pengen tau pengalaman yang lain habis hsg kapan ya normalnya bisa ml sama suami??

     
  67. upik

    December 20, 2012 at 3:11 pm

    ass… salam kenal smuanya…trimakasih infonya, saya jg rencana 1 minggu ini akan tes hsg jg…sebenernya agak tegang n takut walaupun saya tenaga kesehatan, jg cemas…tp ya stelah baca artikel ini jd lebih semangat dan smoga hasilnya baik…..
    saling mendo’a kan yah smua smoga bsa segera di berikan momongan ….aminn

     
  68. Dina Mayasari Dyant

    January 4, 2013 at 1:30 pm

    salam kenal smuanya…aq baru2 ini jg habis menjalankan tes HSG..dan ternyata ga gt sakit kok..dan bener bgt rasany kyk perut mules pas waktu haid gt..dan alhamdulillah aq jg dpt dokter yg ramah bgt pas kita d masukin cairan itu ga kerasa sakit dan rileks karena dokternya ngajak2 ngobrol gt..dan alhamdulillah hasilnya normal : )

     
  69. nurmeiny

    February 8, 2013 at 7:14 pm

    Slm kenal…thanks infony. Sy br mo hsg tgl 14 feb 2013…ya valentine diruang radiologilh.mdh2 nanti hasilny paten jg

     
  70. Resty

    March 29, 2013 at 1:24 pm

    Ka? Aku juga disputing HSG :( Aku takut : ( kalo boleh tau alamat RS t4 kk di HSG Itu damns yah ? Tqs kaka : )

     
    • kafin

      April 1, 2013 at 1:29 pm

      Dear Resty, tidak perlu takut. Saya waktu itu HSG di Lab Bio Test di sekitar Sabang. Maaf saya lupa alamatnya.

       
  71. lissetyawati

    April 10, 2013 at 10:32 am

    mbak kafin, makasih info dan sharingnya… saya nanti sore jg dijadwalkan rontgen hsg mbak… takut jg, tp bismillah… mhn do’anya ya mbak, semoga ikhtiar saya bisa terwujud, aamiin..
    mbak kafin gmn kabarnya? sdh sukses blm mbak… mulanya saya sedih sekali atas keterlambatan saya ini, tp barusan lihat di blog mbak kafin, aku jadi merasa gk sendirian… mari semangat ya teman-teman :*

     
  72. rinie

    April 10, 2013 at 10:58 am

    hari selasa 16 April 2013,,,saya juga akan d HSG. sudah 2,5 tahun menunggu momongan…setelah mendengar cerita temen2,,sy jd agak lega…mudah2an stelah d hsg,,,ada kabar gembira ya,,,doain ya??

     
  73. lissetyawati

    April 11, 2013 at 8:05 am

    kemarin aq sdh selesai rontgen hsg, sakit bgt menurutku, sampai guling kanan guling kiri, pusing dan sempet muntah, ada darahnya jg, mungkin krn dokternya sdh lumayan berumur jd kurang pakai perasaan, dokternya perempuan n kayaknya lg ada masalah sm tempat kerjanya, soalnya pas nangani aq dokternya masih sempet2nya nerima telpon n malah sambil ngobrol marah2 sm staff soal masalah di tempat kerjanya itu, aq jg gk dikasih obat penahan rasa sakit, penanganan dimulai jam 5, tp krn aq kesakitan jd aq dikasih ruang istirahat sm staffnya, aq baru bisa bangun jam 7, pagi ini aq nekad masuuk kerja coz muridku senin bsk mau ujian nasional, jd kupaksaain juga masuk buat ngajar, walau sebenarnya ni perut rasanya masih sakit n kenceng bgt, dipakai buat jalan sakit euy, tp bismillah… mudah2an ikhtiar ini barokah dan tidak sia-sia, insyaalloh… mhn do’anya ya teman2, semoga aq dan suamiku segera diberikan momongan oleh alloh ta’ala, aamiin..
    oiya, kmrn aq rontgen hsg nya di solo, inisialnya B-S, dokternya perempuan inisial nama depannya r, :)
    kalau mau rontgen pilih2 dokternya ya teman, semoga mendapat dokter yg lebih pengertian dari dokter yg menanganiku, :) semangaaaat :D

     
  74. lissetyawati

    April 11, 2013 at 8:09 am

    oiya, alhamdulillah hasil nya patent… suami jg alhamdulillah gk ada masalah, mungkin kesimpulannya memang alloh belum memberikan kepercayaan kepada kami, dan alhamdulillah dengan melakukan serangkaian tes ini kami jadi tahu bahwa kami berdua sehat, insyaalloh harus lebih sabar menanti keajaiban dari alloh ta’ala, mhn do’anya ya teman2… :)

     
    • kafin

      July 24, 2013 at 10:31 pm

      Dear Mbak Lis, mohon maaf baru merespon.
      Pengalaman HSG Mbak Lis kurang menyenangkan ya, mungkin karena faktor dokter atau fasilitas HSG-nya ya.
      Saya mendoakan Mbak Lis segera dikaruaniai momongan. Aamiin.

       
  75. IRMA

    April 20, 2013 at 1:23 pm

    siang semua nya,,,aq mau share nih buat semua para bunda/calon bunda yg mau melaksanakan HSG tapi merasa takut sakit dll,,,
    jam 11 hr jumat tgl 19 april kmrn aq udh melaksanakan HSG test di PRAMITA lab kawasan BANDUNG,mula nya bnr” strezz,,sbnr nya rujukan dr DOKTER untuk HSG udh dr 7bln yg lalu,tp aq ulur” waktu karena blm siap mental karena aq cari informasi di internet yg kbanyakan perempuan yg udh menjalani HSG bilang ”SAKIT” yg membuat nyali q ciut,strez sampai ga bisa tidur karena kpikiran trs,,dilema antara ingin menjalani HSG modal nekat dan takut dngn rasa sakit,,
    kmrn aq dtng ke PRAMITA lab bersama suami q,dngn modal bismilah,pasrah sm TUHAN karena dlm hatiku slalu bertanya ”KAPAN AQ BISA MERASAKAN SAKIT ATAU NGGA NYA,KLO AQ GA ALAMI SNDIRI DAN KPN AQ BISA TAU ADA MASALAH APA NGGA DLM RAHIM Q KLO AQ GA MENDENGAR PERINTAH DR DOKTER”
    POKOK CERITA pengalaman q kmrn menjalani HSG :
    aq di panggil sm petugas lab disana untuk masuk ke ruangan pemeriksaan HSG yg bnr” bikin aq tegang,aq di suruh ganti baju dngn baju khusus,dilepas celana dlm,trus disuruh berbaring tidur di atas tempat tidur kaca tebal khusus,di atas perut ada lampu yg menyorot ke perut untuk alat bantu rongsen mungkin ya,,trus aq disuruh mundur sdikit,kaki lutut di tekuk dua”nya dan pemeriksaan di lakukan oleh ibu dokter,vagina di masukan alat sprti mulut bebek yg fungsi nya untuk membuka vagina biar rahim n alat nya bisa masuk mungkin ya,,kira” sprti itu lah,yg jelas aq ga liat dngn teliti alat” nya karena bnr” aq tegang wktu itu,aq berdoa trs dlm hati ”ya alloh bila ini sakit,tolong jauhkan rasa sakit itu,jauhkan rasa cemas q ya allloh”
    stlh dokter masukin alat yg panjang ke dlm vagina ,kaki disuruh di lurusin dua” nya dan mau memasukan cairan ke dlm rahim,ibu dokter nya ngasih aba” klo obat nya akan di semprotkan,dan suruh aq rileks n tarik nafas lewat hidung dan buang nafas lewat mulut secara teratur,,
    daannnnnnnn taraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa,,,,cairan yg kata orng bilang bikin SAKIT itu akhir nya di semprotkan ”prootttttttttt :-),,,,,,emang berasa sakit,sprti mules mau mens tp hitungan -+ 3 detik an,stlh 3 detik terasa mules ,sakit itu ilang lhoo,,semprotan cairan itu di ulang sebanyak 3x,di setiap semprotan nya langsung ibu dokter dan assisten nya itu bolak balik ke ruangan beda untuk mengambil foto rongsenan nya,
    setelah 3x semprotan itu dan 3x rasa mules selama 3 detik itu,,semua nya selesai,,dan assisten nya suruh aq bersihin di toilet dan selesai deh,,ganti baju punya sndiri trus hasil rongsenan nya bisa di ambil 3 jam kemudian,,
    dan hasil nya alhamdulilah ”KEDUA TUBA HASIL PATENT”
    AKHIRNYA rasa takut yg selama ini aq rasakan terbalas dngn hasil yg memuaskan,,
    dngn pengalaman aq ini,aq udh membuktikan bahwa HSG itu tak se HORROR yg ada dlm pikiran qta,,,rasa sakit memang ada,cm dlm 3 detik aja,,
    jd bunda” yg mau menjalankan HSG ga usah merasa takut,,ga HORROR kho bun,walaupun sesudah menjalani HSG msh ada rasa mulas,ga usah khawatir,,qta nanti di kasih resep obat untuk penghilang rasa sakit dan antibiotik,,
    hr senin skrng aq hrs ke dokter kandungan untuk menyerahkan laporan hasil rongsen nya di RSIA LIMIJATI bandung,,dan siap menjalani apa lg yg bakalan dokter kasih sm aq biar cpt” dpt baby,,,
    aq minta doanya ya bunda” moga aq cpt dikasih kepercayaan sm ALLOH untuk mendapatkan baby,,
    oia,,lupa,,aq udh menikah mau jalan 3th ,,moga dngn menjalani HSG ini menjadi salah satu solusi untuk cpt mendapatkan anak,,aminnnnnnnn

     
    • kafin

      July 24, 2013 at 10:29 pm

      Bunda Irma, terima kasih sharing-nya yang sangat komplit :)
      Semoga sukses dan segera mendapatkan momongan, Aamiin.

       
    • yeni

      October 17, 2013 at 3:27 pm

      bunda, boleh minta almat Pramita yang di bandung yang bunda periksa ?
      soalnya aku mo hsg di bandung tapi yang dokterrnya perempuan seperti bunda irma ceritakan?

       
  76. feris

    May 24, 2013 at 1:27 pm

    Dear bunda..
    Rencana nya aku dlm minggu bsk HSG di BIOTEST seperti yang bunda ceritain diatas.. aku udah 1 taon lebih menikah blom punya momongan,, disaranin sama dok. Utk HSG.
    Yang ingin saya tanyain apakah dokter sandra nya masih ada ga bun di lab biotest itu,,?? Alnya denger2 dok. Sandra nya baek..
    Trus apakah bunda sudah punya momongan ?
    Pliiss tlong dijwb ya bun..

     
    • kafin

      July 24, 2013 at 10:24 pm

      Mbak Feris, mohon maaf baru sempat jawab.
      Tentang dr. Sandra saya tidak tahu karena sudah lama tidak ke sana. Saya sendiri sampai hari ini belum punya momongan. Setelah terakhir gagal inseminasi, saya belum mengunjungi SPOG lagi.

       
  77. mega adinda

    May 29, 2013 at 11:38 am

    Alhamadulilah kalo semuanya bilang tdk sakit, saya sudah 2.5 thn blum dpt momongan dan tgl 4 besok sya ♏ªªªªu hsg, mudah2 hasilnya memuaskan, dan cepat di beri momongan.. آمِّيْن يا رَبَّ الْعَالَمِيْن

     
  78. mia setyawan

    June 21, 2013 at 12:33 pm

    Rasa takut dah mulai setahun yg lalu dokter suruh HSG tp… was2 g ilang2… :'( .. rencana bln neh mw HSG.. moga bs lbih tnang abiz baca blog neh n dpt info dr smua sista yg dah pngalaman … Insya Allah lancar … آمِّيْ يا رَبَّ الْعَالَمِيْن

     
  79. mila

    June 21, 2013 at 10:20 pm

    kayaknya blog ini udah ga dimaintain lagi ama yang punya, tp gpp sapa tau ada yang lagi nyari2 info hsg, hsg tu sakitnya gak separah cerita2 di blog, aku udah tes hsg di biotest dan ceritanya sama persis sama yang ada diblog ini, sakitnya pas dimasukin alat aja tapi itu juga yang penting tenang, rileks dan pasrah aja ama dokternya yakin dech sakitnya cepat berlalu. Oiya abis tes hsg ini aku jadi gak terlalu takut kalo disuruh dokter tes macem2 lagi…hehe

     
    • kafin

      July 24, 2013 at 10:17 pm

      Dear Mbak Mila, blog-nya masih di-maintain kok :) Namun karena kesibukan, sering tidak sempat merespon pertanyaan atau diskusi.
      Mohon maaf buat rekan-rekan semua jika saya kurang responsif atas pertanyaan atau diskusinya.
      Terima kasih sudah mampir dan berbagi pengalaman di blog ini :)

       
      • Ntri Lestari

        June 5, 2014 at 4:24 pm

        Dear Mba Kafin..

        Mau tanya untuk pelayanan di Biotest sendiri bagaimana yah?… Karena sekarang kantor saya akan mengadakan medcek karyawan ke Biotest juga.. dan saya jadi PICnya.. takut tidak memuaskan untuk karyawan…

         
        • kafin

          June 5, 2014 at 5:47 pm

          Dear Mbak Tri, Saya terakhir ke sana 2009, jadi sudah lama sekali. Dulu bagus pelayanannya, sekarang saya kurang tahu.

           
  80. asty

    August 22, 2013 at 3:20 pm

    Salam kenal bun…

     
  81. yuli

    September 4, 2013 at 6:50 pm

    Salam kenal..saya sudah 4 tahun blm juga di kasih momongan.di usg hasily bagus tapi di saranin di suruh hsg
    tolong sare pengalamany hsg seperti pa?da efek sampingy gk.sakit gk sly aq sama jarum suntik ja tkt bgnt.rumah skt bio Test di mana?

     
  82. niengsih

    September 5, 2013 at 9:54 pm

    salam kenal..
    duh sy jd deg2an jg, insya allah senin mau melakukan HSG semoga tidak sesakit yg di bayangkan..mesti gmn ya biar ga terlalu sakit bngt…terima kasih mohon infonnya

     
  83. ipay

    October 11, 2013 at 11:05 pm

    Salam kenal mba..
    aku juga harus hsg nih udah 4thn nikah..tapi aku takut setelah searching hampir semua horror ceritanya..jadi galau,apalagi aku memang takut banget kalo dah liat alat2 dokter

     
  84. mayla

    January 20, 2014 at 3:45 pm

    Salam kenal… Mau share aja neeh ttg HSG 5 jam yg lalu baru selesai jalanin HSG di RS Bunda Margonda, alhamdulillah hasilnya bagus tidak ada penyumbatan biayanya sekitar 800rban… Saat menjalanin tes tidak merasakan sakit… Cuma mules aja sampai2 rasa ingin (maaf) buang angin dan PUP… Rasa mulesnya gag berlangsung lama cuma sekitar. 3-5 menit, setelah 5. Menit sudah tidak berasa lagi sakitnya hanya seperti sedang mens… Usai pemeriksaan saya sempat makan siang, tapi setelah makan perut agag kurang enak.. Rasa seperti kembung di bagian bawah (rahim)… Rasanya hampir mirip kaya mules pas HSG cuma lebih berasa pingin (maaf) buang angin banget tapi gag bisa sampai saat saya tulis comment ini, rasanya gag nyaman bgt…. Saat setelah periksa saya tidak di beri obat apapun…
    Diantara bunda2 ada yg pernah merasakan seperti sya gag yah? Trus yg bunda lakukan apa untuk menghilangkan rasa gag nyaman ini di tunggu sharingnya bunda…trims

     
  85. mayang

    February 1, 2014 at 8:16 pm

    Salam kenal..saya baru priksa hsg rabu kmarin,udh 4th blm hamil lg sjak anak prtma lahir,udh kpgn pny adek,alhamdulillah hasilnya ga knapa2,ttp bdoa dan ikhtiar.insya allah diberikan kpercayaan lagi,buat kk syalun punya adik,buat mba mayla stelah pmeriksaan hsg sy diberi resep antibiotik dan obat pnghilang mules,alhamdulilah udah baikan

     
  86. erny

    May 2, 2014 at 9:11 pm

    salam kenal…
    mau berbagi cerita sis… sy besok pagi ada jadwal utk rongsen hsg, sebetulnya ini rongsen yg sy lakukan yg ke 2 x nya (rongsen hsg pertama proses gagal katanya cairan ga bisa masuk itu bln sept 2012) rongsen ini sy lakukan krn 3 minggu yg lalu dokter mengatakan ada 2 kista di rahim sebelah kiri yg terpanjang 7 cm dan ada 1 kista di rahim sebelah kanan ukurannya kecil kata dokter…kaget dan sedih…itu yg sy rasakan saat itu, dokter pertama mengatakan sy hrs operasi, kemudian sy cari dokter yg lain, dgn yg ini ada sedikit harapan sy bisa sembuh tanpa operasi (berharap dlm hati), dokter memberikan sy surat dokter utk melakukan rongsen hsg utk melihat apakah kista sy itu menutup saluran telur sy yg menyebabkan sulit punya keturunan, sy sdh punya anak usia 7,5 th dan sy tdk kb sejak anak sy lahir 1 th gonta ganti kb krn ga cocok hormon sy dgn pil maupun suntik kb, th 2011-2012 berusaha kembali ke dokter utk mendapat anak ke 2, yg terakhir rongsen hsg pertama yg gagal itu membuat sy malas berpikir urusan program anak tersebut, kemudian krn anak pertama sy ribut ingin punya adik, akhirnya sy berobat kembali, tapi kenyataan berkata lain, sy malah divonis ada kista….
    berharap besok segalanya berjalan lancar dan ga ada kegagalan, jg mudah2an dgn rongsen tersebut apa yg sy takutkan mengenai kista tersebut bisa ada jalan keluar…amin

     
    • erny

      May 4, 2014 at 5:48 pm

      Alhamdulillah proses hsg berjalan lancar….tdk sakit…darah sedikit…namun hasilnya kurang menyenangkan…kesimpulan hsg bahwa tuba kanan dan kiri saya non patent, hari itu jg saya kembali ke dokter kandungan, dokter mengatakan selain ada kista ternyata ada myom juga dan infeksi saluran rahim…dokter memberikan rujukan kepada saya utk melakukan fisioterapi sebanyak 6 x dan dilakukan berturut2 tanpa putus, sedih… kemarin divonis kista sekarang ada lagi myom… ingin operasi tapi sy baca2 katanya kista dan myom bisa tumbuh lagi bahkan kurang dari 1 thn, berpikir 2 x jadinya… ya Allah apa yg harus sy lakukan…. banyak obat2 herbal di luar sana yg menawarkan kesembuhan tanpa operasi tapi apakah benar adanya….

       
  87. Ck

    June 20, 2014 at 10:54 am

    Saya kmrn jg tes hsg di rs.haji jkt,, biayanya ckp murah dibandingkan tmp lain (521rb).
    Tesnya jg cuma sebentar kyknya g nyampe 15 menit cuma antriiinya aj yg lamaa bgt,,, dr jm 10 baru dipanggil jm stgh1… n tindakannya sktr jm 1an,, tes hsg menurut sy jg g sakit cm mules dikit,.. spt mw haid.. pdhl sblm sy hsg sy takut bgt smpe g bs tidur krn tiap browsing pd bilang klo hsg itu sakit.. tp sygnya hasil hsg sy tdk memuaskan… tuba kanan sy non paten… sdgkn sy sudah tdk pny saluran tuba kiri akibat KET.. :(

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: